“Teknologi Augmented Reality sebenarnya bukanlah teknologi yang benar-benar baru. Namun ketika Pokemon GO dengan penerapan teknologi AR diperkenalkan dan begitu masifnya orang-orang yang memainkannya, mulai banyak muncul pertimbangan dan kajian tentang dampak positif dan negatif yang dimiliki teknologi ini”

  – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Marlynn Wei M.D., J.D.

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Saya memainkan Pokemon GO minggu lalu untuk mengetahui mengapa banyak orang yang memperbincangkannya. Dan saya bisa melihat mengapa hal ini bisa terjadi. Pokemon GO adalah game aplikasi mobile dengan teknologi AR (Augmented Reality) yang membuat anda harus berjalan sendiri untuk menangkap Pokemon virtual di dunia nyata. Jika dicek berdasarkan jumlah unduhan dari pengguna Android, permainan ini telah melewati jumlah pemakai aplikasi Tinder dan diperkirakan akan melewati jumlah pemakai Twitter dalam waktu dekat.

psikologi pokemon go baik atau buruk

Pokemon GO Baik atau Buruk

Di tengah perbincangan tentang melejitnya angka penggunaannya, terdapat juga beberapa kepercayaan bahwa aplikasi ini benar-benar bisa membantu orang-orang yang mengalami depresi dan yang mengalami masalah bersosialisasi. Masih terlalu dini untuk mengetahui apakah memang benar Pokemon GO akan bisa memberi manfaat jangka panjang dalam pengobatan depresi dan masalah sosial. Meskipun demikian, game ini telah berhasil mendorong orang-orang untuk pergi keluar, berjalan, dan berinteraksi dengan lingkungannya. Aplikasi ini memiliki potensi menguntungkan sekaligus memotivasi orang-orang yang memang jarang keluar rumah karena alasan ketakutan atau kecemasan ketika bersosialisasi dengan orang-orang di lingkungan luarnya.

Penggunaan teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality) untuk meningkatkan kesehatan psikologi dan fisik bukanlah hal yang baru dan telah memiliki peran dalam pengobatan berbagai jenis kelainan jiwa. Game-game berbasis virtual reality saat ini telah dikaji dan digunakan untuk mengatasi masalah depresi, kecemasan, gangguan PTSD, meringankan penderitaan dan bahkan meningkatkan proses rehabilitasi setelah stroke.

AR (Augmented Reality) sedikit berbeda dengan VR (Virtual Reality) karena teknologi ini tidak memindahkan anda ke tempat baru, namun tetap berada di dunia nyata. Benda-benda virtual seperti Pokemon dalam permainan ini, digabungkan dengan objek dunia nyata memanfaatkan navigasi GPS. Teknologi Augmented Reality telah dipelajari, kurang lebih, sebagai bentuk terapi pemaparan untuk mengatasi gejala ketakutan/fobia, seperti ketakutan terhadap kecoa, sama baiknya seperti penanganan trauma stress disorder. Teknologi ini juga telah dikaji, setidaknya dalam satu kasus, memberi perawatan akan rasa depresi setelah amputasi, sebuah fenomena yang terjadi ketika salah satu bagian tubuh rusak atau hilang. Pokemon GO memanfaatkan kekuatan dari Augmented Reality dengan cara berbeda dimana orang-orang didorong untuk pergi keluar dan mengeksplorasi.

Dan berikut ini, beberapa sisi psikologis dibalik adanya dukungan dan pertentangan (pro dan kontra Pokemon GO) game ini:

Pro (Yang Mendukung)

