“Di Indonesia, Pokemon Go sebenarnya belum dirilis secara resmi. Namun banyak orang telah mencobanya dengan berbagai cara yang memungkinkan. Menjadi yang pertama mungkin adalah hal yang menyenangkan, tapi mengetahui beberapa hal dasar tentang game ini akan lebih menghemat waktu anda kedepannya”

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Paul Tassi

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Saya mungkin telah bermain Pokemon GO seperti seorang maniak dalam 48 jam terakhir, setidaknya setiap server bisa digunakan (server yang sering overload). Saya telah banyak menangkap Pokemon dengan CP 500 keatas dan telah memenangkan tiga gym pertandingan pada poin ini. Saya mencoba melakukan beberapa penyelidikan untuk meningkatkan permainan saya dan apa yang telah saya temukan sebelumnya membuat saya berharap saya bisa mengetahuinya ketika awal mulai memainkannya.

Beberapa dari hal-hal di bawah ini perlu anda ketahui ketika akan memulainya, dan bahkan lebih baik jika mengetahuinya sebelum anda memulai permainan. Beberapa diantaranya bisa mempersingkat waktu pembelajaran dikarenakan dalam game Pokemon GO ini terlalu banyak hal yang masih samar-samar dan hampir semuanya belum dijelaskan secara gamblang.

Jadi berikut ini hal-hal yang saya harap anda ketahui ketika akan mulai bermain Pokemon GO:

#1 Anda Bisa Menangkap Pokemon Pikachu Ketika Pertama Kali Memainkannya

 

pikachu pokemon go

Menangkap Pikachu

Serius!! Saya juga mengira hal ini hanyalah lelucon saja, sejenis mitos urban “kucing di bawah truk” yang terus menerus muncul dalam satu hari itu, dan ternyata hal tersebut memang benar. Tepat ketika anda memulai permainan, ketika biasanya diperlihatkan Charmander, Bulbasaur, Squirtle, jangan memilih satupun dari mereka. Sejalan dengan itu, berjalanlah menjauhi mereka. Dalam permainan mereka akan melompat dan mengikuti anda, namun pada keempat kali anda melakukannya, akan tampil pesan bahwa anda tidak ingin satupun diantara mereka, dan terjadi hal yang mengejutkan! Muncul Pikachu dalam grup ini. Bagi yang sudah terlanjur memainkannya, menentukan Pokemon “starter” atau “awal” untuk anda miliki bukanlah hal yang benar-benar penting. Namun tips kecil ini cukup bermanfaat anda beritahukan kepada teman-teman anda yang ingin mencari pikachu sebagai awalnya.

#2 Menangkap Pokemon Level Tinggi Membutuhkan Beberapa Strategi yang Tepat

 

Tangkap Pokemon Go

Teknik Menangkap Pokemon

Pada awal-awal permainan, sederhananya tampak seperti menangkap tanpa mengetahui cara-caranya. Anda hanya melemparkan Pokeball setinggi-tingginya tepat di hadapan seekor Pokeman liar. Namun sekali anda melihat Pokemon liar dengan CP diatas 100, mereka akan segera pergi. Dan bagaimana dengan CP yang diatas 300? Mereka mungkin akan semakin sulit ditangkap. Setidaknya sampai anda memahami bahwa terdapat beberapa celah-celah tersembunyi dalam sistemnya. Pertama, terdapat sebuah situasi yang hampir sebagian besar orang lewatkan. Jika anda menekan dan menahan icon Pokeball, sebuah cincin cahaya di sekitar Pokeman akan mulai menyusut. Ketika mencapai bentuk yang paling kecil, itu adalah waktu anda harus melemparkan Pokeball, saat paling mudah untuk menangkap Pokemon. Dan juga, warna dari cincin cahaya juga menentukan. Hijau menandakan tidak ada masalah, kuning mungkin akan menjadi cukup sulit, dan merah menunjukan akan sangat sulit menangkapnya. Nantinya anda akan menemukan cara yang tepat bagaimana melemparkan Pokeball yang baik dan cara yang mudah untuk menangkap Pokemon.

