“Sesuai judul, artikel ini akan membantu anda dengan lebih cepat mengetahui apa saja yang ditawarkan Apple pada sistem operasi mobile terbarunya yaitu, iOS 9. Akan lebih baik lagi jika anda bersabar sekitar 1-2 bulan, untuk memastikan bahwa versi iOS terbaru tersebut sudah stabil. Tetapi jika sudah tidak sabar untuk mencobanya, semuanya kembali kepada anda”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Thorin Klosowski

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


iOS 9 secara resmi sudah bisa di download – bagi yang ingin mencobanya segeralah untuk mendownloadnya! Meskipun tampak seperti sebuah perubahan yang kecil, terdapat beberapa fitur-fitur baru yang cukup layak dicoba dari sistem operasi baru Apple ini. Berikut ini semua hal yang perlu anda ketahui tentang fitur-fitur iOS 9 hanya dalam waktu tiga menit:

Siri Semakin Proaktif

siri fitur ios9

Siri iOS9

Satu perubahan besar dari fitur baru dalam iOS adalah apa yang Apple sebut sebagai Siri yang lebih proaktif. Mulai sekarang, iOS akan semakin memperhatikan kebiasaan dan sedikit perubahan yang terjadi berdasarkan bagaimana anda menggunakannya. Banyak hal dalam fitur ini berada dalam selubung dan bergantung pada bagaimana anda menggunakan perangkat anda, tetapi beberapa fitur seperti pemberian saran nama orang dalam pesan email secara otomatis, pemberian saran untuk menambahkan suatu acara secara otomatis dari email anda, pemberitahuan suatu acara berdasarkan trafik, penampilan data kontak dan aplikasi yang berbeda dalam Spotlight, bergantung pada waktu dalam hari itu, dan lebih banyak lagi.

Spotlight Dapat Mencari Lebih Banyak Hal Lagi

spotlight fitur ios 9

Spotlight iOS9

Spotlight dalam iOS 9 semakin mirip dengan yang ada di partner sandingannya OS X. Saat ini anda bisa mencari segala macam hal dan mendapatkan hasilnya dengan segera, termasuk hasil pertandingan olahraga, ramalan cuaca, harga saham, dan bahkan mencari kedalam aplikasi anda. Tampilan halaman pencarian sekarang juga menampilkan orang-orang yang cenderung untuk hubungi atau anda jadwalkan untuk bertemu, tempat belanja atau hiburan terdekat, berita lokal, dan aplikasi yang disarankan berdasarkan waktu hari itu.

Aplikasi Berita (News)

News fitur iOS 9

News iOS9

Apple menambahkan aplikasi berita baru ke dalam tampilan home screen yaitu News. Aplikasi ini bekerja hampir sama seperti aplikasi Fliboard: jalankan aplikasi, pilih beberapa organisasi berita yang anda sukai untuk mendapatkan berita yang anda inginkan, dan anda akan dapat membaca artikel-artikelnya secara langsung. Seperti yang bisa diperkirkan, anda dapat mencari artikel berdasarkan topik, menyimpan artikel untuk dibaca nanti, dan menjelajahi daftar artikel yang telah dikurasi.

Aplikasi Baru Notes

notes fitur ios 9

Notes iOS9

Aplikasi Notes mendapat perbaikan yang bagus di iOS 9. Sekarang anda bisa dengan mudah mengubah catatan list menjadi bentuk ceklist, menambahkan foto, dan mensketsakan pemikiran anda ke dalam notepad.

Peningkatan Pada Peta (Maps)

map fitur ios 9

Maps iOS9

Peningkatan besar pada fitur Map adalah transportasi umum, tetapi baru tersedia pada sedikit kota untuk saat ini (Baltimore, Chicago, New York, Philadelphia, San Francisco, Washington DC, London, Toronto, and Berlin). Bagi sebagian besar dari kita, Maps memberikan kemampuan untuk memudahkan menjelajahi lokasi-lokasi yang diinginkan, dan memperbaharui rute dengan rute alternatif ketika ada perubahan kemacetan.

Multitasking Dalam iPad

iPad akhirnya bisa digunakan secara multitasking, yang membuatnya semakin berguna dalam bekerja. Model iPad terbaru memiliki tampilan Slide Over yang bekerja hampir sama seperti Control Center yang dengan cepat bisa digunakan untuk mengecek aplikasi yang sedang berjalan, yang mana saat ini terdapat mode berdampingan (side-by-side mode) dimana anda bisa menjalankan dua aplikasi pada saat yang sama (Aplikasi yang bukan dari Apple memerlukan pembaharuan agar dapat bekerja dalam fitur ini).

Peningkatan kecil lainnya

Lagi, iOS 9 bukanlah tentang peningkatan besar, tetapi lebih tentang pembaharuan dalam selubung yang sama. Itu termasuk seperti peningkatan pada masa hidup baterai beserta beberapa peningkatan kecil lainnya seperti:

  • Kembali ke Aplikasi: Ketika anda menekan sebuah link atau notifikasi dari aplikasi, anda dapat dengan mudah kembali ke aplikasi sebelumnya dengan menekan tombol kembali (Back) yang ada di pojok kiri atas.
  • Pencarian dalam Setting: Sekarang anda bisa mencari perintah pengaturan dalam aplikasi Setting.
  • Mode Low Power: Ketika anda ingin menjaga agar baterai tidak cepat habis, anda dapat mengaktifkan mode low power, yang secara temporer mengurangi kecepatan CPU, menonaktfikan efek gerakan, menghentikan penarikan email, mematikan Wi-FI dan Bluetooth, dan mematikan fitur Background App Refresh untuk menjaga masa hidup baterai.
  • Perubahan tombol Shift: Ketika anda menekan tombol Shift di keyboard, keyboard akan mengubah karakter sesuai dengan mode mengetik yang sedang anda gunakan.
  • Aplikasi bawaan baru: Bersama aplikasi News, anda juga mendapat aplikasi Find My Friends dan Find My iPhone.
  • Enam Digit Passcode: Sekarang anda bisa mengatur enam digit passcode untuk lebih mengamankan ponsel anda.

Itulah beberapa perubahan minor yang terselip dalam iOS 9, namun beberapa dari yang telah dibahas diatas adalah hal-hal yang akan anda segera sadari sedari awal. 

Print Friendly, PDF & Email