“Mendapatkan follower dan menjadi populer di Instagram akan lebih efektif jika kita menggunakan cara-cara yang alami, bukan dengan cara instan. Aktif berinteraksi dengan akun yang anda gunakan dan memberikan respon berdasarkan keinginan dan ketertarikan anda sendiri secara tidak langsung membangun citra positif tentang apa yang anda bagikan di Instagram”

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Jayson Demers

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Jika anda baru bergabung di media sosial berbagi foto Instagram, memposting sebuah foto kadang bisa membuat frustasi. Ketika anda begitu bersemangat dan berupaya keras mendapatkan sebuah foto, namun ternyata hanya sedikit saja yang memberikan “Like” dari follower yang jumlahnya juga hanya segelintir saja, tentu mudah membuat anda berkecil hati. Meskipun demikian jangan cepat menyerah. Ada jalan untuk mengatasinya. Dari berbagai penelitian yang telah ada, diketahui bahwa media sosial memberikan beberapa potensi keuntungan jika anda bisa menemukan penerapan yang tepat dimana tetap berdasarkan inisiatif anda sendiri.

Artikel ini akan membantu anda mengatasi bagaimana cara agar lebih populer dan mendapatkan banyak follower di Instagram. Terdapat 50 ide yang berpotensi menambah jumlah follower anda. Tidak hanya secara pasif, namun juga follower yang aktif berinteraksi memberikan komentar dalam postingan anda. Anda akan menyadari bahwa banyak dari ide-ide dibawah ini berfokus pada peningkatan ketertarikan (berupa komentar atau tanda Like). Dan itulah mengapa ketertarikan secara alami membawa banyak follower.

follower di instagram

Seiring anda mulai menerapkan strategi-strategi di bawah ini, ingatlah selalu bahwa tidak ada yang bisa menggantikan ketekunan memposting gambar-gambar yang kreatif dan relevan yang disukai oleh para audien anda. Gunakan tips-tips dibawah ini dengan baik, dan selalu ingat bahwa meningkatkan keterikatan adalah tujuan utama yang ingin anda capai dalam jangka panjang.

