“Ketika berkaitan dengan penggunaan drone, pilot drone perlu mengetahui hal-hal apa saya yang perlu diperhatikan sebelum menggunakannya. Dari model unitnya, mekanisme penerbangan, pengaturan kontroler, hingga peraturan tentang bagaimana menerbangkan drone dengan aman dan bertanggung jawab”

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Korey

Ditranlasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Jika anda mencari drone yang siap untuk diterbangkan, cobalah untuk melihat artikel saya sebelumnya yaitu “Drone Terbaik Yang Bisa Dibeli.” Simak beberapa ulasan saya pada semua model-model terbaik yang tersedia saat ini, dan mengapa drone Bebop tidaklah pilihan yang terlalu bagus untuk sebagian besar orang.

Sebelum membahas tentang lima hal dasar yang perlu anda ketahui sebelum membeli drone, saya perlu mengingatkan bahwa pada musim belanja Natal 2015 kemarin diperkirakan lebih dari satu juta unit drone terjual. Angka ini menunjukkan sebuah peningkatan yang tidak terduga terhadap banyaknya model pesawat kecil tanpa awak yang terbang di langit saat ini.

panduan sebelum membeli drone

Salah satu contoh drone

Dengan begitu besarnya peningkatan jumlah pesawat terbang kecil ini anda harus tetap mengingat bahwa anda berbagi ruang udara bebas dengan orang lain termasuk pesawat terbang penumpang komersial dan pribadi. Jumlah drone-drone yang terbang dengan ketinggian jangkauan 100 kaki mulai semakin bertambah. Dan statistik tersebut sulit untuk diterima.

Sebagai seorang pilot drone baru, anda harus mendidik diri anda sendiri tentang aturan pemerintah yang berlaku di negara anda, dan aturan umum bagaimana menerbangkannya dengan aman.

Di Amerika sebagai contoh, terdapat seperangkat aturan yang meminta agar drone didaftarkan dalam Departemen Perhubungannya (Department of Transportation). Proses pendaftaran ini sudah diproses pada akhir tahun 2015 kemarin dan akan segera berlaku. Kepala Administrasi Badan Penerbangan Amerika, Michael Hurera berkata dalam sebuah wawancara: “Ketika mereka tidak menerbangkannya dengan aman, mereka akan tahu bahwa akan ada konsekuensinya.” Sebuah pernyataan yang tegas dari Hurera, namun kata-katanya itu memang benar.

Ini bukanlah suatu kesuraman atau malapetaka bagi pengguna drone, ini hanya sebagai pengingat bahwa orang-orang harus bertanggung jawab pada setiap tindakan yang mereka lakukan. Anda tentu tidak ingin seorang anak berusia sepuluh tahun mengemudikan mobil bukan.. tentu saja tidak!

Selama lebih dari tiga tahun, situs ini telah membantu lebih dari dua juta orang dari seluruh dunia tentang bagaimana membangun, menerbangkan dan membeli drone. Kami selalu menganjurkan aspek keamanan ketika menerbangkan drone, dan akan membantu pemerintah di berbagai belahan dunia untuk menyebarkan informasi ke masyarakat luas tentang peraturan yang berlaku dan penerapan terbaiknya.

Jadi, mari kembali ke pembahasan tentang lima hal yang perlu anda ketahui sebelum membeli drone.

#1 Tidak Semua Drone Mudah Untuk Diterbangkan

Jika anda ingin membeli sebuah drone, hal pertama yang perlu anda tahu adalah semua hal yang bisa diterbangkan sangat sulit untuk dikendalikan. Sebuah model quadcopter sebenarnya mustahil untuk bisa terbang, namun apa yang membuatnya bisa stabil dikarenakan komponen komputer di dalamnya (umumnya disebut dengan flight controller). Setiap drone terbang dengan cara yang berbeda tergantung pada bagaimana kontrolernya disetting. Beberapa kontroler disetting agar lebih lincah, dan lainnya mungkin diatur agar lebih stabil.

