“Bisa dikatakan hampir semua pengguna internet memiliki alamat email. Karena tanpanya orang-orang tidak akan bisa membuat account facebook, twitter, aktifasi smartphone, dll. Namun walaupun tidak setiap orang menggunakannya secara aktif, kumpulan besar data email terus bekerja dan bertambah tanpa pernah berhenti”

  – catatan editor – 

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Ian Baker

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Taufik Al

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Ilustrasi Penggunaan Email

Ilustrasi Penampungan Email

Saya banyak memikirkan tentang email dikarenakan perusahaan saya membuat aplikasi email. Kemarin saya berbincang dengan seorang teman dan membuat saya berpikir, berapa banyak penggunaan email diluar sana? Kemudian saya memperhatikan. Sangat banyak, dan terus bertambah banyak. Pada tahun 2013, seluruh manusia mengirimkan setidaknya 150 milyar email setiap harinya. Berarti setiap satu penduduk dunia menerima 21 pesan perhari, atau 79 perhari jika hanya menghitung pengguna email yang sebenarnya.

Jumlah yang Besar

Jumlah yang besar tetaplah besar. Setelah beberapa saat, angka-angka tersebut menjadi sangat besar hingga mustahil untuk mendapatkan pemahaman yang sebenarnya dari angka-angka tersebut.

Ini adalah permasalahan yang umum terjadi dalam ilmu astronomi. Sebagai contoh, matahari berjarak 93 juta mil. Seberapa jauh itu? Saya tahu satu mil itu berapa jauh karena saya bisa berjalan kaki sejauh satu mil. Tapi satu juta mil? Saya belum pernah mengalaminya. Angka sebanyak itu mustahil untuk kita lalui, tetapi kita bisa mencoba membayangkan jarak tersebut dengan sedikit bereksperimen:

Dalam sebuah sumber menyebutkan bahwa seseorang akan bepergian sejauh 3,658,753 mil selama hidupnya. Perkiraan saya sendiri sekitar 6 juta mil. Bayangkan seluruh hidup anda bergerak satu arah, bepergian dari rumah ke kantor kemudian ke restoran dan kembali lagi ke rumah dan ke kantor, layaknya film kartun jaman dahulu ketika satu karakter berjalan melawati lampu dan meja berkali-kali. Anda bertemu orang yang anda sukai kemudian jatuh cinta. Sekitar umur 30, anda mempunyai seorang anak. Anak anda mulai ikut bepergian dengan anda, naik mobil, kereta dan pesawat, perlahan-lahan mendekati matahari tiap harinya.

Jika manusia bereproduksi sekitar 1/3 dari hidup mereka, akan memakan waktu antara 50 sampai 75 generasi bagi keluarga anda untuk sampai ke permukaan matahari. Jika anda lahir pada zaman Kekaisaran Romawi, namun dengan kehidupan modern layaknya tahun 2014 ini, anak cucu anda baru akan tiba disana sekarang.

Begitu banyak penggunaan email !!

Dan, begitupun dengan email. 150 milyar merupakan angka yang sangat besar, dan itu untuk satu hari. Jika anda mencetak seluruh email dalam sehari di dunia ini, tumpukan kertas tersebut akan setinggi 10,000 mil. Dalam satu bulan akan sampai ke ke bulan. Rata-rata ukuran email adalah 75 kilobyte (selain spam, yang ukurannya sekitar 5k dan 69.6% dari keseluruhan lalu lintas email), berarti setiap harinya lalu lintas email adalah sekitar 4 petabyte.

Ada 2.3 milyar pengguna email di seluruh dunia, dan rata-rata kotak masuk email menyimpan 8,024 pesan. Jika kita berasumsi bahwa hampir seluruh spam dihapus, maka jumlah total email yang tersimpan di dunia ialah 1,400 petabyte. Jika menggunakan cara lain: secara serentak, semua orang menyimpan riwayat email selama satu tahun. Apa yang bisa kita bandingkan dengan ini agar kita bisa mendapat memahaminya?

Email vs Web

Web cukuplah besar, namun sejak hal ini menjadi umum kita semua bisa merasakan cakupannya. Ini juga sulit untuk dijelaskan: ada situs-situs seperti CNN.com, Wikipedia ataupun forum Taylor Swift favorit anda, namun bagaimana dengan jaringan intranet perusahaan anda, aplikasi kalender, atau halaman konfigurasi untuk kamar mandi anda yang mewah? Juga, dengan layanan-layanan seperti Gmail, email-email diseluruh dunia juga hampir semuanya termasuk ke dalam web.