  1. Pergunakan hastag yang terdengar akrab dan mudah dikenal untuk meningkatkan follower seperti: #mancingmania, #reuni, #kuliahsambilkerja, #followback dan lain-lain.
  2. Sama seperti ratusan foto acak dari orang-orang yang anda targetkan, Neil Patel telah menggunakan strategi dalam tautan ini dan menemukan bahwa untuk setiap 100 Like yang dia berikan, dia menerima 6 atau lebih follower.
  3. Adakan sebuah kontes di Instagram. Salah satu cara termudah adalah dengan memposting sebuah gambar promosi kontes dan anda bisa memberitahukan bagi mereka yang ingin ikut serta. orang-orang harus memberikan Like pada gambar kontes tersebut.
  4. Promosikan akun Instagram anda di akun media sosial anda lainnya. Beritahu orang-orang apa yang bisa mereka dapatkan jika mereka memfollow anda (contoh: cerita dibalik foto, saling menilai foto, kupon tertentu, dll).
  5. Berikan Like dan komentar untuk foto pengguna lain. Ini adalah cara paling alami untuk mendapatkan follower baru.
  6. Pergunakan hastag populer agar memudahkan pencarian foto anda di kolom pencarian. Beberapa paling populer seperti #love, #savemangrove, #happybirtdhay, #happyholiday, dan #photooftheday.
  7. Posting foto antara jam 2am atau 5pm. Penelitian membuktikan bahwa ini adalah waktu paling efektif untuk membagikan postingan.
  8. Cari dan follow orang-orang yang menggunakan hastag populer seperti #followme dan #likeforlike. Banyak orang yang akan memfollow balik anda.
  9. Ingatlah selalu bahwa kualitas selalu mengalahkan kuantitas. Perbaiki akun anda dan sisakan hanya koleksi foto-foto terbaik anda. Tidak ada seorangpun yang ingin memfollow seseorang dengan foto-foto yang tidak penting ataupun acak tidak tentu kategorinya.
  10. Pergunakan filter Mayfair. Berdasarkan hasil dari Track Maven Fortune 500 Instagram, Mayfair adalah filter paling efektif untuk memasarkan foto atau gambar.
  11. Pastikan kembali data biografi anda cukup lengkap. Termasuk kata kunci dan hastag yang relevan, dan mungkin sebuah backlink ke sebuah situs yang anda miliki. Dan yang utama jangan melakukan spam. Bisa dijamin jika anda melakukan kegiatan spam, orang-orang yang membaca profile anda tidak akan memfollow anda.
  12. Buat pertanyaan di judul foto anda. Ini salah satu cara yang bagus untuk meningkatkan ketertarikan orang-orang yang melihatnya.
  13. Buat postingan di hari Minggu. Di hari minggu sedikit orang yang memposting gambar. Jadi mempostingnya di hari minggu membuat gambar anda lebih banyak dilihat oleh orang-orang.
  14. Tetaplah konsisten. Ketahui alasan dibalik anda memposting sebuah gambar dan kepada siapa anda tujukan foto tersebut. Sikap anda yang konsisten pada bagaimana cara anda menggunaan Instagram akan membuat semakin banyak orang yang melihatnya dan juga semakin meningkatkan jumlah follower anda.
  15. Pergunakan sebuah aksi timbal balik dalam judul foto anda. Buat follower anda tertarik dengan sebuah pertanyaan agar mereka mau meresponnya (Contoh: apa yang anda pikirkan ketika melihat foto ini?)
  16. Jangan takut memposting terlalu sering. Mungkin anda mengira jika sampai memposting beberapa foto dalam satu hari akan menyebabkan ketertarikan orang-orang menjadi rendah. Namun berdasarkan laporan dari Union Metrics, tidak ada kaitan antara jumlah foto yang diposting dengan jumlah ketertarikan orang-orang,,, setidaknya bukan dari sisi yang negatif.
  17. Follow juga akun-akun dengan status “Suggested User.” Di versi Instagram terbaru, Suggested User muncul secara otomatis di bagian atas ketika berada di halaman Home. Jika memang berpotensi, tidak ada salahnya memfollow mereka.
  18. Pergunakan Olapic (dulu disebut Piqora) untuk mengetahui bagaimana menentukan kategori foto apa saja yang banyak menarik ketertarikan orang-orang. Kemudian posting lebih banyak lagi foto-foto yang memiliki kesamaan dengan kategori tersebut.
  19. Pergunakan geotagging atau penanda lokasi pada gambar anda, khususnya jika anda seorang pengusaha lokal. Ketika anda menandai lokasi dari setiap foto anda, orang-orang yang memposting dari daerah atau tempat yang sama dengan anda akan bisa melihatnya di tampilan halaman lokasi. Ini adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pengguna-pengguna lokal.
  20. Pergunakan Latergramme untuk menjadwalkan postingan Instagram anda. Posting secara konsisten adalah kunci untuk menambah follower anda dari waktu ke waktu.
  21. Membuat ikatan. Semua tips, trik dan strategi yang ada tidak bisa mengalahkan hubungan keterikatan yang telah terbentuk. Jangan sembarangan memberikan Like pada sebuah foto, namun haruslah benar-benar berdasarkan ketertarikan anda. Tinggalkan komentar yang berbobot di setiap foto yang anda sukai. Selain itu rutinlah menemukan orang-orang baru untuk di-follow dan buat mereka terikat dengan selalu merespon setiap komentar dan pertanyaan yang diberikan.
  22. Gabungkan beberapa foto dalam sebuah bingkai untuk memaksimalkan ikatan. Pergunakan utiliti tambahan seperti PicFrame untuk menggabungkan sampai sembilan foto atau video dalam satu file.
  23. Minta seseorang yang memiliki pengaruh untuk mengutip atau memberikan tag pada produk anda. Jika anda mengenal seorang pengguna Instagram yang cukup populer, minta tolong mereka untuk menyelipkannya. Cara ini cukup ampuh, dan seringkali membawakan banyak follower-follower baru.
  24. Posting foto-foto yang memiliki nuansa warna biru. Beberapa penelitian menunjukkan foto dengan nuansa warna biru, 24% lebih banyak disukai dari pada foto-foto yang memiliki nuansa warna oranye atau merah.
  25. Posting setiap hari Rabu. Foto yang diposting setiap pertengahan minggu mendapatkan lebih banyak ketertarikan dibandingkan dengan yang diposting di hari lainnya.
  26. Pergunakan kata “Komentar” di judul anda. Dari beberapa penelitian diketahui cara ini bisa meningkatkan jumlah komentar dibanding dengan yang tidak menggunakannya.