Menggabungkan dua taktik ini akan membuat anda menjadi ahli dalam menangkap berbagai hal dan juga akan bisa memudahkan ketika menggunakan beberapa jenis Pokeball. Oh, satu hal lagi. Mematikan mode AR (Augmented Reality) mungkin cara yang terbaik untuk menangkap Pokemon. Memang hal yang menyenangkan melihat mereka seperti berada di dunia nyata. Namun dengan mematikan kamera akan menstabilkan mereka tepat di tengah layar ponsel anda dan membuat anda menjadi lebih mudah untuk mendapatkannya. Saya masih belum tahu pasti apa yang membuat Pokemon-Pokemon itu melarikan diri. Kadang-kadang mereka tampak seperti bosan setelah beberapa kali percobaan, dan di lain waktu mereka melarikan diri dengan cepat. Jadi belum begitu jelas bagaimana sistem ini bekerja.

Update: Baiklah, ada penjelasan lebih lanjut tentang cincin cahaya pada Pokemon. Idealnya, anda ingin mendapatkannya ketika berada di dalam lingkaran, tidak peduli berapapun ukurannya. Saya pikir semakin kecil ukuran lingkarannya, semakin besar peluang keberhasilan anda menangkap Pokemon jika anda melemparkannya ke permukaan di dalam lingkaran. Namun menunggu sampai lingkarannya cukup besar juga cukup membantu, namun tidak terlalu. Sebagai perumpamaan, jika tepat jatuh di dalam lingkaran besar mungkin seperti ungkapan “bagus!” Sedangkan jika tepat di lingkaran yang kecil maka adalah “luar biasa!” dan memiliki kemungkinan paling besar untuk menangkap Pokemon yang berlevel tinggi. Namun jika Pokeball yang anda lemparkan mengenai di antara cincin luar stationer (yg tidak bergerak) dan cincin yang bisa membesar/mengecil, itu adalah situasi dimana pokemon level tinggi pasti akan sulit ditangkap. Saya menemukan cara paling menguntungkan dimana menggunakan cincin yang ukurannya sedang adalah yang memberikan peluang keberhasilan terbaik.

#3 Kondisi Pertarungan Ternyata Lebih Rumit Dari Kelihatannya

 

gym Pokemon Go

Pertarungan Gym

Satu hal yang mungkin anda sadari ketika dalam mode pertarungan adalah anda bisa menghindari serangan lawan dengan men-swipe layar ponsel, yang memberikan anda peluang menekan lawan lebih banyak. Meskipun hal ini cukup sulit diterapkan. Namun yang lebih penting, saya rasa banyak orang tidak menyadari bahwa tiap-tiap Pokemon pada dasarnya memiliki skala “spesial” nya sendiri-sendiri dimana menunjukkan kekuatan serangan yang sedang dihimpun. Dan ketika skala bar-nya sudah penuh, anda bisa melepasakan serangan yang lebih kuat dengan cara menekan dan menahan posisi jari tangan pada lawan yang ditampilkan di layar ponsel anda. Sistem di dalamnya masih cukup kacau, namun beberapa dari gerakan-gerakan ini dapat memberikan cedera yang cukup serius dan mereka bisa anda kalahkan dengan satu pukulan jika anda mampu mengingatnya dan menggunakannya dengan tepat. Kondisi pertarungan masih terlihat pincang, dimana di dalamnya masih cukup rumit dibandingkan dengan yang tampak pada awalnya.

Update: Saya rasa saya harus memberikan komentar tentang “error bos yang tidak bisa mati,” kondisi dimana ketika anda ingin memenangkan sebuah pertarungan gym, namun Pokemon lawan yang jelas-jelas sudah berhasil dikalahkan tidak menghilang juga, dan keseluruhan pertarungan terlihat seperti berhenti. Ini adalah masalah server yang saya harap bisa segera diperbaiki dan nantinya bisa menjadi lebih stabil. Namun ada hal yang sebaiknya dihindari yaitu melakukan terlalu banyak menekan tombol/layar dan hanya melakukannya dengan normal ketika serangan telah dilancarkan. Dengan cara ini, server tidak perlu menerima input 50 perintah, dan hanya menerima sekitar 10 sampai 20 perintah yang membantu menghindari terjadinya masalah ketika pertarungan. Hal ini tidak selalu berjalan sesuai yang diharapkan, namun cara ini cukup membantu. Masalah ini adalah salah satu kelemahan yang paling mengganggu dalam permainan. Saya telah banyak mengalami kekesalan karena gagal memenangkan pertarungan gym karena hal ini.

