“Mungkin banyak orang selain saya yang ingin memainkan Pokemon GO di iPhone 4S. Dan saya rasa masih banyak yang belum bisa. Bagi yang sudah bisa saya ucapkan selamat, iPhone anda masih layak untuk digunakan”

  – catatan editor –


bermain pokemon go di iphone 4s

Pokemon GO di iPhone 4S

Sebelum Pokemon Go dirilis secara resmi di Indonesia, orang-orang sudah banyak yang memainkannya dengan berbagai cara yang memungkinkan. Jika pengguna android biasanya menggunakan file APK yang bisa di download dari berbagai sumber. Dan bagi pengguna iPhone, salah satunya bisa dengan menggunakan toko aplikasi pihak ketiga seperti HipStore. Namun cara-cara ini sebenarnya tidak disarankan, karena membuat aplikasi rentan disusupi oleh program-program jahat seperti Malware yang mencuri data informasi di ponsel anda karena aplikasi tersebut sudah dimodifikasi sebelumnya.

Dan akhirnya, setelah dengan sabar menunggu cukup lama, pada tanggal 6 Agustus 2016 kemarin, Pokemon GO resmi dirilis di Indonesia. Tentu setelah mendengar kabar tersebut saya juga langsung mencoba mendownloadnya di App Store. Resmi tanpa cara yang aneh-aneh dan lebih aman. Namun sayangnya setelah proses download selesai, dan ketika mencoba menjalankan aplikasinya, hanya muncul halaman pembuka Niantic saja. Sangat mengecewakan karena setelah menunggu sekitar 5 sampai 10 menit kemudian aplikasi langsung tertutup sendiri. Awalnya sempat berpikir mungkin karena pengaruh koneksi internet yang tidak bagus. Namun ketika dicoba kembali di tempat yang saya yakin koneksi internetnya lumayan baik, hasilnya tetap sama. Hanya muncul tampilan putih logo Niantic itu saja dan jreengg, tertutup sendiri. Apakah karena spesifikasi dari iPhone 4S yang tidak layak untuk menjalankannya?

Meskipun produk ini dirilis pertama kali pada 7 Oktober 2011, saya kira iPhone model ini masih mampu untuk menjalankan game-game yang grafisnya lumayan berat. Di salah satu forum yang cukup terkenal yaitu Reddit.com, banyak orang mengeluhkan bahwa mereka bisa memainkan game seperti GTA San Andreas atau Real Racing 3 dan lainnya, namun mengapa tidak untuk Pokemon GO. Saya juga tidak habis pikir karenanya. Di iPhone saya ada banyak aplikasi berat yang masih bisa saya jalankan. Tidak hanya saya saja, banyak orang-orang yakin bahwa iPhone 4S mereka masih mampu menjalankan game ini. Jadi bukanlah alasan yang bagus, jika mengganti ponsel kesayangan anda hanya dikarenakan tidak bisa menjalankan aplikasi Pokemon GO.

Karena rasa penasaran, saya mencoba mencari informasi hanya untuk mengetahui apakah ada pengguna iphone 4S yang bisa menjalankan game ini. Jika memang tidak ada, berarti jawabannya memang spesifikasi dari ponsel ini memang tidak mencukupi. Dan seperti yang bisa diketahui, solusinya adalah anda harus menggunakan ponsel yang lebih baru, entah model Android terbaru atau menggunakan model iPhone di atas 4S. Namun jika memang ada pengguna iPhone 4S yang ternyata bisa menjalankannya, saya ingin sekali tahu bagaimana caranya.

