“Alphabet adalah jawaban Larry Page bagaimana Google dan proyek-proyek teknologi lainnya seharusnya berjalan di masa depan. Dengan adanya Alphabet setiap proyek yang berbeda beserta dengan unit bisnisnya bisa dijalankan terpisah namun tetap berada dalam satu perusahaan induk yang sama”

catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Rob Price

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Perusahaan Google yang dahulu ada seperti yang anda tahu, saat ini sudah tidak ada lagi. Di bulan Agustus 2015, perusahaan raksasa teknologi yang berbasis di California ini telah mengumumkan melakukan perombakan organisasi yang bersejarah. Google akan sepenuhnya menjadi anak perusahaan dari sebuah perusahaan induk baru bernama Alphabet, dimana proyek-proyek Google beserta timnya yang tidak merupakan bagian dalam produk utama ditarik keluar menjadi perusahaan-perusahaan Alphabet yang terpisah satu sama lain dengan masing-masing CEO-nya.

Perubahan ini hadir dengan beberapa perubahan di bulan Oktober 2015, dengan mantan CEO Google Larry Page menjadi kepala eksekutif dari Alphabet, dan Sundar Pichai mengambil alih kendali pimpinan Google.

Dengan adanya Alphabet akan memberikan Larry Page dan para pemimpin senior lebih banyak kebebasan dalam mengejar proyek-proyek yang sudah ada dan melakukan akusisi, tergantung pada seberapa cocok visi mereka dengan tujuan yang dimiliki Google untuk mengorganisasi informasi dunia dan membuatnya bisa berguna dan bisa diakses dari mana saja.

Penelitian tentang kesehatan? Tentu. Memperbarui teknologi kota-kota? Mengapa tidak. Memperjanjang usia hidup secara radikal? Terdengar hal yang bagus.!

Tepat di bulan Januari 2016, dapat dikonfirmasi terdapat sembilan perusahaan Alphabet, dimana proyek Mobil Self-Driving, dilaporkan akan berdiri tahun ini (Google menampik untuk mengkonfirmasi atau menolak hal ini). Sama dengan hal itu, divisi robot Alphabet, yang awalnya merupakan unit bisnis terpisah, baru-baru ini dilebur ke dalam Google X, laboratorium moonshot Google.

Berikut ini struktur baru perusahaan dari Alphabet, perusahaan induk Google:

 

Alphabet perusahaan induk google

Alphabet perusahaan induk google

Print Friendly, PDF & Email