#4 Anda Tidak Bisa Meng-akali (Cheat) Telur Pokemon Dengan Mudah

 

telur pokemon go

Inkubasi Telur Pokemon

Salah satu aspek “go” atau “jalan” dalam Pokemon Go adalah fakta bahwa anda harus berjalan kaki untuk bisa menetaskan telur inkubasi yang nantinya akan berubah menjadi salah satu Pokemon yang bisa saja bukan jenis umum yang ada di wilayan anda. Game ini melacak pergerakan anda menggunakan GPS, bukan seperti pedometer, jadi berjalan dengan menggunakan treadmill tidak akan memberikan perubahan pada proses penetasan. Begitu juga jika anda mengendarai kereta atau bus atau mobil, tidak akan terjadi perubahan yang berarti. Di dalam game telah tertanam pengukur kecepatan yang mengetahui seberapa sering anda sendiri yang bergerak menggunakan kaki anda. Saya tidak terlalu yakin jika dengan menggunakan sepeda. Bersepeda dengan kecepatan lambat mungkin saja berpengaruh, namun jika terlalu cepat mungkin tidak memberikan dampak. Jadi bersiap-siaplah untuk berjalan kaki di sekitar daerah atau blok lingkungan anda jika anda ingin telur yang anda miliki cepat menetas. Belilah beberapa inkubator untuk mengurangi proses ini, namun dengan konsekuensi anda harus memiliki dana lebih. Sejujurnya, saya rasa inilah barang terbaik yang bisa anda beli di layanan toko digitalnya.

#5 Hampir Tidak Ada Yang Terjadi Ketika Aplikasi Ditutup

Ini adalah salah satu masalah yang ada di dalam Pokemon Go, dan merupakan penyebab terbesar habisnya baterai ponsel. Tidak akan ada peringatan apapun yang memberitahukan bahwa di dekat anda ada Pokemon atau PokeStop kecuali jika aplikasi tetap dalam keadaan terbuka/dijalankan. Tidak akan ada penghitungan langkah kaki, tidak akan ada apapun kecuali menguras habis waktu anda. Jadi secara harfiah anda harus menjadi seseorang yang berjalan kaki dengan senantiasa memegang ponsel di tangan anda, atau setidaknya memperhatikan suara-suara dari headphone atau getaran ketika anda membuka aplikasi namun menempatkannya di kantong anda. Saya berharap ini dapat dipikirkan di masa depan, setidaknya untuk bagian pada berjalan kaki. Mungkin karena hal itu mereka mencoba menjual perangkat gelang tangan khusus seharga $35 yang akan bergetar ketika Pokemon atau PokeStop berada dekat dengan anda.

#6 Anda Harus Mengalahkan Tim Lawan Beberapa Kali Agar Bisa Mengambil Alih Sebuah Gym

Pada saat pertama kali menggunakannya, sistem dalam gym cukup membuat pusing. Awalnya saya tidak mengerti bahwa saya sedang bertarung dengan pemain lain (saya pikir saya sedang bertarung dengan NPC seperti game-game aslinya). Lalu saya tidak paham mengapa saya tidak berhasil menyingkirkan mereka ketika pertama kali mengalahkannya. Dan ternyata, anda harus menurunkan “reputasi gym” mereka hingga menjadi nol agar bisa membuatnya menjadi “netral” dan kemudian anda bisa menugaskan salah satu Pokemon anda berada disana. Hal ini membutuhkan penaklukan gym dua, tiga kali atau lebih dari itu, atau setidaknya sampai anda memiliki anggota tim yang bisa menggantikan anda.

