Artikel ini adalah kutipan dari buku “How Google Works,” oleh Eric Schmidt dan Jonathan Rosenberg: 

Pada musim semi yang cerah di bulan Maret 2010, Eric Schmidt duduk di mobilnya di persimpangan jalan Embarcadero Avenue dan El Camino Real di Palo Alto, memandangi pohon-pohon yang  mengelilingi stadion sepak bola Stanford, dimana sudah menandakan perubahan waktu dan bergantinya musim.

Eric Schmidt dan Steve Jobs - Persaingan di sistem operasi mobile

Eric Schmidt dan Steve Jobs

Dia baru saja datang dari minum kopi dengan CEO Apple Steve Jobs di sebuah restoran yang disebut Califia – restoran dengan masakan berciri khas California. Keduanya duduk di luar cafe, membahas sistem operasi mobile Google yang sedang tumbuh yaitu Android. Steve yakin bahwa sistem operasi open source tersebut dibangun dengan paten intelektual yang dibuat oleh Apple. Eric menjawab bahwa kami tidak menggunakan paten intelektual Apple dan kenyataannya Android dibangun oleh kita sendiri. Tapi penjelasan dari Steve adalah sia-sia. “Mereka akan melawan kami,” pikirnya.

Eric pertama kali bertemu dan mulai bekerja dengan Steve Jobs pada tahun 1993, ketika Eric berada di Sun dan Steve berada di NeXT Computer. NeXT dibangun menggunakan bahasa komputer yang disebut Objective-C, dan Eric beserta beberapa orang lainnya pergi ke kantor NeXT untuk mendengar Steve memberikan mereka pengetahuan baru. Steve mulai memuji kebaikan Objective-C dan berusaha meyakinkan para ilmuwan komputer dari Sun bahwa mereka perlu menggunakannya dalam kerangka generasi pemrograman yang sedang mereka kembangkan.

Steve dan Eric membangun persahabatan selama bertahun-tahun, dan pada musim panas 2006 Eric diundang untuk bergabung dengan dewan direksi Apple. Sebelum dia menerima pekerjaan itu, dia dan Steve memiliki percakapan tentang potensi konflik kepentingan antara Apple dan Google. Apple pada saat itu sedang mengerjakan iPhone, dan Google telah mengembangkan sistem operasi mobile selama sekitar satu tahun, setelah membeli perusahaan Andy Rubin, Android, pada bulan Agustus 2005.

Kesimpulan tentang apa yang akan dihasilkan Android masih belum jelas, tetapi pada saat itu tampak seperti akan menjadi sistem operasi open-source tanpa antarmuka pengguna (dimana perusahaan lain akan membangun antarmuka pengguna). Harapan kami adalah bahwa Android bisa menjadi perangkat lunak tangguh untuk ponsel yang dibangun oleh perusahaan seperti Motorola, Nokia, atau Samsung, yang akan membangun desain dan aplikasi mereka sendiri. Saat itu Android dan iPhone berada di tahap awal mereka, dan Eric bergabung dengan dewan direksi Apple pada bulan Agustus.

Apple iPhone diluncurkan pada bulan Juni 2007, dan semua itu hampir sempurna. iPhone dirancang dan dioptimalkan untuk terhubung ke Internet, dan bekerja pada level kenyamanan penggunaan yang memuaskan. Belakangan pada tahun itu juga, tim Android memposting sebuah video YouTube dimana menyingkap selubung tentang apa yang mereka telah kerjakan. Steve meneliti video tersebut dan menyimpulkan bahwa  UI yang tergambarkan terlalu persis seperti iPhone dan sistem operasi yang mendasarinya yaitu iOS. Eric akhirnya mengundurkan diri dari dewan direksi Apple pada bulan Agustus 2009, dan pertempuran hukum antara perusahaan dan mitra mereka terus terjadi sampai hari ini.

Aspek yang paling penting dari persaingan Android / iOS adalah penggambaran tentang  bagaimana mencapai sebuah inovasi dengan dua cara yang berbeda.

Dengan Android, Google bertaruh pada potensi ekonomi besar dari platform terbuka dan pada kemampuan untuk mengarahkan perbedaan yang dihasilkan dari keterbukaan tersebut. Android adalah sesuatu yg di luar kendali, dimana kami mengartikan ini dalam cara yang paling positif. Sumber kode software tersedia bagi siapa saja untuk digunakan secara gratis, di bawah perjanjian lisensi Apache. Model “open source” berarti siapa saja dapat mengambil sistem operasi dan melakukan apa yang mereka inginkan dengan itu; Android seperti pasir di kotak pasir.

Kantor Google

Kantor Google

Apple mencerminkan pendekatan yang berbeda. Kode IOS bersifat tertutup, dan aplikasi yang ingin berada di App Store harus menerima persetujuan resmi Apple. Steve selalu percaya bahwa pengalaman terbaik bagi konsumen berasal dari mempertahankan kendali penuh dari segala sesuatu. Dia menaruh perhatian besar pada suatu detail dalam segala hal yang dia dan perusahaannya lakukan, dengan satu tujuan yaitu menciptakan produk terbaik. Hal ini bisa dilihat dari presentasi produk mereka yang luar biasa, yang terstruktur seperti papan kerja, yang selalu sangat diatur dan dibuat seolah-olah mereka sedang melakukan pertunjukan Broadway.

Presentasi iPhone

Presentasi iPhone

Bentuk kendali Apple bekerja bukan hanya karena keunggulan Steve Jobs, tetapi juga karena bagaimana dia mengorganisir perusahaan. Di Apple – sama seperti di Google – para pemimpin adalah orang-orang dengan latar belakang teknis produk. Ketika Anda membangun sebuah tim yang hebat, kreatif cerdas, dan menempatkan orang pintar kreatif yang bertanggung jawab, maka anda memiliki kesempatan untuk berada pada tempat  yang benar di sebagian besar waktu. Dan ketika Anda benar di sebagian besar waktu, maka model yang terkendali dapat menghasilkan inovasi yang luar biasa.

Dikutip dari buku “How Google Works,” oleh Eric Schmidt dan Jonathan Rosenberg, dengan Alan Elang. © 2014 oleh Google, Inc Dicetak ulang dengan izin dari Grand Central Publishing. All rights reserved.

Eric Schmidt menjabat sebagai CEO Google dari tahun 2001 hingga tahun 2011. Selama waktu itu ia mengiringi pertumbuhan perusahaan yang sebelumnya hanya sebuah Startup Silicon Valley menjadi perusahaan teknologi global terdepan yang saat ini memiliki lebih dari $ 55.000.000.000 dalam pendapatan tahunan. Dia sekarang merupakan ketua eksekutif Google. 

Jonathan Rosenberg bergabung dengan Google pada tahun 2002, menangani desain dan pengembangan konsumen, pengiklan dan mitra produk perusahaan, termasuk pencarian, Iklan, Gmail, Android, Apps dan Chrome. Dia saat ini menjadi penasehat CEO Google Larry Page.

Alan Eagle adalah direktur komunikasi eksekutif di Google.

Print Friendly, PDF & Email