“Ketika Apple pertama kali mengenalkan produk Apple Watch, banyak yang ragu sejauh mana mereka dapat mengembangkannya. Namun dengan keunggulan tenologi dan eksklusifitasnya, produk ini akan menjadi kiblat atau standar untuk produk lain agar dapat disebut sebagai jam tangan pintar”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Jonathah S. Geller

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Taufik Al

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


penjualan apple watch

Tampilan Apple Watch

Belum banyak yang kita ketahui mengenai harga resmi untuk penjualan Apple Watch selain fakta bahwa, diasumsikan untuk edisi Sport akan dijual sekitar 349 dolar. Apakah harga tersebut sudah termasuk dengan gelang jam-nya, kita juga belum mengetahuinya. Sepertinya akan ada perbedaan kapasitas pada model yang lebih murah, maka tidak sulit untuk menerka bahwa harga 349 dolar adalah harga untuk jam untuk edisi Sport dengan kapasitas 16 GB, kemudian anda dapat menambah sebanyak 100 dolar untuk versi 32GB dan 100 dollar lagi untuk versi 64GB.

Apple Watch edisi stainless steel akan menjadi versi yang lebih tinggi, namun ini hanya perkiraan untuk saat ini. meskipun kita belum tahu apakah edisi tersebut akan dijadikan pilihan pada kelas menengah, dikarenakan Apple Watch versi emas (gold edition) akan menjadi yang paling mahal. Namun seberapa mahal? John Gruber menulis ulasan yang luar biasa tentang topik ini, dan saya setuju dengan sebagian besar isi dari artikel tersebut, namun saya rasa ia salah mengenai pemberian harga pada Apple Watch Gold Edition serta beberapa detail mengenai bagaimana Apple memposisikan jam terbaru mereka.

Apple dengan Apple Watch-nya saat ini benar-benar berada pada posisi yang berbeda, dan kebiasaan konsumen dalam membeli ponsel ataupun komputer sama sekali tidak berlaku saat mereka membeli barang-barang mewah. Apakah anda berpikir Hermes memproduksi tas Birkin dengan biaya 8,500 dolar? Apakah anda mengira bahwa sepatu-sepatu dari Christian Louboutin membutuhkan biaya produksi sebesar 1,500 dolar? Anda tentu menyadari bahwa semua produk monogram Louis Vuitton bahkan tidak terbuat dari kulit asli, dan pada dasarnya terbuat dari plastik, benar bukan?

Ketika berbicara mengenai barang-barang mewah, fashion dan seni, harga yang anda bayarkan tidak berkaitan dengan ongkos pembuatan barang ataupun nilai dari barang tersebut. Salah satu alasannya adalah karena industri ini dibuat semata-mata untuk mencari keuntungan. Barang tersebut merupakan sesuatu yang bisa anda miliki dan hampir semua orang tidak bisa memilikinya; anda akan rela membayar berapapun untuk mendapatkannya, dikarenakan barang tersebut mewakili kepribadian anda, apakah itu baik atau buruk (kami tidak ingin berdebat untuk masalah ini).

Sekarang mari kita membahas jam tangan dan berbicara masalah biaya produksi arloji serta apa yang mereka tawarkan, dan kita bisa membandingkannya dengan standar arloji emas: Rolex. Jam dari Rolex merupakan yang paling ikonik di dunia, dan Rolex sangatlah menarik karena beberapa alasan. Salah satunya ialah jam Rolex yang diproduksi sebenarnya tidaklah benar-benar terbatas. Anda kira berapa banyak jam yang diproduksi dan dijual Rolex tiap tahunnya? 10,000? 50,000? 150,000? Sebut saja sekitar satu juta unit.

Jadi, langsung pada intinya…Rolex, salah satu merk jam yang paling diinginkan oleh banyak orang di dunia (kami juga tidak ingin berdebat masalah ini) menjual sekitar satu juta jam dalam satu tahun?

