“Elegan dan informatif, gambaran kata yang tepat untuk Glasswire. Bahkan pengguna umum bisa dengan cepat memahami penggunaannya. Dengan aplikasi network monitor ini anda dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi di belakang layar komputer anda saat sedang terkoneksi dengan internet”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Luke Dormehl

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Taufik Al

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Ketika komputer milik John Hundley terancam oleh para hacker, dia akhirnya harus menginstal ulang hampir semua data dan program yang ada di komputernya. Hudley, seorang pengembang perangkat lunak, mencari sebuah aplikasi yang memungkinkan dia untuk mengawasi kemana saja komputernya terhubung saat berada dibelakang layar, namun tidak dapat menemukannya.

“Saya menghabiskan banyak waktu untuk menemukan produk yang saya inginkan namun saya tidak mendapat apa-apa,” katanya.“ Jadi saya memutuskan untuk membuatnya.”

Hasilnya adalah GlassWire, sebuah aplikasi network monitor yang menarik dan gratis, yang memungkinkan penggunanya menampilkan aktivitas jaringan dalam grafik real-time yang mudah dimengerti. Terjadinya insiden pembobolan iCloud baru-baru ini mengingatkan setiap orang akan pentingnya keamanan online, GlassWire melakukan hal yang mustahil: membuat pengawasan web menjadi hal yang menarik.

glasswire network monitor grafik

Program Glasswire

“Saya rasa banyak orang yang tidak menyadari apa yang terjadi dibelakang komputer mereka dan tidak mengerti arus lalu lintas data serta seberapa besar pemakaiannya.” Kata Anton Bondan yang juga merupakan pendiri GlassWire. “Dengan GlassWire anda dapat melihat aplikasi apa saja yang menggunakan bandwidth internet anda, kemana tujuannya, dan seberapa berat pertukaran lalu lintas datanya. Ini membantu pengguna memahami apa yang sedang terjadi terjadi dan memperhatikan aktivitas internet yang mencurigakan.”

Dikarenakan Hundley dan Bondar pernah bekerjasama sebelumnya – tahun lalu mereka mendirikan dan menjual startup webcam ManyCam – mereka kemudian langsung memulai GlassWire. Tantangannya ialah bagaimana merancang aplikasi tersebut agar menjadi solusi paling elegan yang pernah ada.

“Saya telah mendownload beberapa firewall berbeda yang yang meminta anda menyetujui izin tertentu. Setelah beberapa lama saya menjadi terbiasa untuk langsung saja mengklik ‘OK’ supaya prosesnya cepat ditutup,” kata Hundley. “saya rasa banyak orang melakukan ini – anda akan merasa malas. Hal tersebut adalah masalah yang sulit diatasi.”

Solusinya berpusat pada satu hal sederhana: konteks. Dalam aplikasi yang dirancang untuk menempatkan pengguna dibalik kemudi bandwidth mereka, sangat penting bagi pengguna berada di posisi untuk membuat pilihan dengan informasi yang sebanyak mungkin.

“Jika anda mempunyai sebuah grafik yang bisa anda perhatikan, akan menjadi hal yang berbeda dengan peringatan yang tiba-tiba muncul di layar,” Hundley melanjutkan. “Anda dapat benar-benar melihat apa dan bagaimana dampak yang terjadi pada komputer anda.”

GlassWire bukanlah aplikasi pertama untuk membantu anda memonitor pemakaian internet, namun bisa jadi yang paling menarik. Alih-alih menunjukkan angka-angka dalam grafik yang rumit dan mendalam – atau memisahkan TCP dan UDP – tampilan data GlassWire menyajikan pada pengguna apa yang sedang terjadi cukup dengan melihat sekilas. Dengan melakukan hal tersebut aplikasi ini mencapai hal yang mustahil: membuat pengawasan web menjadi menawan.

“Saat ini semua orang membicarakan dan mencoba untuk membuat aplikasi ponsel yang menarik, namun masih ada sekitar 1.5 miliar pengguna desktop Windows diluar sana.” Kata Hundley. “dengan fokus yang terpusat di ponsel, ada peluang yang nyata bagi para pengembang untuk menciptakan hal yang menarik untuk desktop – terutama ketika hal tersebut merupakan hal yang berguna.”

Meskipun demikian, rancangan ini lebih dari sekedar estetika sederhana. Sebagai contoh, ketika memilih untuk menampilkan gelombang perkembangan dan pemakaian internet dalam sebuah grafik, Hundley dan Bondar memutuskan untuk menggunakan garis-garis melengkung daripada garis-garis tajam. Meskipun kenyataannya garis-garis tajam lebih akurat, namun dengan menggunakan garis-garis melengkung pengguna mempunyai gambaran yang lebih baik tentang tren pemakaian data.

Konteks juga merupakan alasan dibalik fitur-fitur terbaik yang disematkan pada aplikasi ini, kemampuan untuk memonitor penggunaan internet di masa lalu.

“Sangat penting bagi kita untuk bisa melihat yang terjadi di masa lalu, dikarenakan ini akan menempatkan semuanya dalam suatu perspektif,” kata Hundle. “Misalnya, saya dapat melihat jika kemarin ada lonjakan pemakaian bandwidth. Dengan menggerakkan mouse saya diatas grafik tersebut saya kemudian bisa mengklik garis tersebut dan melihat aplikasi apa saja berjalan pada waktu itu, dalam hal ini kemana aplikasi tersebut terhubung.”

Aplikasi ini memberi pengguna kemampuan untuk menyelami data lebih dalam, akan tetapi daripada melakukannya secara langsung, cara pengekplorasian dirasa lebih alami. Sebagai contoh, jika pengguna tidak biasa mengunjungi website yang bersumber dari Afrika, Asia, atau Amerika Selatan mereka mungkin tertarik untuk melihat mengapa ada aktivitas yang berulang-ulang terkait lokasi-lokasi ini, karena aplikasi ini bisa menunjukkan aktivitas berbahaya atau spyware. Sebuah tab peringatan memungkinkan pengguna untuk melihat program baru apa saja yang terhubung ke internet pada waktu itu, sementara jendela pemakaian memungkinkan mereka memfilter data berdasarkan host, aplikasi, atau kategori lainnya.

Tidak suka dengan tampilan yang anda lihat? Tampilan firewall sederhana memungkinkan anda memutus koneksi apapun hanya dengan sekali klik.

Kendati GlassWire belum menjadi sebuah firewall yang cukup tanpa adanya dukungan, Hundley mengatakan bahwa hal ini akan menjadi perhatian untuk kedepannya.

“Masih banyak yang ingin kami lakukan,” katanya. “Mulai dari menyediakan informasi yang lebih detail mengenai port yang dapat membuat anda melihat data jauh sebelumnya. Saat ini, anda dapat menelusuri data 30 hari kebelakang. Kami ingin agar bisa mencapai satu tahun. Kami mendapat banyak masukan dari para pengguna, dan kami terus berusaha sekuat tenaga. Ada banyak ide yang membuat kami sangat bersemangat.”

 

Print Friendly, PDF & Email