Ketika berbicara tentang cara menerbangkan dan level kemampuan, terdapat kurva ajaib yang tidak seorangpun benar-benar membahasnya. Saya menyebutnya “harga vs. kurva kemudahan penggunaan.” Normalnya, pada radio kontrol mobil, pesawat atau helikopter ketika harganya semakin mahal, tingkat kesulitannya juga meningkat. Namun demikian, pada drone kasusnya tidak seperti itu. Dibawah ini sebuah grafik sederhana untuk mengilustrasikan apa yang saya bicarakan. Nilai kemudahan penggunaan berkisar antara 0 sampai 10 dan nilai harga berkisar dari $0 sampai $1.000. Dengan melihat grafik dibawah anda dapat mengetahui drone yang paling mudah diterbangkan berkisar pada harga $700. Alasan mengapa semakin mahal drone semakin mudah diterbangkan adalah karena penambahan sensornya dan fungsionalitas yang ada di dalam kontrolernya.

Saat ini, drone Phantom 3, Inspire 1, Q500 4K dan terakhir namun bukan paling akhir adalah 3DR SOLO adalah drone-drone yang paling mudah diterbangkan, dimana jika dibandingkan dengan model Hubsan X4 atau Syma X5C adalah drone kecil dengan harga cukup murah, namun lebih sulit untuk membuatnya stabil saat diterbangkan.

Jika anda bertanya-tanya, data dari grafik ini hanya bersumber dari pengalaman saya sendiri. Bukan berasal dari sponsor atau toko tertentu.

grafik jika membeli drone

Grafik Harga vs. Kemudahaan Penggunaan Drone

#2 Tidak Semua Drone Siap Untuk Diterbangkan

Ketika anda melihat-lihat drone yang akan dibeli, anda akan mengenal beberapa akronim yang sering anda temui seperti RTF, BNF dan ARF.

  • RTF artinya Ready-To-Fly atau Siap Untuk Diterbangkan. Biasanya quadkopter RTF tidak memerlukan perakitan atau pengaturan terlebih dahulu, namun anda mungkin perlu melakukan beberapa hal sederhana seperti mengisi baterai sampai penuh, memasang baling-balingnya atau mengatur koneksi kontroler ke quadkopter (membuatnya bisa saling merespon satu sama lain).
  • BNF artinya Bind-And-Fly atau Rangkai Dan Terbangkan. Sebuah quadcopter BNF biasanya sudah terakit dengan lengkap, namun tanpa sebuah kontroler. Dengan model BNF, anda harus menggunakan kontroler yang sudah anda miliki (jika cocok) atau membeli kontroler lain secara terpisah. Satu hal yang perlu anda ketahui, meskipun transmitter dan receiver memilki frekuensi yang sama bukan berarti mereka bisa saling bekerja. Pada jaman analog sebelumnya, jika anda memiliki transmitter dan receiver yang bekerja pada frekuensi yang sama bisa dipastikan mereka bisa digunakan. Namun sekarang di komunikasi yang sudah digital semuanya sudah berubah. Bahkan jika transmitter dan receiver berada pada kanal frekuensi yang sama, mereka harus menggunakan protokol pembuatan yang sama agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Jadi pastikan untuk mengecek kontroler yang anda miliki bisa bekerja dengan drone anda sebelum membelinya.
  • ARF artinya Almost-Ready-To-Fly atau Hampir Siap Untuk Terbang. Quadcopter ARF biasanya terlihat seperti kotak perlengkapan untuk model quadcopter. Mereka biasanya tidak dilengkapi dengan transmitter atau receiver dan mungkin memerlukan bagian-bagian untuk ditambahkan. Sebuah perlengkapan drone ARF mungkin juga tanpa komponen seperti motor, ESC, atau bahkan tanpa kontroler dan baterai. Definisi dari drone ARF kit adalah bermacam-macam dan luas, jadi kapanpun anda melihat kode ARF dalam labelnya, anda harus membacanya penjelasannya secara menyeluruh.

