“Saat anda menggunakan browser Google Chrome, anda diberikan dua pilihan. Antara kenyamanan atau kehabisan memori”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Whitson Gordon

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Chrome mungkin browser terbaik saat ini, tapi pemakaian memori RAMnya seperti kalkun yang akan ditangkap saat perayaan Thanksgiving. Jika anda pernah mengecek Task Manager, anda mungkin menemukan kinerja Chrome yang mencolok dan jumlah memori yang mereka telan yang menyebabkan Google Chrome sangat berat. Berikut ini adalah penyebab mengapa Chrome menggunakan begitu banyak RAM dan bagaimana cara membatasinya.

Google Chrome Sangat Berat

Chrome usage RAM

Mengapa Google Chrome Sangat Berat Dan Apa Saja Yang Dilakukannya Dengan Semua RAM Tersebut

Penjelajahan Web telah menjadi hal rumit melebihi apa yang orang-orang percayai. Coba pikirkan seperti ini: Ketika anda menggunakan komputer, kebanyakan dari apa yang anda kerjakan di dalam browser, dari membuka tab untuk menonton video atau menggunakan web aplikasi atau ekstensi yang terintegrasi seluruhnya pada proses browser, merupakan susunan dari proses yang sangat banyak.

Chrome memisahkan setiap tab, plugin, dan ekstensi ke dalam prosesnya masing-masing, jadi jika salah satu mengalami crash – seperti pada program Flash-nya – hal itu tidak akan mempengaruhi keseluruhan halaman web, atau semua tab yang anda buka. Hal ini menyebabkan penggunaan memori atau RAM menjadi lebih tinggi, karena memerlukan penggandaan beberapa tugas untuk setiap tab. Namun hal inilah yang membuatnya terasa nyaman untuk digunakan.

Terdapat juga beberapa proses lain yang terjadi dibelakang layar. Fitur prerendering Chrome sebagai contoh, dapat menyebabkan penggunaan memori yang tinggi, yang di sisi lain berarti halaman web anda akan di-load dengan lebih cepat. Ekstensi tertentu atau situs web mungkin juga menyebabkan kebocoran memori, yang mana tidak bisa “dibersihkan” ketika anda telah selesai menggunakannya, sehingga menyebabkan penggunaan RAM menjadi tinggi setiap waktu.

Dan tentu saja, semakin banyak tab, ekstensi, dan plugin yang anda buka, instal, dan dijalankan, semakin banyak juga penggunaan memori oleh Chrome.

Jadi memang benar Chrome menggunakan begitu banyak RAM, tapi itu dengan suatu alasan: untuk kenyamanan anda. Sebagian besar dari kita sudah terbiasa membuka banyak tab dan cepatnya men-load suatu halaman web, dan harga yang harus kita bayar untuk mendapatkan hal itu adalah dari pemakaian ber-gigabit RAM. Ini bukan menunjukkan Chrome tidak bisa menggunakan optimisasi memori – sebenarnya mungkin bisa – namun ini merupakan suatu bentuk masa depan dari penjelajahan web.

Penggunaan RAM Yang Tinggi Adalah Baik (Biasanya)

Melihat angka-angka yang tinggi di kolom Task Manager mungkin cukup membuat terkejut, namun sangat penting juga untuk mengingat bahwa RAM yang bebas adalah RAM yang tidak berguna. RAM ada untuk suatu alasan: jika komputer anda dapat menyimpan banyak hal di memori dalam jangka pendek, kemudian memanggilnya kapan saja dengan cepat. Dan jika komputer anda tidak memerlukannya, proses tersebut akan dikeluarkan agar tersisa ruang untuk program lain yang memerlukan sumber daya tersebut.

Jadi, dengan logika tersebut, penggunaan RAM yang hampir sepenuhnya dapat merupakan hal yang baik. Tetapi dapat menjadi hal yang buruk saat penggunaan RAM tinggi secara tetap atau terus menerus dan memperlambat kinerja komputer anda. Jika apa yang sedang anda lakukan memerlukan lebih banyak RAM dibandingkan dengan yang disediakan oleh komputer anda, hal ini akan menyebabkan terjadinya pertukaran proses dari memori ke hardisk komputer, yang mana lebih lambat.

Sebagai catatan tambahan: jangan salah menyimpulkan saat Chrome menggunakan banyak memori. Jika memang penggunaan RAM-nya begitu banyak dan membuat komputer semakin lambat, mungkin memang ada masalah dalam komputer anda.

