“Terinstalnya aplikasi tumpangan sering terjadi karena mereka memanfaatkan kelengahan pengguna. Banyak orang cenderung ingin segera mencoba suatu aplikasi ketika dalam tahap proses instalasi atau kurang memperhatikan detail halaman download suatu situs web ketika akan mendowload sesuatu”

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Chriss Hoffman

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Internet belakangan ini dipenuhi oleh berbagai macam jebakan yang seringkali menipu para pengguna awam ketika mereka mengunduh/mendownload sesuatu. Dari jebakan yang berbentuk tombol “Download” palsu dimana sebenarnya adalah tautan iklan, sampai paket instaler aplikasi yang berisi add on toolbar tambahan atau aplikasi-aplikasi sampah yang tidak bermanfaat (junk software). Oleh karena itu, sangat penting mengetahui bagaimana caranya terhindar dari aplikasi-aplikasi yang tidak kita inginkan.

Sebagai orang yang sudah berpengalaman, kami tahu bagaimana terhindar dari semua jebakan-jebakan ini baik ketika sedang berselancar di internet, ketika sedang mendownload suatu aplikasi atau ketika akan menginstal sebuah aplikasi. Namun sayangnya tidak setiap orang mengetahuinya. Sebagian besar orang tertipu karena mereka menggunakan penyamaran yang seringkali tidak kita sadari dan sangat banyak ditemukan pada aplikasi-aplikasi gratis. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda pelajari sebagai pengetahuan dasar menghindari jebakan aplikasi tertentu.

Mengenal Tombol Tautan (Link) Download Palsu

Ketika akan mendonwload suatu aplikasi gratis, jebakan pertama yang mungkin kita hadapi adalah link download palsu (bahkan banyak, tidak hanya satu) di halaman web aplikasi tersebut. Seringkali kita akan menemukan sebuah tombol besar, berwarna cerah dengan tulisan seperti “Free Download” atau “Download Now.” Tombol-tombol ini sebenarnya adalah halaman iklan yang dedesain menyerupai tombol download asli, yang bertujuan untuk mengelabuhi kita agar mengklik dan menginstal aplikasi yang ternyata bukan yang kita cari. Bayangkan betapa menjengkelkannya hal ini.

tombol download palsu

Source: www.howtogeek.com

Oleh karena itu, Ingatlah agar selalu waspada kapanpun kita menemukan tombol-tombol mencurigakan tersebut. Bisa dikatakan langkah ini adalah langkah pencegahan pertama. Mengidentifikasi tombol download palsu ini bisa dilakukan dengan mudah. Kita hanya perlu mengarahkan kursor mouse ke gambar tombol palsu tersebut dan melihat kemana arah link atau tautan yang dituju.

Di bawah ini ada contoh yang bisa kita lihat bersama-sama, dimana tombol download palsu mengarah ke halaman “googleadservices.com” – sebuah link yang jelas-jelas adalah link iklan. Jika kita mengarahkan kursor mouse ke bagian bawah link aslinya, bisa dilihat bahwa kita akan dibawa ke tempat lain yaitu “winaero.com.”

tautan tombol download

Source: www.howtogeek.com

Cermati Halaman Web Download Yang Menyertakan Aplikasi tumpangan Lain

Tidak hanya melalui cara yang curang, bahkan dengan cara yang legal/sah-pun para penyedia aplikasi ingin mengelabuhi kita agar mau menginstal aplikasi tumpangan yang sebenarnya tidak kita inginkan.

Aplikasi tumpangan di web

Source: www.howtogeek.com

Sebagai contoh, ketika akan mendownload aplikasi Flash Player dari situs resmi Adobe, kita akan menemukan pilihan menginstal McAfee Security Scan Plus tercentang secara default. Pengguna yang menyetujui pilihan default tersebut atau tidak terlalu memperhatikannya akan menyebabkan terinstalnya aplikasi tumpangan tersebut di dalam komputer mereka. Kesimpulan yang dapat diambil tentu saja sudah jelas, McAfee membayar Adobe agar mereka melakukan hal ini.

Untuk terhindar dari masalah ini, cermati lebih seksama halaman download suatu situs yang sedang anda kunjungi – hilangkan centang pilihan untuk menginstal aplikasi tumpangan yang sebenarnya tidak kita inginkan, sebelum mulai mendownload aplikasi aslinya.

Perhatikan Tahapan Instalasi Suatu Aplikasi

File instaler seringkali berisi toolbar-toolbar tambahan untuk browser ataupun aplikasi-aplikasi tidak jelas lainnya. Para pembuat aplikasi mendistribusikan aplikasinya secara gratis dan mendapatkan pemasukan uang dari menyertakan aplikasi-aplikasi tumpangan ini. Beberapa dari file instaler ini mungkin bisa mengubah tampilan halaman depan mesin perambah kita atau mengubah mesin pencari default yang biasa digunakan, lalu diganti dengan mesin pencari lain.