#7 Dengan Menguasai Gym Anda Mendapat Beberapa Barang-Barang Gratis

Anda mungkin bertanya-tanya apa untungnya menguasai sebuah gym. Di dalam film Pokemon itu sendiri, digambarkan seperti terdapat sebuah prestise atau kebanggaan jika berhasil mengalahkan pemiliki gym sebelumnya, namun di dalam permainannya sendiri terdapat keuntungan nyata yang lebih daripada itu. Untuk setiap gym yang anda kuasai atau yang anda bantu dukung (catatan: anda bisa menempatkan Pokemon anda di gym teman anda sebagai pengganti sementara) anda akan mendapatkan sebuah paket harian yang lumayan bernilai jika dibeli sendiri. Saya rasa anda juga akan mendapatkannya pada saat pertama kali anda mengambil alih sebuah gym. Namun untuk selanjutnya, anda harus bisa menjaganya selama 24 jam penuh. Saat ini, orang-orang di sekitar saya cukup frustasi dan saya rasa belum ada seorangpun yang memiliki sebuah gym selama satu hari penuh. Saya mendapatkan sebuah gym dan bertugas menjaga salah satu gym teman saya yang lain di keesokan harinya, namun saya kehilangan keduanya hanya dalam waktu 6 jam. Para pemain Ingress memberitahu saya bahwa hal ini sering terjadi, dan menyarankan saya agar tidak terlalu terikat dengan gym yang saya miliki karena anda bisa kehilangannya kapan saja. Ini adalah hal yang paling menarik dari aspek kompetisi dalam bentuk permainan seperti ini.

#8 Jalankan Evolusi Pada Pokemon Kembar Untuk Mendapatkan XP

 

level pokemon go

Anda pasti dengan cepat mengetahui bahwa anda bisa memangkas jumlah Pokemon yang anda miliki dengan menukarkannya menjadi candy atau permen, ketika anda memiliki banyak Pokemon kembar dengan level kecil. Dan ketika anda telah mencapai level maksimum untuk bisa mengevolusi versi dari Pokemon, anda mungkin langsung meng-upgradenya tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Namun, untuk beberapa Pokemon umum yang sering anda jumpai di dekat anda, mereka bisa menjadi sumber bonus untuk mendapatkan tambahan XP.

Katakanlah anda mengevolusi Rattata menjadi Raticate lalu setelah itu anda terus menerus mendapatkan Rattata. Simpanlah beberapa diantaranya, tukarkan dengan permen dan pergunakan semua permen tersebut untuk mengevolusi mereka dan mendapatkan 500 XP dalam sekejap. Terdapat kemungkinan anda akan sering menemukan Pokemon yang berguna untuk tujuan ini, namun percayalah, cara ini adalah cara yang tepat menggunakan permen dimana tidak terlalu berdampak namun membantu anda dalam meningkatkan level. Trik bonus: Simpan beberapa XP evolusi dan pasangkan dengan telur keberuntungan yang mana akan membantu anda mendapat 1000 XP yang sebanding dengan 12 buah permen untuk evolusi Pokemon Pidgey.

#9 Cukup Sulit Untuk Dapat Mengetahui Kapan Harus Menginvestasikan Pokemon, dan Kapan Harus Menahannya

Sistem peningkatan level dalam Pokemon Go masih belum begitu baik. Anda didorong untuk mengupgrade Pokemon dengan stardust yang mahal, namun anda dengan cepat mengetahui bahwa anda bisa dengan mudah menemukan Pokemon lain dengan level yang lebih tinggi, dan tanpa anda sadari anda telah membuang-buang percuma sumber daya yang anda miliki. Sebagai contoh, saya meningkatkan Drowzee dengan CP 60 menjadi CP 120, namun setelahnya saya menemukan jenis ini dengan CP 140, jadi semua yang telah saya simpan menjadi tidak berarti. Umumnya, untuk bisa bermain Pokemon GO dengan lebih cerdas adalah dengan tetap menyimpan Pokemon level tertinggi anda dan mentransfer yang lain yang levelnya rendah. Atau bisa juga menunggu sampai anda memiliki cukup permen untuk mengevolusinya, atau tunggu sampai anda menemukan bentuk evolusinya di alam liar, lalu saat mereka sudah mencapai tingkat kedua atau ketiga, barulah mulai untuk menginvestasikannya. Untuk Pokemon yang hanya memiliki satu tingkatan, sulit untuk mengetahuinya. Saya mencoba meningkatkan Pokemon Jynx dengan CP yang cukup layak yaitu 250, namun setelah menghabiskan beberapa stardust yang saya miliki, saya menemukan Pokemon jenis ini dengan CP 380 beberapa jam kemudian. Hal-hal seperti ini benar-benar membuat frustasi ketika memainkannya.