Bagaimana Membatasi Kerakusan Chrome

Anda telah mengetahui mengapa Chrome menggunakan begitu banyak RAM dan anda juga tahu kadang-kadang hal tersebut bukanlah masalah. Namun jika ternyata ini membuat komputer anda menjadi lambat, anda memiliki dua solusi: turunkan penggunaan memori Chrome atau beli RAM baru yang lebih tinggi untuk komputer anda.

Hal terakhir adalah langkah yang paling mudah dilakukan untuk komputer desktop (dan juga jangan lupa sediakan uangnya), namun sulit jika untuk laptop karena seringkali memorinya tidak bisa di-upgrade. Jadi, anda harus mundur ke rencana B: mengorbankan beberapa kenyamanan demi menyisakan ruang kosong untuk RAM.

Temukan Apa Yang Menguras RAM Dan Segera Tutup

Untuk memulainya, buka browser Chrome dan tekan Shift + Esc (Pada Mac, pilih Windows -> Task manager). Nanti akan muncul jendela Task Manager dari Chrome, yang menampilkan informasi akurat dari berapa banyak memori yang digunakan masing-masing tab, plugin, dan ekstensi. Anda dapat mengklik kolom “Memory” untuk mengurutkannya sesuai dengan penggunaan RAM paling tinggi ke yang paling rendah.

usage - Google Chrome Sangat Berat

Chrome RAM usage

Ketika anda sudah mencobanya, anda dengan segera akan tahu dari mana memulainya. Mungkin anda perlu menutup tab Gmail, atau sebuah ekstensi yang tidak wajar menggunakan begitu banyak memori. Jika memang hal itu penyebabnya, hapus saja dari halaman ekstensi browser Chrome.

Jaga Plugin Anda Tetap Baik Dengan “Click-to-Play”

Jika plugin seperti Flash menggunakan terlalu banyak RAM, anda mungkin dapat mengaktifkan Click-to-Play, yang membuat plugin (seperti video play, games dan iklan) berhenti berjalan sampai anda mengkliknya. Untuk melakukannya, masuk ke halaman setting dari Chrome, klik Content Setting dan pilih “Let me choose when to run plugin content”. Anda juga dapat mengatur pengecualian untuk beberapa situs tertentu (seperti YouTube, yang mungkin membuat Flash agar selalu berjalan) atau plugin tertentu (seperti Chrome PDF viewer).

Batasi Penggunaan Tab Dengan Ekstensi Pembebas Memori

Tentu saja, beberapa dari kita memang sudah terbiasa menggunakan banyak tab. Jika memang seperti itu, terdapat beberapa ekstensi yang dapat membantu anda. Menginstal kembali ekstensi untuk membatasi penggunaan RAM mungkin terlihat berlawanan, tapi percayalah, hal ini dapat memberikan dampak yang cukup signifikan.

The Great Suspender” adalah ekstensi keren yang meng-unload tab setelah berstatus tidak aktif selama beberapa waktu. Mereka masih ada di tab bar, mereka nantinya akan memerlukan waktu yang sedikit lebih lama ketika dibuka kembali. Jika anda memilih untuk membiarkan banyak tab tetap ada agar dapat kembali dibuka kapan saja, maka ektensi ini dapat membantu anda.

Aplikasi lain yang juga hampir mirip adalah “OneTab”, yang bekerja dengan fungsi yang sama, namun tidak otomatis. Saat anda memiliki beberapa tab yang tidak anda gunakan sampai suatu waktu, anda dapat mengklik tombol OneTab untuk menutup semua tab dan membuka satu buah tab yang memiliki link dari masing-masing tab sebelumnya. Dengan cara itu, ketika anda ingin menggunakannya kembali, anda dapat kembali membuka tab yang diinginkan. Hal ini akan dapat mengurangi kekusutan dan membuatnya terlihat lebih rapi.

Cobalah bermain-main dengan semua solusi diatas dan temukan salah satu cara yang cocok dengan kebiasaaan anda. Dan yang pasti anda ketahui, ada beberapa pengorbanan yang mau tidak mau anda harus dilakukan. Apakah itu dengan menutup beberapa tab, menghapus ekstensi, atau membeli laptop baru. Semuanya terserah pada anda.

 

Print Friendly, PDF & Email