  • Memberi kesan menyenangkan, sehingga memberikan manfaat positif dari dalam dan pemainnya sendiri. Pokemon GO adalah permainan yang mudah dan menyenangkan. Orang-orang didorong untuk bangun dari kursi malas mereka dan berjalan keluar di lingkungan sekitarnya. Konsep dasar dari terapi perilaku kognitif adalah pengaktifan perilaku, yang berarti jika anda pergi keluar dan mendapatkan hasil positif dari perilaku sehat. Contohnya seperti ketika anda pergi ke tempat fitness, dimana anda merasa seperti merasa lebih baik lagi dan membuat umpan balik yang positif dan meneruskan perilaku yang sehat tersebut.
  • Anda bisa menyadari sesuatu di sekitar anda yang sebelumnya tidak anda sadari. Anda mengumpulkan benda-benda dari PokeStop, yang berlokasi di tempat-tempat seperti monumen, patung-patung ber-arsitektur seni, bangunan bersejarah, taman kota, lukisan mural di sudut jalanan dan lain sebagainya. Meskipun permainan ini tidak memperluas kesadaran dan perhatian, anda akan menjadi lebih memperhatikan detail dengan yang ada di lingkungan anda. Dan tentu saja hal ini bisa membuat anda lebih mengapresiasi apa yang ada di sekitar anda.
  • Berpusat pada sebuah tema dan bentuk kartun yang tidak mengancam dan sangat lucu. Adanya hal ini bisa membuat pengguna lebih memperhatikan sesuatu yang menarik dan manis diluar dari diri mereka sendiri, kebalikan dari aplikasi pertemanan seperti Tinder atau Instagram dimana orang-orang merasa seperti dinilai oleh orang lain atau merasa tertekan menampilkan diri mereka dalam sebuah cara tertentu. Pokemon GO juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan beberapa media sosial seperti Facebook atau Twitter, dimana pengguna merasa harus mengirimkan sesuatu yang menarik atau mendapat akses informasi yang bisa memancing perasaan seperti rasa iri atau cemburu. Game ini dengan kesederhanaan dan kepolosannya, meminimalkan bentuk-bentuk kecemasan sosial, tekanan atau potensi interaksi negatif lainnya.
  • Mudah digunakan sebagai topik awal percakapan dan membantu menghilangkan kecemasan sosial. Bagi orang-orang yang mengidap social anxiety (kecemasan sosial) dan depresi, umumnya memiliki tanda-tanda cenderung menarik diri ketika bersosialisasi dan merasa tidak nyaman ketika berada di tengah-tengah orang. Mereka merasa tidak cocok berada di dalam lingkungan sosial atau pada penilaian orang-orang terhadapnya. Ketika saya bermain Pokemon GO sekitar satu jam di luar, saya bertemu dengan berbagai macam orang dan berbincang-bincang mengenai berbagai hal tentang permainan ini. Setelah bermain selama dua hari, saya bisa membuktikan para pemain lain akan merasa nyaman berbicara dengan anda jika mereka melihat anda memainkan game ini. Saya pernah bertemu dengan seorang anak muda di stasiun kereta, dan bertanya apakah dia bisa berbicara dengan orang lain yang tidak dia ketahui sebelumnya, “Tentu saja! saya tidak akan pernah berbicara dengan anda jika anda tidak bermain game ini sebelumnya,” katanya.
  • Mendorong untuk berjalan kaki dengan memberikan anda kesempatan mengumpulkan Pokemon baru ketika anda mengeksplorasi lingkungan anda (diperlukan jarak yang pasti ketika anda berjalan untuk bisa menetaskan telur yang anda miliki). Latihan fisik telah dikenal efektif dalam menanggulangi depresi dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dan aplikasi ini adalah pemancing semangat yang berguna untuk anda agar mau pergi keluar dan berjalan lebih banyak lagi.
  • Permainan ini memiliki struktur dengan tujuan yang jelas dan langkah-langkah peningkatan level yang bijak. Struktur yang jelas, umpan balik yang cepat, dan pencapaian target tujuan sangat membantu, khususnya bagi mereka yang mengidap depresi, menjaga agar ketertarikan mereka tetap ada. Kekurangan pada struktur bisa membuat orang-orang dengan niat yang rendah, dengan rasa penat, motivasi yang kurang dan depresi membuat keinginan mereka menjadi terkekang dan tidak berkembang. Namun dengan menciptakan peningkatan tujuan, permainan ini memberikan dorongan perasaan untuk menjadi lebih efektif dan mau bergerak maju setahap demi setahap.
  • Pencampuran dunia nyata dan fantasi bisa memancing kreatifitas dan imajinasi masa kanak-kanak anda. Menemukan wujud kartun yang tiba-tiba muncul di tengah bangunan atau di jalan membuat anda merasa seperti kembali ke masa kanak-kanak, dan aplikasi ini membantu anda menciptakan beberapa foto kreatif dan bersenang-senang dengan hal itu.