  27. Ambil gambar wajah dalam foto anda. Dan Zarella menemukan bahwa foto dengan gambar wajah mendapatkan 35% lebih banyak tanda Like dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.
  28. Tambahkan tag orang-orang yang memang relevan. Cara ini memastikan foto-foto akan muncul dalam dinding foto pengguna, dan memiliki kemungkinan untuk disukai juga dan disebarluaskan kembali.
  29. Semakin cerah semakin baik. Foto-foto yang memiliki tingkat kecerahan cahaya 65%-85% mendapatkan 24% lebih banyak Like dibandingkan dengan yang menggunakan tingkat kecerahan dibawah 45%.
  30. Buat sebuah hashtag yang menonjolkan sebuah brand. Dan kemudian dorong follower anda untuk ikut serta menggunakannya. Cara ini membuat follower anda ikut serta dalam brand yang anda ciptakan dan meningkatkan kemungkinan dilihat oleh banyak orang pada waktu yang sama.
  31. Bagikan foto-foto dibalik layar pembuatannya. Foto yang diambil diam-diam atau tanpa diketahui menyampaikan kepribadian dibalik brand yang anda bawakan. Bagikan gambar-gambar yang memperlihatkan bahwa ada orang-orang yang memang bekerja dibalik logo atau brand tersebut.
  32. Undang seorang tamu (bukan follower) untuk ikut posting dalam akun anda. Jika anda memiliki koneksi dengan seorang pengguna Instagram yang berpengaruh, pertimbangkan meminta mereka untuk memposting dalam akun anda. Cara ini bisa digunakan untuk orang-orang yang memiliki ketertarikan sekilas, namun tidak ingin terlalu terikat dengan menjadi follower.
  33. Pertimbangkan untuk tidak menggunakan filter. Beberapa penelitian menganjurkan foto-foto tanpa filter mendapatkan paling banyak keterikatan.
  34. Bagikan kembali foto-foto dari pengguna lain. Membagikan ulang foto-foto dari follower anda, khususnya mereka yang menyelipkan produk anda adalah hal yang sangat penting. Cara ini akan mendorong orang lain untuk ikut membagikan foto-foto dari produk anda juga.
  35. Promosikan akun Instagram anda kepada pelanggan email anda. Secara periodik bagikan foto dalam newsletter anda dan tautkan dengan akun Instagram anda.
  36. Promosikan nama Instagram anda pada bahan-bahan fisik pemasaran seperti: tanda pengenal, stiker mobil, brosur produk dll.
  37. Follow semua teman anda di Facebook maka akan banyak juga yang akan mem-follow anda. Untuk melakukannya masuk ke menu Setting, kemudian cari menu pilihan “Find friends on Facebook.”
  38. Pergunakan tepian dan struktur dalam foto anda. Foto-foto dengan banyak tepian mendapatkan 125% lebih banyak Like dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.
  39. Sampaikan sebuah cerita di dalamnya. Gunakan judul foto anda untuk memberitahukan sebuah cerita yang menarik. Penyampaian cerita membantu membangun hubungan emosi di dalam brand atau produk anda. Menangkap sebuah cerita di dalam foto, akan memudahkan sebuah foto untuk disukai dan dibagikan oleh orang-orang yang melihatnya.
  40. Jika anda sedang berada di sebuah acara “Live” dan mendapatkan beberapa foto, sertakan tag yang mudah dikenal untuk meningkatkan kemungkinan untuk dilihat dan dibagikan.
  41. Pergunakan Iconosquare (sebelumnya bernama Statigram) untuk mengukur tingkat pertumbuhan akun anda. Temukan foto-foto mana yang paling disukai dan posting sesering mungkin.
  42. Pergunakan software bantu seperti Aviary untuk meng-crop foto, menambahkan bingkai atau efek, atau hanya agar foto anda bisa muncul otomatis.
  43. Gunakan kata “Like” atau “Suka” pada judul anda. Beberapa penelitian memberitahukan cara ini bisa meningkatkan kemungkian mendapatkan Like sebesar 89%.
  44. Buat perencanaan, persiapan dan pelaksanaannya. Sama dengan nilai-nilai kehidupan yang sudah umum, menjalankan inisiatif anda sendiri adalah kesempatan terbaik menuju keberhasilan. Buatlah rencana tentang bagaimana anda akan menggunakan Instagram, lalu buatlah suatu jadwal agar anda tetap berada di jalur yang ingin anda capai.
  45. Posting foto dengan kata-kata bijak atau kata-kata yang menarik dengan menggunakan aplikasi Canva. Foto yang diselipi dengan kata-kata, banyak bermunculan di berbagai media sosial. Bisa berupa dorongan motivasi, inspirasi ataupun yang bersifat humor.
  46. Sambungkan akun Instagram anda dengan daftar kontak anda. Caranya adalah dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih menu “Find Contacts.” Instagram akan secara otomatis mencari daftar kontak anda yang juga menggunakan Instagram.
  47. Berelasi dengan pengguna Instagram yang berpengaruh. Cari sebuah hashtag yang relevan dengan usaha anda, dan tentukan akun-akun yang memiliki banyak follower. Sampaikan sebuah komentar yang berbobot dalam postingan mereka dan mulailah untuk mengembangkan relasi anda. Anda tidak akan pernah tahu kemana relasi ini bisa membawa anda.
  48. Gunakan utiliti seperti Crowdfire untuk menganalisa bagaimana dampak postingan Instagram anda pada laporan statistik.
  49. Kembangkan sebuah kerjasama promosi dengan pengguna lain. Temukan pengguna yang memiliki kemiripan jumlah follower dan adakan kerjasama untuk saling men-tag atau me-mention dalam suatu postingan.
  50. Bangun sebuah komunitas dengan menggunakan sebuah hastag yang unik. Buat sebuah tantangan atau kampanye dimana komunitas anda bisa ikut berpartisipasi. Di tautan ini terdapat beberapa cara untuk membuat hashtag kampanye anda sendiri.

Namun penting untuk selalu diingat bahwa memiliki jumlah follower yang banyak tidaklah bermanfaat jika anda tidak meluangkan waktu anda untuk berinteraksi di dalamnya. Dan pada akhirnya, bisa mengajak follower berubah menjadi pelanggan produk anda adalah yang menjadi tujuan utamanya. 50 tips yang telah disampaikan diatas akan membantu anda membangun relasi dan memfasilitasi keterikatan abadi dengan follower anda.

 

Print Friendly, PDF & Email