Mungkin definisi yang cocok untuk web adalah, “sesuatu yang bisa anda dapatkan dengan cara mencarinya.” Para peneliti menyebutnya dengan jaringan web yang terdaftar. Google mengungkapkan bahwa web berisi 30 trilyun URL unik. Rata-rata halaman website berisi 96 objek-objek tersebut, dan ukurannya adalah 1.6 megabyte. Ini menempatkan ukuran web yang terdaftar ini pada kisaran 512 petabyte. Jadi, ukuran dari email adalah sekitar tiga kali lipat dari ukuran jaringan internet.

Apakah anda masih mengingat angka yang telah disebutkan diatas sebelumnya? 69.6% lalu lintas email adalah spam. Jika jumlah email tiga kali lebih banyak dari web, maka jumlah spam adalah tiga kali lebih banyak daripada email!

Akan tetapi, dikarenakan spam berukuran kecil dan cenderung dihapus setelah satu bulan, sehingga menjadi sangat kecil perbandingannya dengan total email yang tersimpan (sekitar 16PB):

Saya selalu kagum dengan bagaimana efektifnya infrastruktur filter spam modern dibuat.
Jika saya membawa ini ke ranah pribadi, tidak heran jika suatu hari nanti, saya menghabiskan separuh waktu saya untuk membaca email. Jika dipikir-pikir, hal tersebut tidak masalah: kemampuan untuk menghubungi orang kapanpun saya mau adalah seperti suatu kekuatan super baru, dan saya tidak seharusnya menerima hal tersebut begitu saja. Tetapi, saya juga berpikir untuk sesuatu yang memiliki porsi lebih dari setengah bagian internet, rasanya email terlihat masih berantakan. Kita belum berusaha sepenuhnya untuk membuat sumber informasi email kita bekerja lebih baik.

Saya menjadi salah satu pendiri sebuah perusahaan, Threadable, yang ditujukan untuk mengatasi masalah ini. Kami memilih bagian kecil dari ruang lingkup ini, seperti bentuk kelompok diskusi email, dan kami mencoba untuk membawakannya dalam standar pemakaian, kegunaan, dan keindahan yang telah dapat dirasakan di web selama bertahun-tahun. Perusahaan lainnya juga bekerja dengan baik pada bidang ini, seperti SendWithUs, dengan template responsifnya, pengembangan dan uji coba alur kerja dari Mailgun , dan layanan seperti Litmus dan Inbox. Bersama-sama, perusahaan-perusahaan ini mencari cara untuk memperlancar skema yang kompleks dari client dan protocol, dengan cara yang hampir sama saat jQuery merombak pengembangan JavaScript. Dan, kita mulai melihat generasi berikutnya dari aplikasi-aplikasi email, seperti Square dengan antarmuka email yang nyaman untuk Square Cash yang hanya tersedia di Amerika. Tetap saja, kita butuh lebih banyak lagi.

Memprediksi bahwa email akan punah, dan digantikan dengan (pilih salah satu dari: Facebook, Twitter, Asana, Yammer, Skype) seperti mengatakan bahwa aplikasi akan mematikan website. Perbandingan tersebut akan lebih masuk akal hanya ketika anda membandingkan situs yang berantakan dengan aplikasi baru yang lebih rapi. Email modern punya lebih banyak keunggulan daripada solusi-solusi yang ada, bukan karena mereka ada dimana-mana. Ketika saya melihat angka-angka diatas, sepertinya memperbaiki email merupakan cara yang lebih sederhana daripada menggantinya.

Dan kita tidak akan benar-benar berhasil jika ingin menggantikan email. Teknologi komunikasi baru terus bermunculan. Internet terus berkembang menjadi sangat besar selama satu dekade terakhir, dan kita masih tetap punya telepon. Ketika telepon diperkenalkan, kita tidak butuh lagi telegram, tetapi itu bertahan selama ratusan tahun berikutnya. Apakah anda ingat fax terakhir yang anda kirim? Karena saya yakin saya mengingatnya.

Email belumlah musnah. Hanya sedang tertidur. Siapkan kopi, karena sudah waktunya untuk bangun!

 

Print Friendly, PDF & Email