“Pengalaman bersepeda saat ini mungkin tidak sama lagi dengan saat dulu. Tidak hanya sebagai sarana olahraga atau rekreasi, namun saat ini bisa juga dijadikan sebagai gaya hidup penggunanya. Apalagi dengan adanya berbagai aplikasi dalam sebuah ponsel pintar, membuat pengalaman bersepeda menjadi lebih menyenangkan dengan kesan yang lebih modern. Dan sepeda Volata mengambil ide ini dimana menggabungkan pengalaman bersepeda dengan kecanggihan teknologi, membawa sensasi bersepeda ke level yang lebih tinggi”

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Veerle Pieters

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Semakin maraknya ponsel pintar dan aplikasi-aplikasi yang terus bermunculan selama bertahun-tahun, mungkin membuat anda berpikir bahwa teknologi tersebut akan membawa imbas ke sebagian besar industri lainnya. Ketika anda menengok sekilas ke industri sepeda, belum ada satupun merek terkenal yang mengeksplorasi keuntungan yang bisa dibawa oleh teknologi ini. Jika ditinjau lebih lanjut sebenarnya ada begitu banyak hal menarik yang dapat dilakukan dan dari sanalah ide sepeda Volata hadir.

Pengintegrasian Teknologi

Anda mungkin bisa membeli sebuah holder telepon dan menempatkannya di sepeda anda. Namun tampak kurang praktis disamping ukurannya yang cukup besar. Saya menginginkan sesuatu yang lebih kecli seperti apa yang Volata perlihatkan disini. Anda mungkin sama seperti saya menginginkan sebuah sepeda yang ramping dan enak dilihat. Marco Salvioli, pencetus ide sepeda Volata mengatakan pendapat berikut.

“Beberapa fitur seperti navigasi, pelacakan lokasi dan peramalan cuaca bisa disediakan oleh sebuah ponsel pintar yang dipasang di stang sepeda. Namun cara ini membuat pengguna harus memasang dan melepas ponsel mereka setiap saat, memilah satu dua aplikasi dan baterai ponsel yang cukup banyak terkuras dan terlebih cukup beresiko pada kondisi cuaca yang kurang baik. Dibandingkan dengan hal itu, kami mengikuti pendekatan seperti apa yang Apple Car Play atau Android Auto hadirkan, dimana beberapa perintah dijalankan di smartphone pengendara, dan di dalam sepeda ditanam unit display yang menunjukkan beberapa informasi tanpa melakukan apa-apa dan tanpa mengganggu pengalaman berkendara.”

sepeda volata

Source: medium.com

Komputer Yang Terintegrasi

Sepeda Volata memiliki layar 2,4 inci dengan resolusi 180dpi yang diintegrasikan ke dalam komponen stem (penyangga stang bagian depan) CNC. Memiliki kemiripan dengan perangkat Garmin atau serupa perangkat komputer kecil tambahan yang dapat melacak Informasi seperti kecepatan, ketinggian dan denyut jantung. Masih belum jelas apakah dapat melacak irama gerakan juga. Selain itu terdapat juga fitur lainnya seperti navigasi untuk berbelok, ramalan cuaca, musik dan menampilkan setiap pemberitahuan yang masuk ke ponsel anda. Semua ini dikendalikan melalui joystick yang terdapat di bagian atas kanan pegangan stang yang memungkinkan melakukan pengaturan sambil menjaga tangan tetap berada di stang dan pandangan mata tetap mengarah ke depan.

Source: medium.com

Pelacakan GPS Otomatis

Volata secara otomatis mengidentifikasi awal mula sebuah perjalanan baru dan melacaknya dengan GPS yang telah tertanam dalam unit sepeda. Anda bisa mengecek data laporannya dari ponsel pintar anda dan bisa menguploadnya ke dalam aplikasi Strava. Pelacak lokasi GPS ini juga digunakan dalam sistem anti pencuri yang telah tertanam langsung yang akan memberitahu anda secara real time jika terdapat aksi yang mencurigakan dimanapun anda berada. Dengan cara ini anda selalu tahu di mana sepeda anda dan dapat menunjukkan jika sepeda anda telah dipindahkan. Sebuah detektor gerak memonitor sepeda anda sepanjang waktu mengantisipasi segala bentuk kemungkinan pencurian dan ketika terdapat upaya pencurian alarm akan aktif dan anda akan segera diberitahu melalui smartphone anda.

Source: medium.com

Sensor Lampu, Bel Klakson Dan Pengisian Baterai Sendiri

Fitur-fitur yang telah disebutkan diatas tersebut membutuhkan baterai agar dapat berfungsi dengan baik. Sepeda Volata memiliki baterai yang dapat melakukan pengisian daya sendiri secara otomatis berkat dinamo di komponen hub roda bagian depan terutama jika anda cukup sering mengendarainya. Jadi baterai akan otomatis terus terisi ketika anda menggunakannya mengikuti berapa banyak putaran ban sepeda. Namun jika tidak, anda dapat pengisian daya melalui port micro USB dimana membutuhkan waktu sekitar 2.5 jam agar terisi penuh. Dalam pemakaian normal, baterai mampu bertahan hingga 20 jam. Disesuaikan juga dengan tingkat penggunaan lampu dan klakson. Tingkat daya baterai ditampilkan melalui layar. Bel model lama digantikan dengan klakson yang memiliki suara 96 desibel. Volata telah menggunakan lampu depan ganda dengan dua modul LED terang di bagian garpu depan sepda untuk meningkatkan visibilitas pada bagian samping depan sepeda. Tujuh lampu LED di bagian belakang juga didesain berada di dalam ekor frame dan memiliki bentuk melengkung untuk meningkatkan visibilitas samping.

