“Menjadi pribadi yang produktif memerlukan keberlanjutan. Niat saja tanpa ada roda penggeraknya, akan membuat produktifitas menjadi terhenti. Seringkali inspirasi datang ketika kita berinteraksi dengan orang lain, ketika kita berbicara dan melihat secara langsung, kita bisa menyaksikan sendiri bahwa nilai produktifitas yang mereka terapkan memiliki manfaat lebih. Tentu saja semakin banyak anda mengenal orang-orang seperti ini, semakin besar peluang untuk menerapkannya dalam produktifitas diri anda sendiri”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Ryan Holiday

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Seperti semua orang, saya suka berpikir bahwa saya adalah orang yang produktif. Jika memang benar seperti itu, namun demikian, itu dikarenakan saya berpegang teguh pada satu hal: mencuri rahasia dan metode orang-orang yang lebih cerdas dari saya.

Dalam karir saya, saya memiliki keberuntungan bertemu dengan para penulis terkenal, pengusaha sukses, investor, eksekutif dan orang-orang kreatif. Beberapa belum pernah saya temui, namun saya bisa mengetahui pemikiran mereka dari bentuk buku. Entah mereka tahu atau tidak, saya membungkus semuanya dan mengambil apa yang saya pikir ide-ide terbaik di dalam produktifitas mereka.

Dibawah ini rahasia-rahasia yang saya pelajari dari mereka. Terima kasih kawan! Kalian telah membantu saya dan membuat saya semakin kreatif. Dan tentu saja dibawah ini bukan nasehat yang mutlak, karena tidak semua yang anda baca sesuai dengan diri anda. Ambil dan curi yang menurut anda bagus.

Casey Neistat

Dari artis dan pembuat video YouTube terkenal ini, saya mengambil tips untuk selalu membawa jurnal Moleskine (sejenis buku agenda) yang setiap hari selalu saya tulis dengan: pemikiran, pengingat, catatan, atau pelajaran. Saya memilih yang bentuknya pas dengan kantong celana belakang, dan dengan cara ini saya selalu siap sedia dimanapun dengan kertas catatan.

Bulan kemarin adalah waktu yang luar biasa padat dan jurnal ini membantu saya mengatasinya. Lebih penting lagi, saya belajar bagaimana bisa melacak/mengikuti setiap hal yang telah saya catat di jurnal. Untuk berjaga-jaga jika saya menghilangkannya, saya menulis huruf besar dalam buku tersebut yang bertuliskan “Jika Menemukannya Tolong Dikembalikan [Tercantum Nama dan No Telp].”

Tim Ferris

Dari Tim saya mempelajari seni membuat daftar tugas. Sederhana dan jelas. Satu kartu catatan, terdiri dari lima sampai enam hal dan tepat seperti yang saya perlukan.

note

Setiap hari, saya menyilang daftar yang sudah selesai dan merobek kertas tersebut. Begitulah sistem kerjanya.

Robert Greene

Robert Greene, penulis terkenal dari buku “48 Laws of Power,” memperlihatkan kepada saya bagaimana dia membuat berbagai buku. Model sistem pencatatannya telah mengubah hidup saya. Setiap saya membaca buku, saya melipat halaman yang penting dan memindahkan informasinya ke dalam kartu catatan yang kemudian saya atur berdasarkan temanya dan menempatkannya pada suatu kotak kartu.

Pada poin ini saya telah memiliki ratusan ribu kartu-kartu ini, yang selalu saya ambil jika saya sedang membutuhkan anekdot, sebuah fakta, sebuah inspirasi, sebuah strategi, sebuah cerita atau sebuah contoh.

Dov Charney

Pertama kali saya menelepon Dov, saya menerima pesan suaranya. Isinya seperti ini: “Saya tidak memakai pesan suara, tolong email saya.” Ini adalah cara yang lebih baik.

Saya telah mengambil langkah baru yang lebih jauh, saya bahkan tidak menyetel atau mengaktifkan pesan suara. Jika memang penting, mereka akan menelepon balik saya. Jika saya memiliki waktu, saya akan menelepon balik panggilan yang tidak terjawab. Selain itu, mendapatkan enam pesan suara yang belum dicek adalah hal yang tidak pernah saya khawatirkan selama bertahun-tahun… karena mereka tidak ada.