Dan sampailah saya di sebuah forum online yang cukup terkenal bernama Reddit. Disini ada banyak topik tentang keluhan pengguna iPhone 4S yang tidak bisa menjalankan Pokemon GO. Ada beberapa orang yang membagikan tips nya dan banyak orang yang mencoba dan membagikan hasilnya. Hasilnya ada yang sukses dan ada yang tidak karena caranya tidak terlalu substansial. Setelah membaca-baca berbagai pendapat dari beberapa user disana, ada beberapa poin pernyataan yang cukup masuk akal yang bisa saya temukan. Pertama bahwa tentang keyakinan saya iPhone 4S seharusnya masih sanggup untuk memainkan Pokemon GO. Kedua, Niantic seharusnya mengoptimasi aplikasinya agar bisa dimainkan di perangkat-perangkat iPhone yang sudah menggunakan iOS 8. Ketiga, adalah dengan mengoptimalkan kemampuan iPhone 4S itu sendiri. Pendapat yang terakhir adalah cara tercepat dan cara yang masuk akal untuk dijalankan sendiri tanpa harus menunggu pihak Niantic menjalankannya. Dan hasilnya ternyata sukses besar!! Setelah mencoba gabungan beberapa pendapat di forum tersebut, saya bisa menjalankan Pokemon GO di iPhone 4S milik saya. Memang tidak selancar ketika dimainkan di ponsel teman saya yang lain, namun setidaknya jawaban yang saya cari adalah iPhone 4S masih bisa digunakan untuk memainkan game Pokemon GO. Dan saya tidak perlu mengganti ponsel hanya untuk memainkan game ini.

Namun sebelumnya, perlu saya sampaikan, bahwa ada beberapa kekurangan ketika anda menjalankan game ini. Mungkin aplikasi akan tertutup sendiri ketika anda sedang bermain, atau mungkin terdapat lag ketika akan menangkap pokemon. Beberapa cara dibawah juga bisa membuat aplikasi lainnya tidak bisa berjalan sementara waktu. Jadi tentukanlah dengan bijak bagaimana dan kapan saatnya bermain Pokemon GO di iPhone 4s. Jika anda mengetahui batasan dari ponsel anda, saya jamin setidaknya anda bisa merasakan bagaimana rasanya menangkap Pokemon anda sendiri, walaupun hanya dalam jangka waktu yang tidak lama.

Lalu bagaimana cara agar bisa bermain Pokemon GO di iPhone 4S?

Dibawah ini saya rangkum tips-tips yang saya rasa paling manjur untuk diterapkan. Dan saya harap ini bisa diterapkan di ponsel iPhone 4S anda juga. Jadi berikut ini langkah-langkah untuk mengoptimasi iPhone 4S anda:

Pastikan iPhone Sudah Menggunakan iOS 8

Ini adalah syarat utama Pokemon GO bisa dijalankan di iPhone. Jika masih dibawah versi ini, sempatkanlah waktu untuk mengupgrade iPhone 4S anda ke versi yang terbaru.

iOS 8 Pokemon Go di iPhone 4S

syarat awal harus iOS 8

Matikan Semua Background App Refresh

Masuk ke menu Setting – General – Background App Refresh. Nonaktfikan beberapa aplikasi yang berjalan di belakang layar untuk menghemat penggunaan memori RAM. Menonaktifkan fitur ini tentu memberikan peningkatan performa pada iPhone 4S, namun akan ada beberapa aplikasi yang biasanya berjalan, tiba-tiba menjadi tidak bekerja. Contohnya BBM atau Line yang dinonaktifkan, bisa membuat anda tidak menerima pesan karena aplikasi tidak berjalan otomatis dibelakang layar kecuali anda membuka aplikasinya. Untuk lebih bijaknya, anda bisa mengaktifkan kembali fitur ini ketika tidak sedang memainkan Pokemon GO.

background Pokemon Go di iPhone 4S

Nonaktfikan Background App

Nonaktifkan Siri

Masuk ke menu Setting – General – Siri. Fitur asisten pribadi Siri adalah salah satu andalan dari produk Apple. Namun fitur ini cukup berat ketika dijalankan, karena selain memerlukan akses internet langsung, juga mengolah inputan user terhadap semua hal yang terintegrasi di dalam perangkat iPhone anda.