Update: Terdapat petunjuk tersembunyi lain tentang peningkatan level atau evolusi. Jika anda ingin mengevolusi suatu Pokemon ke tingkat ketiga, jangan segera mengevolusinya ke tingkat kedua ketika anda bisa. Simpan hingga memiliki 125/75 permen dibandingkan mengevolusi dua tingkatan sekaligus. Di saat anda membutuhkan semua permen-permen itu, level anda akan meningkat dan mulai menemukan Pokemon tingkat satu dengan level yang lebih tinggi yang nantinya bisa dievolusi ke tingkat kedua atau ketiga yang lebih tinggi juga.

Sebagai contoh, anda memiliki Dratini CP 200, dan telah memiliki 25 permen untuk bisa membuatnya menjadi Dragonair CP 400 (Yang suatu saat nanti bisa dievolusi menjadi Dragonite CP 800). Namun, dengan waktu yang anda perlukan untuk mendapatkan 100 permen untuk bisa mengevolusinya menjadi Dragonite, anda mungkin bisa menemukan Dratini CP 400, yang mana bisa menjadi Dragonair 800 dan lalu menjadi Dragonite CP 1600. Saya telah banyak membuang-buang permen untuk mempelajari cara sulit ini dengan beberapa kali tahapan tingkat evolusi.

#10 Pelacakan Sangat Tidak Bisa Diandalkan Saat Ini

 

radar untuk menangkap pokemon

Pelacakan Pokemon

Saya rasa saat ini saya yang paling banyak mengetahui kelemahan dalam sistem ini, namun “pelacakan” adalah salah satu yang masih mengelabui saya. Saya telah mendengar begitu banyak informasi yang tidak saling cocok tentang pelacakan. Saya tidak tahu mana yang harus saya percayai, dan saya belum menemukan cara yang efektif untuk saya sendiri. Saat ini, beberapa rumor mengatakan jika anda memilih sebuah Pokemon dari tampilan daftar terdekat, akan ada tanda yang berdenyut ketika anda semakin dekat. Saya juga mendengar bahwa simbol jejak kaki menggunakan interval 100 meter, dan anda harus mengira-ngira di sekeliling anda sampai tandanya berkurang dari tiga menjadi dua atau satu. Dan kemudian akan ada Pokemon di dekat anda. Saya juga mendengar bahwa orang-orang telah mencoba semua cara ini dan tidak mendapatkan keberuntungan apapun. Sisi permainan ini begitu membingungkan, namun jelas begitu penting. Saya secara langsung menghubungi Niantic untuk menanyakan bagaimana tepatnya sistem pelacakannya seharusnya bekerja, namun saya belum mendapatkan jawabannya. Untuk saat ini, jangan terlalu menjerumuskan diri anda pada siluet penanda “terdekat” ini.

Update: Setelah empat hari memainkannya dan berkonsultasi dengan puluhan pemain lain, saya akhirnya bisa memperkirakan bagaimana sistem pelacakan “terdekat” ini bekerja, dan sebagian besar Pokemon ternyata berada sangat dekat dengan yang anda pikirkan. Terlalu panjang jika dijelaskan disini, jadi anda bisa melihat tautan artikel saya berikut ini untuk mengetahuinya secara detail.

Jadi sementara, itu semua tips awal bermain Pokemon GO yang saya miliki untuk saat ini, namun diluar sana masih ada banyak hal yang perlu dipelajari lagi. Jika anda memiliki tips-tips yang berbeda dan bermanfaat, jangan ragu untuk berbagi disini.

 

Print Friendly, PDF & Email