#3 Anda Perlu Berinvestasi Sebelumnya

Jika anda hanya ingin menerbangkan drone di sekitar rumah dengan anggaran sekitar $50, mungkin sesi ini tidak bisa anda terapkan. Namun jika anda berencana menghabiskan ratusan atau mungkin sampai ribuan Dolar, maka anda perlu menginvestasikan waktu dan uang anda dengan bijak.

Berikut ini beberapa hal kecil yang “tidak saya lakukan” ketika pertama kali keluar dengan drone saya, yang akan bisa membantu saya secara drastis nantinya.

  • Berinvestasi pada kontroler yang bagus. Mendapatkan kontroler yang bagus adalah salah satu investasi terbaik yang dapat anda buat. Kontroler (tidak seperti smartphone) tidak akan tertinggal dengan cepat, jadi jika anda berencana menekuni hoby ini selama beberapa waktu, anda perlu memiliki sebuah kontroler yang setidaknya bertahan untuk beberapa tahun ke depan. Alasan mengapa anda bisa mempertahankannya begitu lama, adalah karena komponen transmitternya bisa dibongkar pasang sehingga anda bisa mengupgradenya untuk bisa bekerja pada teknologi komunikasi yang lebih baru di masa depan.
  • Beli charger yang bagus. Saya tahu terlihat cukup gila jika menghabiskan banyak uang hanya untuk charger baterai. Namun sama seperti kontroler, sebuah charger yang bagus setidaknya bisa digunakan sampai beberapa tahun. Charger yang murah yang didapat dari perlengkapan RTF biasanya memiliki waktu pengisian baterai yang lebih lama, tidak dapat diandalkan dan biasanya hanya bisa mengisi baterai yang satu paket dengannya. Jadi suatu saat nanti, ketika anda membeli sebuah drone yang lebih besar anda membutuhkan charger yang lebih besar juga. Charger yang lebih mahal dan berkualitas lebih bagus dapat mengisi baterai apapun yang anda akan gunakan, dari tipe litium polimer sampai tipe asam timbal. 
  • Investasi untuk penelitian. Saya tahu ketika membeli drone pertama kali rasanya pasti sangat menyenangkan, namun ini bukan hal yang perlu anda lakukan terburu-buru. Semakin banyak penelitian yang anda lakukan, semakin banyak pengetahuan yang anda dapatkan, dan seringkali anda akan mulai memahami perbedaan antara semua komponen-komponen drone yang ada di luar sana dan alasan mengapa satu komponen lebih baik dari yang lainnya. Hal ini dapat menghemat waktu dan uang anda dalam jangka waktu lama karena anda tidak akan membeli produk yang kualitasnya buruk, membuat keputusan yang salah, uang yang terbuang percuma dan menjalani segala hal tanpa arah.

#4 Terdapat Banyak Tempat Untuk Membeli Drone

Jika anda tidak tahu dimana membeli sebuah drone, jangan khawatir. Di luar sana ada banyak toko online yang menjual drone dan mengirimkannya kepada anda. Sebagian besar toko retail besar yang menjual drone berlokasi di Amerika atau di China, namun jika anda berusaha lebih keras mungkin anda bisa menemukan toko kecil yang berada dekat dengan lokasi anda.

Salah satu toko terbesar (bukan yang paling besar) bernama Hobby King. Hobby King sama seperti Walmart atau Radio Control. Mereka memiliki puluhan ribu produk untuk dijual. Beberapa produk mereka desain sendiri, beberapa diantaranya mereka mendapatkan ijin untuk memproduksinya dan lainnya hampir sama dengan yang dijual oleh toko-toko retail lain. Beberapa komponen drone yang dijual di Hobby King kualitasnya sangat baik, namun ada juga yang jelek, jadi anda harus membaca ulasan-ulasan produk apapun yang akan anda cari. Caranya anda bisa melihat masalah-masalah yang dialami oleh orang lain dan menentukan sendiri apakah produk tersebut bagus atau tidak.

