“Chromebook berbeda dengan laptop biasa. Chromebook adalah laptop yang berbasis web. Anda perlu terkoneksi dengan internet untuk dapat menggunakannya secara optimal. Pastikan anda benar-benar memahaminya sebelum anda membelinya, terutama jika anda seorang pelajar sekolah”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Alan Henry

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Banyak hal yang bisa kita sukai dari Chromebook. Mereka perangkat yang bersahabat dengan kantong, memiliki banyak pilihan, dan cukup bermanfaat untuk menyelesaikan sesuatu. Jika anda seorang pelajar yang mencari laptop untuk keperluan sekolah, mereka mungkin sangat menarik. Bagi beberapa pelajar, chromebook adalah pembelian yang cerdas, namun bagi orang lain, chromebook bisa saja menjadi mimpi buruk bagi mereka. Mari kita lihat apakah anda akan menyukainya.

chromebook

Chromebook dari Samsung

Pertama, Pahami Apa yang Kamu Dapatkan Dari Sistem Operasi Chrome

Dari berbagai sudut pandang, chromebook hanyalah sebuah laptop. Tentu, mereka memiliki spesifikasi yang berbeda dengan laptop sebelumnya yang ditenagai prosesor Intel, meninggalkan kesan notebook, namun fitur besar yang membedakan mereka adalah Sistem Operasi Chrome.

Sistem Operasi Chrome, esensialnya merupakan browser atau perambah Chrome dalam bentuk sistem operasi. Didesain agar akun Google digunakan sebagai pusat atau sentral dari seluruh pekerjaan anda, dan menyimpannya semua dalam layanan cloud. Sebagian besar aplikasi yang akan anda gunakan berbasiskan web, dan hampir semua dari aplikasi itu menyimpan datanya secara online. Itulah keindahan dari Sistem Operasi Chrome: Jika sesuatu terjadi pada laptop anda, idealnya anda akan terbackup dan bisa dengan segera menggunakannya kembali hanya dengan melakukan log-in dari komputer lain.

Itu semua kehebatan yang diberikan jika berbicara tentang backup dan keamanannya, namun juga berarti bahwa Chromebook datang dengan batasan yang cukup serius. Semenjak mereka didesain sebagai “terminal” dibandingkan sebagai komputer utama, mereka tidak memiliki komponen pengolah grafis yang memadai, mereka secara umum tidak menawarkan berton-ton kapasitas penyimpanan data, dan seringkali menggunakan prosesor dengan daya rendah. Beberapa diantaranya mungkin memiliki layar dan keyboard kualitas tinggi, namun mereka masih memiliki kekurangan dibandingkan dengan laptop pada umumnya. Situs perbandingan Chromebook pada tautan ini dapat membantu anda menelusuri spesifikasi Chromebook, dan melihat apa yang “normal” ketika membandingkannya dengan laptop yang lain.

Ini berarti apapun spesifikasi rekomendasi laptop sekolah anda, seperti yang kami singgung dalam tautan panduan memilih laptop untuk sekolah ini, anda mungkin perlu sedikit mengukur ulang mengingat fakta bahwa sebagian besar pekerjaan di Chromebook dilakukan melalui web. Ini berarti anda perlu menyesuaikan kenyamanan karena setiap hal yang anda lakukan akan membutuhkan koneksi online (dalam layanan “cloud” ) dan anda perlu mempercayakannya kepada Google, yaa, semuanya kepada Google (Itu adalah permintaan yang sulit bagi banyak orang). Namun, jika anda baik-baik saja dan tidak bermasalah dengan hal itu, mereka dapat menjadi mesin kecil yang hebat.