Ramit Sethi

Ramit telah membangun bisnis pendidikan jutaan dolar, dengan 40an lebih pegawai tepat di depan mata kita (dia dan saya besar di kota yang sama). Satu tips yang saya pelajari dari Ramit – setelah mengabaikannya beberapa kali – adalah jika anda akan merekrut seorang asisten, pastikan mereka lebih tua atau lebih bertanggung jawab dibandingkan dengan anda.

Terlalu banyak orang membuat kesalahan dengan merekrut seseorang yang masih muda dan dengan gaji yang murah, yang mana tidak masuk akal. Tidak mungkin bagi mereka memahami nilai waktu dan organisasi, dimana pada akhirnya membuat anda menjadi kurang produktif. Jika anda menginginkan seorang asisten, lakukanlah dengan benar.

Tobias Wolff

Dalam buku, “Old School,” karakter semi otobiografi Tobias Wolff mempergunakan waktunya mencatat petikan dan kutipan dari buku-buku yang bagus. Saya juga melakukannya hampir setiap minggu. Manfaat dari hal ini membuat saya, menjadi pengetik yang cepat, menjadikan saya penulis yang lebih baik dan membuat saya lebih bijak.

Robert Greene

Dari Robert saya juga mempelajari bahwa berenang adalah sarana produktifitas diri yang bagus. Mengapa? Karena menyediakan isolasi total, tanpa musik, tanpa telepon, tidak memungkinkan adanya gangguan. Hanya ketenangan. Sebagian besar waktu pemikiran produktif, saya peroleh ketika berada di kolam renang.

David Allen & Merlin Mann

Inbox Zero (tidak ada pesan inbox di email). Jangan mengambil atau memeriksa dokumen untuk yang kali kedua. Biarkan setiap nilai tertanam dan pergunakan lagi mereka setiap diperlukan.

Ramit Sethi

Hal penting lagi dari Ramit: Anda tidak perlu menjawab setiap email yang anda terima. Tombol hapus adalah cara tercepat membuat pesan inbox email anda menjadi kosong.

Napoleon

Terdapat petikan bagus dari Napoleon tentang bagaimana dia menunda membuka suatu surat, jadi seiring dengan waktu, isu-isu yang tidak penting akan terselesaikan secara sendirinya. Saya mencoba melakukan hal yang sama pada email dan isu-isu yang berasal dari para staff.

Marco Arment

Instapaper telah mengubah hidup saya. Saya tidak bermain game di ponsel, saya membaca artikel menarik yang saya susun dan baca di setiap pagi. Saya tidak teralihkan oleh artikel-artikel tersebut ketika saya sedang bekerja karena saya dapat dengan mudah menempatkannya dalam deret daftar artikel yang akan saya baca nanti.

James Altucher

“Tidak” adalah kata yang manjur, kata yang produktif (dia juga menulis buku tentang ini). Kita merasa bahwa kita diwajibkan untuk selalu mengatakan ya terhadap semua hal, lalu kita bertanya-tanya mengapa kita selalu tidak memiliki cukup banyak waktu.

Belajar mengatakan tidak — “Tidak, terima kasih” lebih khususnya – akan memberikan anda energi dan menggairahkan anda. Pergunakan sesuai yang anda bisa.

Montaigne

Dari Montaigne saya belajar pentingnya membuat “commonplace book” atau tempat penyimpanan sumber ide, kutipan, anekdot, dan informasi yang anda temui. Jika ada suatu hal yang mengalihkan perhatian anda, tuliskanlah dan rekam dan simpan di suatu tempat. Pergunakan nanti pada waktunya. Sesederhana itu.

Andrew Carnegie

Dia memiliki pengalaman bagus “diperkenalkan pada pekerjaan kasar” pada usianya yang masih dini. Dalam kata lain, kita perlu mengetahui dengan baik tugas yang bahkan paling rendah sekalipun. Tidak berarti anda harus mengerjakannya, tapi anda perlu mengetahuinya.

Aaron Ray

Aaron Ray adalah mentor saya di Hollywood. Dia adalah seorang produser film dan manajer yang sukses, namun saya menyadari satu hal: Dia tidak pernah berada di kantor. Dan dia selalu memiliki alasan yang aneh mengapa dia tidak ada disana.

Akhirnya, saya mengetahui mengapa: Dia memang menghindari untuk berda berada di kantor BS yang selalu menghisap sebagian besar waktu orang-orang. Dengan cara menjauhinya, dia bisa lebih banyak menyelesaikan pekerjaannya. Dia dapat melihat gambaran yang lebih luas.

Dan sebagai bonus extra, setiap orang selalu berbicara tentang: “Dimana Aaron? Apakah ada yang melihatnya?”