Jangan sampai tertipu .Ketika proses instalasi, mungkin akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa developer dari aplikasi utama memberikan rekomendasi untuk aplikasi tumpangan tersebut. Namun satu-satunya alasan mereka merekomendasikannya adalah karena mereka dibayar untuk melakukannya. Aplikasi tumpangan ini mungkin aslinya tidak bagus atau tidak bermanfaat. Karena jika memang bagus dan bermanfaat, tentu orang-orang akan mencari dan menginstalnya sendiri. Bukan dengan cara menyelinap diam-diam dan membuat banyak orang kerepotan.

Aplikasi tumpangan dalam instaler

Source: www.howtogeek.com

Ketika menginstal sebuah aplikasi, pastikan untuk selalu menghilangkan centang pilihan menginstal toolbar, aplikasi tumpangan, mengganti halaman depan atau mesin pencari yang kita gunakan sebelumnya. Langkah-langkah ini bisa kita lakukan ketika dalam tahapan proses instalasi aplikasi. Perhatikan dengan seksama semua tahapan instalasinya sampai kita menemukan pilihan yang mengatakan bahwa kita tidak ingin aplikasi tumpangan ini atau bisa juga dengan meng-klik tombol “Decline.” Pembuat aplikasi berharap kita tidak memperhatikannya pilihan ini dan lebih berharap agar kita melakukan instalasi aplikasi secepatnya. Jadi berhati-hatilah ketika akan menginstal suatu aplikasi baru, apalagi jika aplikasi tersebut adalah aplikasi gratis.

Hapus Aplikasi Sampah Dan Kembalikan Sistem Ke Pengaturan Sebelumnya

Untungnya, jika kita secara tidak sengaja telah masuk ke dalam salah satu jebakan diatas, kita masih tetap bisa menghapusnya setelahnya. Namun pastinya akan lebih mudah untuk terhindar dari perangkap aplikasi tumpangan ketika masih dalam proses instalasi, dibandingkan dengan cara menghapusnya secara manual satu demi satu.

Sebagai contoh, pernahkan anda melihat Ask toolbar? Biasanya toolbar ini disertakan dalam instaler Java Oracle. Ask toolbar atau aplikasi tumpangan lainnya kadang cukup licik. Setelah kita menginstal aplikasi utamanya, aplikasi tumpangannya sendiri akan menunggu sampai sepuluh menit sebelum dia menginstal dirinya sendiri. Jika kita tidak sengaja melewatkan pilihan untuk tidak menginstal aplikasi tumpangan ini dan mencoba untuk menghapusnya segera setelah itu, maka kita tidak akan menemukannya. Dia hanya akan muncul dalam daftar aplikasi yang telah terinstal kira-kira sepuluh menit kemudian.

Untuk menghapus aplikasi-aplikasi jahat yang telah terinstal, umumnya kita harus memburunya satu demi satu dalam daftar aplikasi di Control Panel Windows dan melakukan proses uninstal. Sebuah paket instaler yang buruk mungkin saja berisi tidak hanya satu, tapi banyak aplikasi-aplikasi tumpangan yang harus kita hapus sendiri. Kita juga mungkin perlu menghapus beberapa toolbar-toolbar atau ekstensi yang tidak penting di mesin perambah. Dan jika kita mengalami kesulitan menghapus salah satunya, coba cari solusinya di Google. Mungkin saja diperlukan petunjuk tambahan atau aplikasi khusus untuk menghapusnya.

Hapus aplikasi

Source: www.howtogeek.com/

Jika sebuah instaler mengubah tampilah halaman depan mesin perambah kita, cara untuk bisa mengembalikannya seperti semula adalah dengan cara manual. Perubahan ini tidak akan bisa dikembalikan meskipun kita telah menghapus aplikasi yang menjadi penyebabnya. Jadi kita perlu masuk ke menu pengaturan mesin pencari dan tentukan pilihan yang kita inginkan sendiri.

Jika kasusnya lebih berat lagi, dimana aplikasi tumpangan tersebut sulit dihilangkan, kita mungkin perlu menggunakan antivirus atau antispyware untuk menghapusnya dari sistem kita.

Add On Junk

Source: www.howtogeek.com

Sayangnya, sangat sulit untuk memperbaiki situasi ini. Paket instaler dimana berisi aplikasi utama, dan menyertakan aplikasi-aplikasi tumpangan (yang sebenarnya tidak diinginkan) telah dipergunakan luas dalam ekosistem aplikasi Windows. Bisa dilihat dari perusahaan-perusahaan besar seperti Adobe dan Oracle yang menyertakan aplikasi tumpangan bersama paket aplikasi utama mereka. Oracle bahkan menyertakan Ask toolbar dan aplikasi tumpangan lainnya bersama dengan instaler update keamanannya. Maka satu-satunya cara untuk terhindar dari masalah ini adalah dengan selalu berhati-hati ketika akan mengdownload sesuatu atau menginstal suatu program tertentu. Akan lebih bijaksana jika kita bisa lebih memperhatikan dan membedakan mana yang ingin kita lakukan dan mana yang tidak ingin kita lakukan.

 

Print Friendly, PDF & Email