Siapa yang Tepat Menggunakan Chromebook

Dengan segala faktor-faktor yang ada diluar itu, Chromebook adalah laptop yang ideal bagi sebagian besar pelajar lebih dari yang anda pikirkan. Secara umum mereka terjangkau, dan meskipun sistem operasi Chrome tidak benar-benar sistem operasi yang super flexibel, mereka cukup matang dan kuat bagi anda untuk melakukan apapun yang anda butuhkan, khususnya jika dunia anda sebagian besar berkutat di sekitar web. Berikut ini beberapa tipe pelajar sekolah yang diuntungkan dengan adanya Chromebook:

  • Pelajar yang melakukan segalanya dari web

Bagi sebagian besar dari kita, kebanyakan peralatan dan layanan yang kita gunakan ada di web, atau sudah ada aplikasi berbasis web yang sangat bagus yang dapat kita gunakan dibandingkan dengan menggunakan program yang diinstal secara lokal. Kita semua memilki akun Google, gunakan email, gunakan loker web untuk menyimpan foto-foto kita (seperti Google Photos atau Flickr), bekerja dengan menggunakan perlengkapan office online gratis seperti Google Docs, gunakan Facebook dan Twitter, dengarkan musik streaming menggunakan Spotify atau Google Music, dan menonton film streaming dari Netflix atau Hulu. Meskipun anda bersumpah anda tidak bisa menemukan aplikasi berbasis web yang dapat menggantikan aplikasi favorit anda, ada kemungkinan besar dari suatu sumber bahwa masalah tersebut bisa diatasi. Jika sebagian besar dari pekerjaan anda dilakukan secara online, chromebook akan membantu anda mengerjakan apapun yang anda butuhkan.

  • Pelajar yang memiliki akses internet yang cukup bisa diandalkan

Meskipun Sistem Operasi Chrome memiliki beberapa kemampuan dan aplikasi offline (tidak tersambung ke internet), sebagian besar kemampuannya berasal dari keterkoneksiannya dengan internet. Data dan perubahan yang anda lakukan semua tersimpan dan dibackup otomatis dalam akun Google anda. Tentu saja, ini berarti akses internet yang bisa diandalkan adalah suatu keharusan untuk dapat menggunakan potensi Chromebook secara sepenuhnya. Jika, sekolah anda diselimuti oleh jaringan Wi-Fi kecepatan tinggi dan penyediaan port internet yang banyak, anda berada pada kondisi yang tepat.

  • Pelajar yang menginginkan satu komputer untuk kemana saja dan satu yang lain untuk digunakan sebagai komputer tetap dalam rumah

Satu hal hebat dari Chromebook adalah mereka benar-benar terjangkau. Satu buah unit yang bagus hanya menghabiskan beberapa ratus dolar uang anda, dibandingkan dengan ribuan dolar yang anda habiskan untuk mendapatkan sebuah laptop biasa yang bagus. Ini berarti akan lebih murah memiliki dua buah komputer: sebuah Chromebook untuk dibawa bekerja kemana saja dan komputer biasa untuk digunakan di rumah. Jadi, jika anda ingin merakit komputer sendiri untuk gaming atau editing video, namun anda masih lebih menyukai menggunakan sesuatu daripada menggunakan tablet untuk mencatat sesuatu atau mengambil kamus dan menulisnya dalam kertas, sebuah Chromebook adalah pilihan yang tepat yang tidak menguras kantong anda. Plus, mereka selalu dalam keadaan hidup, selalu ter-backup alami yang berarti anda bisa mendapatkan catatan dan surat anda dari Chromebook dari komputer lain ketika anda membutuhkannya.

  • Pelajar yang tidak terlalu sering memainkan video game (atau melakukannya tapi tidak di Chromebooknya)

Gaming dengan Chromebook tidak bisa terlalu diharapkan, kecuali game yang anda mainkan dasarnya berbasiskan web. Seperti yang pernah kita singgung, jangan berharap tinggi pada kartu grafis di Chromebook, atau bahkan ketersediaannya pada platform seperti Steam (Distibutor permainan digital milik Valve) kecuali anda memutuskan untuk menginstalnya dengan Linux. Meskipun begitu, para pemain game PC bisa menggunakan Chromebook untuk bekerja, dan kemudian menyimpan permainannya dalam PC gaming, seperti yang kita sebutkan diatas, atau dalam suatu console game jika anda menginginkannya. Chromebook dapat menjaga anda tetap bekerja dan produktif ketika anda keluar atau kapanpun. Ketika anda dirumah, anda bebas menggunakannya untuk apa saja.

