“Kelebihan utama dari startup adalah kita bisa membangun sebuah perusahaan kecil dengan gaya yang menurut kita sangat bagus untuk diterapkan. Pencampuran antara kreativitas, kebebasan, idealisme dan mimpi”

  – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Sylvia Pavlova

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Adi Resmawan

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Ketika setiap pemilik startup menyadari bahwa memiliki tujuan tinggi tidaklah cukup, saat itulah pentingnya melakukan tindakan besar dan mengatur strategi cerdas menjadi sebuah prioritas. Ketika hidup tidak memuaskan dan perencanaan yang mendalam sangatlah penting, inilah saatnya untuk mulai merenungkan tentang budaya startup dan khususnya budaya startup anda. Para pengusaha memiliki satu keuntungan – dengan mendirikan bisnis mereka mendirikan budaya, dimana jauh lebih mudah dibandingkan mengubah budaya pada perusahaan yang sudah ada.

budaya startup

Ilustrasi Budaya Startup

Budaya startup berbeda dari strategi budaya yang terkenal dari bisnis tradisional. Perbedaan ini ada dan terungkap sendirinya dengan sangat jelas karena perbedaan yang besar antara kedua model bisnisnya. Startup adalah salah satu usaha bisnis yang perlu menciptakan dan menerapkan standar organisasi yang unik agar bisa dikatakan asli dan inovatif.

Setiap startup memberi nilai-nilai pada sesuatu yang berbeda, meskipun mereka semua pada dasarnya didorong oleh inovasi. Secara umum, nilai-nilai perusahaan adalah ide utama di balik elemen kunci dari setiap budaya bisnis. anda tahu apa prinsip-prinsip dan nilai-nilai bisnis anda. Gunakan informasi ini untuk menciptakan budaya perusahaan anda sendiri.

Membawa tong bir ke kantor atau membuat beberapa obrolan kecil dengan karyawan anda saat bekerja tidak berarti bahwa anda memiliki budaya startup yang hebat. Konsep budaya jauh melampaui ini dan membawa pesan yang lebih kuat. Hal ini penting untuk keberhasilan bisnis anda. Setiap pengusaha harus meluangkan waktu untuk melakukan ini. Budaya startup anda harus unik.

Keluarkan pernyataan yang jelas mengenai tujuan perusahaan dan tujuan utama, fokus pada misi perusahaan yang lebih besar dimana mengarah lebih jauh dari hanya kepentingan mencari uang dan keuntungan. Bawakan pesan yang jelas dari visi anda dan jadikan itu sebagai ciri khas anda. Pengusaha sukses pada dasarnya adalah visioner luar biasa yang menjadi contoh dalam menjalankan budaya dan prinsip-prinsip dari setiap visi-visinya.

Kembangkan budaya startup dengan penerimaan tenaga kerja berstandar tinggi. Tim anda adalah faktor yang sangat penting dan harus mengetahui dengan jelas apa yang anda cari, menjaga kualitas dan memilih orang yang sesuai standar akan membantu anda menciptakan tim yang bagus, bertalenta dan kreatif yang akan bisa mendistribusikan hasil terbaik.

Buat visi yang jelas ketika memberikan training dan pelatihan pada tim anda. Jadilah pemimpin yang memberikan contoh yang akan mejadi model untuk diikuti. Ambil bagian pada seminar pelatihan yang anda atur untuk pegawai anda.

Ambillah beberapa rutinitas kantor yang dapat membantu staff anda meningkatkan semangatnya. Meeting setiap Jumat siang, gathering setiap minggu, piknik setiap bulan adalah beberapa contoh sederhana untuk meningkatkan kerjasama tim. Menciptakan rutinitas adalah cara yang bagus untuk memotivasi orang-orang yang anda ajak bekerja dan untuk mengenal lebih dekat dengan mereka. Ini adalah strategi sukses yang dapat menjaga kinerja tim dan juga memberikan semangat untuk setiap pekerjaan.

Jangan khawatir untuk membuat sesuatu yang beragam. Terkenal luas bahwa cara untuk memacu kreativitas seseorang adalah dengan membawa mereka keluar dari zona nyamannya. Model ini sudah diimplementasikan dengan baik di perusahaan Facebook dan dikatakan sebagai salah satu tantangan staff di setiap bulannya. Setiap bulan, semua staff bisa memilih team yang berbeda untuk mengambil tempat/bagian dan bekerja sama dalam sebuah proyek atau ide.

Satu dari budaya perusahaan yang paling terkenal adalah budaya “Pay-it-forward” dimana adanya motivasi pengusaha untuk membantu, mengajari dan berbagi dengan yang lainnya. Beberapa dari perusahaan baru yang paling sukses telah membuat kampanye untuk melatih dan mengajari generasi mudanya. Membantu orang lain tidak hanya memberikan kepuasan tersendiri namun juga menjadi dihargai oleh komunitas startup.

Kenyataan membuktikan bahwa budaya startup sangat berpengaruh dan sering menjadi kunci sukses dari perusahaan. Banyak organisasi tradisional mendapat manfaat dari pendekatan luar biasa dari model dan komunitas startup. Ini benar-benar memunculkan satu lagi alasan untuk menyetujui pernyataan bahwa para startup merupakan satu bagian yang unik dalam dunia bisnis.

 

Print Friendly, PDF & Email