Source: medium.com

Source: medium.com

Rangka Frame & Drive Train

Sepeda Volata menggunakan rangka aluminium 7005 yang konon memiliki keseimbangan sempurna antara kekuatan dan kenyamanan. Lalu bentuk garpu karbon depan terinspirasi oleh sepeda gravel yang memungkinkan penggunaan ukuran ban sampai 35mm dan mereka mengklaim bahwa ketangguhannya mampu membawa anda kemana-mana, tidak peduli seberapa kasar jalan yang anda tempuh. Daya geraknya menggunakan sistem Gates Carbon Drive Belt dimana terkoneksi dengan teknologi baru hub belakang shifting elektronik Shimano Alfine Di2 yang hanya perlu sedikit perawatan.

Source: medium.com

Transmisi Gates Belt Drive hampir tidak membutuhkan perawatan dimana tidak perlu lagi pelumas rantai dan tidak ada lagi bagian yang kotor akibat penggunaan pelumas. Komponen ini benar-benar halus dan tidak membuat suara. Dan mereka lebih tahan lama daripada rantai sepeda pada umumnya.

Source: gatescarbondrive.com

Pada bagian belakang, terdapat penggunaan komponen shifting (pemindahan gear) elektronik yaitu Shimano Alfine Di2. Jangan salah sangka, ini bukan komponen motor listrik, namun set sistem pemindahan gear yang tertanam langsung di dalam hub sepeda sehingga tidak menggunakan Rear Derailleur (RD) lagi. Shimano Alfine Di2 menawarkan sebuah sistem elektronik yang membuat perpindahan gear menjadi lebih cepat dan karena tidak menggunakan kabel logam dan dapat dikalibrasi sendiri, tidak diperlukan lagi perawatan yang cukup rumit seperti yang ada pada sepeda biasa. Jadi cukup jelas Volata adalah sepeda biasa dengan penggerak kaki manusia.

Source: bike.shimano.com/

Pertanyaan Tentang Sepeda Volata

Hal pertama yang terlintas dalam benak saya ketika melihat stem yang terintegrasi dengan elegan itu adalah bagaimana dengan posisi pengendara? Posisi dan geometri ketika mengendarainya adalah bagian yang sangat penting untuk kenyamanan bersepeda. Ketika pertama kali melihatnya hal itu masih belum jelas, tetapi ketika saya mencari tahu lebih dalam mereka mengatakan akan ada versi stem berbeda yang disediakan sehingga dapat disesuaikan dengan posisi pengendaraan anda. Ukuran frame yang tersedia mulai dari S, M, L, XL dan dua warna, yaitu putih dan abu-abu. Pertanyaan lainnya adalah berapa berat setiap model? Saya hanya menemukan berat untuk ukuran frame M sekitar 10,6kg.

Source: medium.com

Cukup jelas saya menyukai estetika dari sepeda ini, namun sebuah sepeda tanpa komponen pelindung lumpur atau tanpa penyimpanan terdengar kurang logis. Meskipun demikian, mereka tampaknya memang merancang sebuah seri tambahan yang tidak harus berkompromi dengan tampilan dari sepeda itu sendiri. Orang-orang umumnya ingin bersepeda dengan menggunakan sepeda yang keren, bukan dengan sepeda yang terlalu banyak menggunakan aksesoris atau perlengkapan yang kadang mengurangi tampilan sepeda. Seri ini telah dipersiapkan dan akan segera hadir. Mereka mengklaim bahwa sepeda ini bisa digunakan di setiap medan. Namun cukup sulit untuk menilainya jika anda belum pernah menggunakannya. Memang tampak seperti sepeda yang menarik, namun jika belum benar-benar mencobanya saya tidak akan membelinya via online. Saya menyukai ide dan tampilan sepeda Volata, namun ada banyak pertimbangan yang perlu saya tinjau. Perawatan adalah salah satunya. Apapun yang anda lakukan, akan ada beberapa perbaikan yang diperlukan seperti bagian eletronik yang tidak pasti sempurna seperti yang kita tahu. Komponen drive train mungkin bisa diperbaiki di toko-toko sepeda yang memahami komponen Shimano.

Lalu bagaimana dengan harganya? Belum tersedia secara pasti namun anda dapat melakukan pemesanan dengan membayar sekitar $ 299 di www.volatacycles.com. Biaya itu hanya untuk satu pemesanan dan perkiraan sementara anda perlu membayar dengan total $ 3200 termasuk pengirimannya. Pengiriman kemungkinan dimulai sekitar bulan Juli 2017. Dari segi harga tampaknya cukup sepadan dengan bahan-bahan dan teknologi yang digunakan. Bagaimanapun juga sepeda adalah sarana yang membantu anda tetap sehat, tidak seperti kendaraan bermotor. Namun itu semua kembali kepada anda tentunya.