Nassim Taleb

Berbicara tentang buku, dari Nassim Taleb saya belajar tentang “anti perpustakaan.” Jangan hanya mengkoleksi buku yang sudah anda baca, koleksi juga buku-buku yang belum pernah anda baca. Itu adalah bentuk perwujudan dari apa yang tidak anda ketahui dan sebagai sumber kapanpun ketika anda memerlukannya.

Tucker Max

Saya rasa Tucker adalah orang yang daftar lagunya saya tiru dan yang sering saya dengarkan. Lagu-lagu ini membuat anda menerawang dan masuk ke dalamnya mengikuti aliran. Daftar lagu iTunes milik saya sebenarnya memalukan, namun saya tidak peduli. Mendengarkan lagu yang sama beratus kali membuat saya bisa melakukan banyak hal.

Samuel Zemurray

Pengusaha dibalik perusahaan United Fruit di Amerika (dan salah satu buku favorit saya) mengatakan: “Jangan percaya pada hasil laporan.”

Kita membuang banyak waktu dengan mempercayai angka dan opini yang tidak pernah kita pastikan kebenarannya. Mundur kebelakang melihat hal-hal yang sudah lewat dan melakukan hal berlebihan menghabiskan banyak biaya lebih dari yang bisa kita hemat dibandingkan dengan melewatkan pekerjaan tersebut.

Tim Ferriss

Tambahan lagi dari Tim: anda tidak perlu menjadi yang pertama melakukan pendaftaran (Sign Up) pada suatu program baru. Tunggu sedikit lebih lama sebelum akan mencoba suatu aplikasi dan media sosial baru. Bersabar sampai dia bisa memilah dirinya sendiri, biarkan orang lain melakukan uji coba “trial and error,” dan ketika anda akan mencobanya, jadilah yang terbaik.

Anonim

Saya lupa siapa yang memberikan ide ini, yaitu jangan pernah menggunakan atau membayar layanan Wifi saat di pesawat. Hilangkan gangguan selama dalam penerbangan. Tangkap suatu ide yang terlintas. Pikirkan. Baca.

Adam Corolla

Dalam setiap program radio, Adam terbiasa dikomplain oleh produsernya agar dia tiba 15 menit sebelum acara dimulai. Bentuk penolakannya sederhana: Setiap minggu menambahkan waktu extra – tanpa dibayar.

Orang-orang penting dapat menyelesaikan berbagai hal dalam “hanya 15 menit” jadi mereka tidak memberikan waktu tersebut secara cuma-cuma. Dan mereka tidak peduli terkesan buruk demi menjaga prinsip tersebut.

Niki Papadopoulos

Editor saya selalu berkata: “Oke, baik, coba untuk langsung menjalankannya.” Dalam arti lain, dia menyiratkan “Mulailah.” Dia selalu mengatakan hal ini setelah anda menjelaskan beberapa lintasan ide besar untuk buku atau bagian untuk suatu artikel.

Perencanaan adalah hal yang bagus, namun orang-orang produktif segera menjalankannya.

Frederick Douglass

“Seorang pria bekerja berdasarkan apa yang dia kerjakan.” Hindari area tidak stabil, lingkungan kerja yang beracun, pekerjaan yang menyibukkan dan masalah-masalah yang tidak terselesaikan.

James Altucher

Pengusaha dan penulis adalah orang gila. Untuk menyelamatkan diri anda dari berjam-jam waktu terbuang percuma dan dari kegilaan, carikan diri anda seorang istri yang lebih baik dalam menyesuaikan dan menyeimbangkan diri dibanding anda. James dan istrinya Claudia adalah contoh inspirasi pasangan yang bagus.

Aaron Ray

Sebagai manajer bertalenta, Aaron memperlihatkan kepada saya mengapa anda tidak perlu membuang waktu anda, atau uang anda sendiri, saat melakukan negoisasi anda sendiri. Ini bekerja baik untuk saya.

Saya menyerahkan kumpulan permintaan masuk kepada agen pembicara, proyek buku ke agen buku, permintaan wawancara ke seorang asisten, hal-hal berkaitan dengan film/TV kepada Aaron, dan lain sebagainya. Ya, ini berarti anda harus membayar mereka, tapi coba bayangkan? Semua layanan baik (tentu dengan kualitas yang lebih bagus) memerlukan biaya. Hanya orang-orang ceroboh yang menjalankan semua hal itu sendiri.


 

Print Friendly, PDF & Email