Kontra (Yang Menentang)

Game ini banyak dipersalahkan dikarenakan terjadinya beberapa kecelakaan, digugat karena isu privasi, dan terlibat dalam kasus kriminalitas, dimana beberapa orang menggunakan game ini untuk menarik pemain-pemain lain ke lokasi mereka, lalu merampok mereka. Jadi adalah hal penting untuk selalu berhati-hati.

Berikut ini beberapa sisi psikologis yang membahayakan atau sisi negatif dari game ini:

  • Anda memang didorong untuk keluar rumah, namun kenyataannya anda seperti terpaku pada layar ponsel. Disaat game ini mendorong penggunanya bermain di luar, kenyataannya anda masih terpaku pada teknologi. Hal ini mungkin tidak memberikan perubahan apapun dalam hidup anda jika anda adalah tipe orang yang selalu melihat ponsel ketika berada di luar rumah. Bagi anak-anak dan muda-mudi, badan Asosiasi Anak Amerika (American Pediatric Association) menganjurkan waktu untuk melihat layar ponsel hanya sekitar satu atau dua jam dalam sehari. (Aplikasi ini bisa membuat anda bertemu dan berinteraksi dengan para pemain lainnya, daripada hanya terpaku melihat layar ponsel dan bisa mengurangi tanggapan negatif terhadap hal ini).
  • Memainkan aplikasi ini membuat perhatian anda teralihkan. Di dalam aplikasinya sendiri memberi anda peringatan untuk selalu berhati-hati dan waspada ketika anda pergi ke suatu tempat untuk bermain. Sebelumnya telah ada kejadian dimana telah terjadi beberapa kecelakaan ketika bermain game ini. Permainannya sendiri memang menggabungkan keadaan di dunia nyata, yang mana “momen kehadiran” anda sendiri tidak benar-benar ada saat itu, ketika mata anda terfokus hanya pada ponsel melihat sesuatu yang sebenarnya tidak benar-benar ada.
  • Permainan ini membuat anda terbebani. Dikarenakan anda secara teknis mencoba untuk menemukan dan menangkap sesuatu, tubuh anda tampak seperti pada keadaan siaga terus-menerus, yang berarti adrenalin anda terpacu dan denyut jantung anda menjadi lebih cepat dari biasanya. Untuk jangka waktu yang pendek, hal ini bisa saja hal yang menyenangkan, namun dalam jangka panjang, anda akan mengalami keletihan dan merasa tenaga anda terkuras habis. Jadi adalah hal yang penting untuk beristirahat dan pastikan diri anda tidak mengalami efek samping dari memainkan sebuah game secara berlebihan.
  • Permainan ini bisa saja membuat anda menghabiskan waktu anda lebih banyak dengan ponsel dibanding ketika anda bersosialisasi. Bermain game bisa membuat anda menjadi kurang bersosialisasi dan membuat waktu ketika anda menggunakan ponsel semakin bertambah. Namun hal ini bervariasi tergantung pada pengalaman masing-masing individu.
  • Permainan ini bisa membuat gejala yang lebih buruk bagi orang-orang yang sulit membedakan antara dunia nyata dan dunia fantasi. Permainan ini menggabungkan elemen antara dunia nyata dan dunia virtual, sehingga bisa membuat kebingungan bagi orang-orang yang memiliki kesulitan membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak, khususnya orang-orang dengan gejala kegilaan. Jadi adalah penting untuk selalu berhati-hati pada situasi tersebut dan berdiskusilah dengan dokter anda ketika anda menemui gejala tersebut.

Bagaimana pertentangan dan dukungan terhadap game ini setelah beberapa waktu masih perlu dikaji lebih lanjut secara ilmiah. Namun sejauh ini, penggemar dari game ini menikmatinya. Jika anda menemukan permainan ini memiliki dampak negatif lainnya, atau di sisi lain membantu mengurangi kecemasan anda, depresi atau stress yang anda alami, silahkan bagikan pendapat anda di forum ini.