Banyak orang jatuh hati pada kategori ini lebih dari yang anda bayangkan. Bagaimanapun juga, setiap tahun para pelajar menghabiskan ribuan dolar untuk laptop dan hanya menggunakan untuk membuka Facebook, Google Docs, Netflix, dan Spotify. Para pelajar tersebut dapat merasakan pengalaman yang sama, atau bahkan lebih baik, dengan sebuah Chromebook yang lebih terjangkau. Plus, mereka tidak perlu merasa khawatir tentang isu backup dan keamanan seperti malware atau adware. (Kami tidak mengatakan anda tidak harus mengkhawatirkan semuanya, tapi setidaknya mengurangi).

Mana Yang Lebih Baik Laptop Windows Traditional atau Mac

Tentu saja, meskipun Chromebook bagus untuk sebagian besar orang, ada orang-orang yang menganggap mereka bukanlah pilihan yang tepat. Mungkin anda memerlukan kemampuan lebih, atau mungkin ada sesuatu hal yang spesifik yang anda ingin dapatkan dalam laptop anda. Berikut ini beberapa orang yang sebaiknya membeli laptop selain Chromebook:

  • Pelajar yang membutuhkan aplikasi sekolah atau yang lebih spesifik

Jika sekolah atau jurusan anda menyarankan untuk menggunakan peralatan yang spesifik atau sistem operasi tertentu dalam kelas, chromebook tidak akan mendekatkan anda dengan profesor pengajar anda. Malahan, nantinya akan menjadi halangan yang harus anda lewati. Jika setiap orang dalam kelas menggunakan software spesial CAD, atau profesor desain anda mengajar dengan Photoshop dan anda menggunakan Pixlr, anda dalam posisi tidak menguntungkan, dan percayalah, tidak ada seorangpun yang akan tertarik membantu anda dalam hal itu.

  • Pelajar yang memerlukan port, tenaga prosesor lebih, atau tidak menemukan aplikasi web yang tepat

Persisnya, jika anda tidak menemukan aplikasi berbasis web yang menyamai program favorit desktop anda, atau hal-hal yang biasanya anda lakukan memerlukan mesin prosesor kinerja cepat (gaming, editing video, encoding audio, dll), maka chromebook mungkin tidak tepat untuk anda. Hampir sama juga, jika anda memerlukan banyak fungsi keterhubungan dengan berton-ton perangkat, atau membutuhkan port spesial seperti Thunderbolt, maka selamat. Anda mungkin terperosok dalam keadaan “dua komputer lebih baik daripada satu,” tapi jika anda hanya mengingkan satu mesin, untuk segala keperluan, chromebook mungkin bukan untuk anda dalam kasus ini.

  • Pelajar yang ingin mengganti atau menambah pembelian komponen untuk peningkatan atau upgrade reguler

Satu hal ini sedikit bergantung pada apa yang akan anda beli, namun dengan mempertimbangkan poin harga dari kebanyakan Chromebook, anda seharusnya tidak perlu berharap pada nilai jualnya kembali. Anda tidak akan perlu mengganti Chromebook setiap setahun sekali untuk mendapatkan model terbaru — jika anda melakukannya, anda mungkin melihat diri anda sendiri menghabiskan banyak uang untuk hal itu. Meskipun Chromebook High-End terbaru seperti Chromebook Pixel cukup bagus, namun tidaklah terlalu hebat. Bahkan Chromebook yang lebih lama mengalami kesulitan untuk menyesuaikan harga. Ini semua berarti, pasar barang bekas mungkin akan penuh dengan penawaran, dan harga murah bisa anda dapatkan jika anda mau menjualnya. Meskipun begitu, dari biaya yang rendah akan ada nilai kegunaan yang tinggi, jika anda bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Anda mendapatkan kemampuan dimana anda bisa menggunakan perangkat anda dalam waktu yang lama, menggunakannya kembali untuk tugas-tugas ringan setelahnya, atau memindahtangankannya tanpa perasaan seperti anda melepaskan suatu investasi yang ternilai.