Sekarang, bagaimana jika saya katakan kepada anda bahwa biaya yang dikeluarkan Rolex untuk membuat penggerak otomatis standar pada mayoritas jam yang mereka jual hanya kurang dari 200 dolar? bagaimana jika saya katakan kepada anda kalau stainless steel yang digunakan pada mayoritas jam yang mereka jual tidak setara apa-apa, dan bahwa sebuah jam stainless steel Rolex berharga 7,500 dolar mungkin hanya butuh sekitar 500 dolar atau kurang dari itu untuk diproduksi?
Tidak perlu bingung mengenai harga dan nilai barang disini. Jam yang anda beli dengan harga 7,500 dolar akan tetap bertahan 50% dari harganya untuk jangka waktu yang lama, tanpa melihat biaya sebenarnya dari pembuatan jam tersebut, karena terus ada permintaan untuk barang baru sehingga harga bekasnya tetap tinggi.

Bagaimana Dengan Ke-Eksklusifannya?

Sebelumnya saya telah menulis bahwa tidak ada orang yang menginginkan barang yang sama, mereka akan membelanjakan uang mereka agar bisa membedakan diri mereka dari orang lain. Dalam kasus Rolex, hanya dengan memiliki sebuah Rolex, akan mewakili sesuatu tentang anda, meskipun jumlahnya telah banyak di dunia. Anda membayar untuk tiket masuk, dan anda menjadi bagian dari keluarga tersebut.

Rolex mendapat sangat banyak keuntungan dikarenakan, lagi-lagi, karena adanya permintaan. Dan ini adalah contoh yang baik karena seperti inilah Apple memposisikan diri mereka dengan Apple Watch. Apple tidak akan langsung bersaing dengan produsen jam kelas atas. Saat ini Apple tidak akan secara langsung menantang merk-merk seperti Audemrs Piguet, IWC, Jaeger-LeCoultre ,Patek Philippe, dan merk lainnya. Namun kami kira versi stainless stell dan emas dari Apple Watch akan bersaing dengan arloji Rolex terkait miripnya strategi yang digunakan. Sekarang mungkin belum dari segi harga, tapi pada strategi.

Ini akan menjadi dunia dimana ketika anda tidak memakai Apple Watch di pergelangan tangan anda, anda seakan tidak berada di lapangan pertandingan. Jam stainless steel dan emas tersebut kedepannya akan menaikkan derajat anda dalam hirarki ini.

Sekarang mari kita lihat harga emas sebenarnya dan mencari tahu bagaimana Apple akan memberi harga pada versi ini, karena tidak seperti stainless steel, emas sangatlah bernilai (meskipun stainless steel juga bernilai, namun belum cukup untuk membuatnya dibahas pada artikel kali ini).

Jika Apple menggunakan emas 18 karat, ini berarti komposisi metal didalamnya sekitar 75% dari emas 24 karat murni, dan daripada hanya menggunakan perak dan tembaga untuk membuat 25% sisanya (mengikuti standar), Apple telah menemukan sebuah jenis logam campuran yang berbeda dan lebih kuat untuk membuat emas ini “dua kali lebih kuat.” Menurut saya itu bukan platinum, yang mana akan menambah biaya. Tapi tetap saja ini tidak merubah kenyataan bahwa itu tetaplah 75% emas 24 karat, sehingga mengharuskan Apple untuk mengeluarkan biaya sekitar 30 dolar per gram.

Berapa gram keseluruhan casing dan bagian belakang jam ini akan menjadi prasangka setiap orang, tetapi sebagai perbandingan, mari kita pakai jam tangan milik saya. Tanpa memperhitungkan gelang emas dan menyisakan bagian kepala jam itu sendiri, dengan komponen-komponen mekanik didalamnya, serta sebuah penutup belakang berbahan emas yang solid dan lebih berat dari yang akan digunakan oleh Apple, karena Apple memangkas sebagian besarnya untuk sensor. Jadi jam milik saya jelas lebih banyak kadar emasnya daripada yang akan ada di Apple Watch. Jam ini adalah sebuah jam dengan diameter 42mm, serupa dengan ukuran 42mm pada Apple Watch, meskipun tidak benar-benar sama dikarenakan bentuknya yang bulat.