Tempat lain untuk mencari komponen-komponen atau bahkan drone yang sudah lengkap disetting adalah bisa dilihat di situs RCGrups.com di bagian Classfield. Anda bisa menemukan penawaran yang menarik, namun bisa juga mendapatkan penipuan dan hal-hal tidak jelas lainnya. Jadi berhati-hatilah dengan siapa yang anda ajak bertransaksi disana. Saya hanya bisa mengatakan sekitar 95% orang-orang disana bisa dipercaya, anda hanya perlu berhati-hati dengan 5% sisanya dan anda akan baik-baik saja.

Dibawah ini beberapa situs rekomendasi untuk membeli drone. Semua situs dalam daftar atas adalah tempat yang saya pertimbangkan paling bagus untuk mendapatkannya. Dan situs yang dekat dengan daftar bawah adalah situs yang pernah saya dengar namun belum pernah berbelanja atau berpengalaman bertransaksi disana.

  • DJI: Nomor satu dalam popularitas
  • Getpv: frame FPV kualitas terbaik, dan komponen lainnya
  • HobbyKing: Walmartnya radio kontrol
  • ReadyMadeRC: komponen FPV dengan harga yang lebih baik
  • Quadcopter: Drone fotografi untuk penerbangan tinggi
  • Amazon: Segala hal-hal kecil ada disana
  • HeliPal: Berbasis di Hong Kong dengan produk DJI, Walkera, Tarot dll
  • DroneFly: Produk-produk yang berhubungan dengan Phantom dan pusat layanan servicenya.
  • BuzzFlyer: Hampir mirip seperti HeliPal namun berada di UK
  • xHeli: Kebanyakan mainan yang tidak mahal dengan jangkuan cukup tinggi dan lainnya

NB: Untuk di Indonesia ada banyak toko online untuk membeli drone, seperti Tokopedia, Lazada, Bukalapak, Bhineka dan beberapa toko online terkenal lainnya.

#5 Anda Perlu Menjadi Bagian Dari Komunitas Drone

Secara pribadi, saya rasa setiap orang yang memiliki drone (atau yang ingin membelinya) harus menjadi bagian dari sebuah komunitas online (atau offline) yang memiliki ketertarikan yang sama. Terdapat banyak forum drone online diluar sana. Beberapa untuk tujuan umum dan beberapa lagi untuk topik yang lebih spesifik, seperti lini produk tertentu atau komponen tertentu. Anda tidak perlu bergabung dengan setiap forum yang ada, namun saya merekomendasikan untuk menemukan satu atau dua yang cocok dengan anda.

Forum drone bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat, namun anda harus tahu apa yang akan anda coba tanyakan, dimana tempat untuk bertanya dan bagaimana mengajukan pertanyaan tersebut. Jika tidak, pertanyaan anda tidak akan ada yang menjawab. Beberapa orang bisa saja malah merendahkan anda hanya karena anda bertanya pertanyaan yang tidak penting. Jika anda belum pernah menjadi bagian dari forum online sebelumnya, bergabunglah segera dengan salah satunya dan lihat bagaimana orang lain membuat pertanyaan disana.

NB: Dan untuk di Indonesia, Kaskus adalah tempat yang tepat bagi anda. Karena disini berbagai orang pengguna drone saling berkumpul dan saling berbagi informasi.

Dan Itu Saja, Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Drone …

Jadi hanya itu saja yang saya miliki untuk saat ini. Semoga artikel ini memberikan anda pengarahan yang tepat untuk anda. Jika anda ingin mencari panduan membeli drone, anda bisa melihat kategori “buying guides” dalam situs myfirstdrone.com. Dimana anda bisa menemukan artikel-artikel tentang drone atau quadcopter yang bisa dibeli, berbagai kamera drone dan lain sebagainya.

 

Print Friendly, PDF & Email