  • Pelajar yang sudah terobsesi dengan Windows atau OS X, dan tidak merasa nyaman tanpa mereka

Sistem Operasi Chrome bukanlah untuk setiap orang. Jangan salah mengartikan, bentuknya ramping dan didesain dengan baik, namun tetap bukan untuk setiap orang. Masih ada beberapa pelajar — terutama jika mereka tidak tahu apa yang akan mereka hadapi — yang mendownload file exe atau file aplikasi dan bertanya-tanya mengapa mereka tidak bisa menggunakannya. Orang-orang ini pasti akan meminta pertoloangan dari IT support kampus untuk membantu mereka, dan mendengar “oh, anda menggunakan Chromebook? Kami tidak bisa membantu anda,” dan mereka akan merasa seperti telah membuang-buang uangnya. Mereka akan bingung mengapa mereka tidak bisa mendownload aplikasi yang sama dengan yang orang lain gunakan. Mereka tidak akan bisa menghubungkan smartphone mereka ke laptop, dan malahan akan mengalami berton-ton pemberitahuan bahwa mereka tidak bisa menginstal suatu aplikasi baru. Mereka akan melihat ke tempat lain seperti bagaimana iPhone dan iOS dihubungkan dengan OS X dan komputer Apple, dan ingin dengan cara seperti itu juga, atau rindu dengan keterbiasaan yang ada pada sistem operasi Windows. Dan akhirnya, sistem operasi Chrome kurang lebih adalah Linux, dan jika anda belum siap dengan tantangan yang datang dan masalah troubleshoot pada Linux (tanpa baris perintah karena sistem operasi Chrome tidak banyak memilikinya), anda mungkin akan kecewa.

Jika salah satu suara tersebut mewakili anda, mungkin ultrabook yang biasa atau Macbook lebih sesuai dengan gaya anda. Hal-hal diatas tidak mengatakan itu adalah pilihan yang mustahil meskipun: seperti yang kami katakan, beberapa orang mungkin menggunakan sebuah Chromebook untuk digunakan dan dibawa kemana saja dan kemudian kembali ke kondisi nyaman menggunakan sistem operasi OS X atau Windows ketika mereka kembali ke rumah. Orang-orang tidak mengkhawatirkan nilai jual kembali dan tidak terlalu peduli apakah ada dealer yang menjual spare part untuk Chromebook Pixel. Namun demikian, jika anda ingin membeli sebuah paket teknologi yang dapat melakukan apa saja dan anda sudah memahami penggunaannya, Chromebook mungkin bukan pilihan tepat bagi anda.

Meskipun demikian, jika anda dalam persimpangan, jangan lupa anda bisa mencoba untuk melakukan “test drive” sistem operasi Chrome dalam laptop yang sudah anda miliki jika anda mau. Dengan sedikit kerja keras, anda dapat mencoba seberapa jauh keunggulannya, dan bisa memutuskan sendiri apakah itu jenis pengalaman yang anda inginkan (atau yang biasa anda lakukan), dan kemudian bisa membuat keputusan yang cerdas saat akan membeli. Dengan melakukannya, atau jika anda menyukai apa yang anda lihat, bahkan akan benar-benar mengurangi faktor penghambat pada poin terakhir.

Di akhir pembahasan, beberapa hal diatas tidak mengharuskan anda mengikutinya jika memang tidak sesuai. Chromebook adalah pilihan yang bagus untuk sebagian orang yang ingin mempertimbangkannya. Mereka akan menghemat biaya yang perlu anda keluarkan, memusatkan semua kerja komputasi anda, membuatkan backup dan mudah memindahkannya antara komputer yang satu dengan yang lain, dan mereka sangat mudah digunakan sekali anda sudah terbiasa dengannya. Namun tidak berarti perangkat ini untuk semua orang. Hanya saja pastikan untuk mempertimbangkan kelebihan kekurangan Chromebook ketika anda sedang mempertimbangkan membeli sebuah laptop baru.

 

Print Friendly, PDF & Email