Bagian kepala dari jam ini mempunyai berat sekitar 100 gram. saya kira cukup adil jika kita memperkirakan berat dari Apple Watch kurang dari setengahnya, jadi mari kita gunakan 35 gram sebagai perkiraan.

Ini berarti 35 gram emas dengan harga pergramnya 30 dolar berarti biayanya adalah sekitar 1000 dolar jika menggunakan harga emas saat ini. Ini belum termasuk proses produksi, komponen-komponen, kaca safir dan lainya, tetapi sebagai permulaan ini sudah cukup baik. Jika ini adalah produk normal, menggunakan margin 30-40% milik Apple, kita bisa memperkirakan bahwa harganya akan berkisar pada 1,500 dolar. Jika telah memasuki dunia barang-barang mewah, silahkan perkirakan sendiri. Apple juga sepertinya akan memasukkan kotak spesial yang juga berfungsi sebagai charger Apple Watch gold edition, namun meskipun menggunakan kotak kayu yang indah (sampai saat ini belum diketahui bahan dari kotak tersebut) biayanya paling banyak adalah 200 dolar.

Apakah kita juga akan merubah pendapat kita tentang dimana Apple akan menjual jam mereka? Seperti biasa, Apple Watch Sport akan dijual di Apple Store dan Toko-toko mitranya seperti operator-operator seluler, Best Buy dan lainya. Namun bagaimana dengan versi stainless steel dan versi emas?

Awalnya kami berpikir bahwa versi kelas atas tersebut akan dijual di toko-toko perhiasan, atau bahkan di Tourneau (toko retail jam mewah), namun tampaknya hal ini tidak masuk akal mengingat ketika anda membeli sebuah jam dari toko resmi, tergantung model dan produsennya, mereka mengambil keuntungan antara 25 sampai 50% pada penjualan itu.

Apple tidak akan melakukan hal tersebut.

Saat ini, toko-toko resmi yang menjual iPad dan iPhone mengambil keuntungan dibawah 10%, inilah alasan mengapa nilai jual kembali dari produk Apple sangat tinggi. Anda tidak bisa membelinya dimanapun dengan harga yang murah. Saya rasa ini tidak akan berubah jika melihat Apple mulai menjual produk-produk yang bahkan lebih mahal dikarenakan hal ini akan mengikis segmen Apple Watch.

Apakah kita akan mengubah pandangan kita tentang dimana Apple akan memproduksi perangkat-perangkat ini? Mungkin Apple Watch Sport akan dibuat dengan mitra produksi mereka yang sudah tidak asing seperti Foxcon, dan Apple Watch versi emas akan diproduksi di Amerika Serikat?

Apakah anda menyadari bahwa belum ada yang menyebutkan dimana jam ini akan diproduksi? Apakah Apple benar-benar akan mengapalkan berkilo-kilo gram emas untuk dilelehkan dan diproduksi di Tiongkok? Mungkin yang terjadi adalah sebaliknya, komponen bagian dalam Apple Watch edisi emas akan dikirim ke Amerika Serikat dan akan dimasukkan ke dalam casing berbalut emas. Kami rasa Apple tidak akan memberi harga ribuan dolar untuk barang mewah yang 100% dibuat di Tiongkok.

Prediksi terbaik saya adalah versi emas dari Apple Watch akan dijual dibawah 5,000 dolar dan mendekati 2,500 – 2,999 dolar. Kami rasa Apple tidak akan langsung melangkah terlalu jauh dengan menjual jam berharga super mahal. 5,000 dolar terdengar sangat mahal bagi saya hanya untuk jamnya saja. Belum lagi harga dari gelangnya, jadi jika jamnya saja berharga 2,500 dolar dan anda membeli dua gelang jam dengan harga per gelang 900 dolar, maka kita semakin dekat dengan angka 5,000, Tetapi rasanya itu lebih baik jika dibandingkan dengan alternatif seharga 7,000 dolar.

Print Friendly, PDF & Email