siri turn Pokemon Go di iPhone 4S

Nonaktfikan Siri

Aktifkan Mode Reduce Motion

Masuk ke menu Setting – General – Accessbility – Reduce Motion. Salah satu efek pengaktifan mode ini membuat fitur paralax dihilangkan.

reduce motion Pokemon Go di iPhone 4S

Aktifkkan Reduce Motion

Matikan Akses Kamera Dari Pokemon GO

Sensasi menangkap Pokemon dari dunia nyata memang memberikan sensasi yang unik. Namun penggunaan kamera belakang cukup memberatkan performa perangkat. Dengan mematikan akses kamera, penangkapan Pokemon akan tampil lebih minimalis dan lebih ringan.

accessbility camera Pokemon Go di iPhone 4S

Nonaktifkan akses ke kamera

Nonaktifkan fitur Auto-Brightness

Masuk ke menu Setting – Display & Brighthess. Auto Brightness atau kemampuan iPhone untuk secara otomatis menentukan tingkat kecerahan layar memang sangat bermanfaat. Bisa dibilang proses ini berjalan terus menerus dibelakang layar, mendeteksi apakah anda sedang menggunakan ponsel di dalam ruangan atau diluar ruangan yang intensitas cahayanya berubah-rubah. Dengan menonaktifkan fitur ini, akan ada ada penghematan memori RAM yang lumayan banyak.

auto brightness Pokemon Go di iPhone 4S

Nonaktifkan Pengaturan Kecerahan Cahaya

Bersihkan Semua Memori RAM Yang Digunakan

Tekan tombol home 2x, maka akan tampil aplikasi-aplikasi idle yang pernah dijalankan sebelumnya. Tutup semua daftar aplikasi yang muncul dengan menggesernya ke atas. Cara ini bisa juga dilakukan dengan merestart iPhone agar lebih yakin tidak ada aplikasi yang sedang berjalan sebelumnya.

clear ram Pokemon Go di iPhone 4S

Bersihkan Semua Aplikasi

Matikan Background Musik Dan Sound Effect Di Pokemon GO

Cara ini dilakukan setelah Pokemon GO di download dan berhasil dijalankan. Dengan mematikan musik dan sound effect game, membuat proses untuk menjalankan game ini menjadi lebih sedikit.

sound effect Pokemon Go di iPhone 4S

Nonaktifkan musik dan suara di aplikasi

Minimalkan Membuka Aplikasi di Tempat Yang Tersedia Banyak Pokestop dan Gym

Saya pernah mencoba memainkan Pokemon GO di tempat yang memang sering dikunjungi banyak orang, seperti mall atau taman kota. Dan biasanya tempat-tempat ini memiliki banyak Pokestop dan Gym. Selain itu banyak juga pokemon yang muncul di tempat-tempat keramaian seperti ini. Dan tentu saya tidak ingin melewatkan menangkap Pokemon-Pokemon yang jarang saya temui. Namun mungkin anda akan kecewa, karena ketika saya mencoba memainkan Pokemon GO di iPhone 4s, aplikasi hanya berjalan sebentar dan bahkan tidak sampai satu menit. Mungkin semakin banyak pokemon, semakin banyak Pokestop, semakin banyak gym, dan semakin banyak orang yang main di area tersebut, semakin besar pula proses di dalam program itu berjalan. Dan saya pikir iPhone 4S tidak sanggup mengolah semua proses tersebut. Jadi saran saya, gunakan di tempat-tempat yang tidak terlalu ramai. Setidaknya anda bisa menggunakannya dengan lancar dan bisa mengeksplorasi tempat-tempat yang jarang anda kunjungi.

Jadi itu saja tips yang bisa saya bagikan. Saya harap bagi pengguna iPhone 4s yang sebelumnya tidak bisa memainkan Pokemon GO, sudah bisa mulai memainkannya walaupun dengan beberapa keterbatasannya.

 

Print Friendly, PDF & Email