“Banyak orang yang penasaran dengan produk iPhone 7 Anti Air. Namun sayangnya iPhone 7 yang diklaim oleh Apple sebagai ponsel yang tahan air, tidak memberikan jaminan garansi apabila ponsel mengalami kerusakan terhadap air. Satu hal yang cukup jelas, iPhone 7 memang tahan air namun bukan berarti tahan terhadap segala kondisi air” 

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Jess Bolluyt

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Ada banyak fitur-fitur baru dan menarik yang bisa kita temukan pada produk terbaru dari Apple, yaitu iPhone 7. Diantaranya seperti hasil foto kameranya yang impresif, kemantapan suara speaker stereonya, dan warna barunya yang licin mengkilat. Atau fitur lain yang lebih nyata yaitu fakta bahwa iPhone 7 saat ini sudah dilabeli water resistant atau tahan air, yang tentu akan bermanfaat bagi anda ketika menghabiskan banyak waktu di kolam renang atau mungkin tidak sengaja menjatuhkannya ke dalam air. Namun sesumbar yang mengatakan sebuah iPhone 7 anti air (wateproof) atau tahan air (water resistance), seringkali membuat orang-orang kebingungan tentang seberapa kebalnya perangkat ini terhadap air yang dimaksud. 

iphone 7 anti air

 

Skala ketahanan yang diistilahkan dengan IP-Ingress Protection, merupakan standar ketahanan air dari suatu perangkat, kadang pada kenyataannya tidak benar-benar sesuai seperti apa yang tercantum pada label yang diberikan. Jika anda pernah melihat pengujian ketahanan benturan perangkat ponsel, hasilnya tidaklah benar-benar bisa digunakan sebagai indikator ketika kita beraktifitas dalam dunia nyata. Jadi apakah iPhone 7 anti air? Sebenarnya seberapa tahan air iPhone 7? Apa arti tahan air tersebut? Dan seberapa banyak toleransi air yang bisa diterima oleh perangkat ini? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Perbedaan Antara Tahan Air (Water Resistant) Dengan Anti Air (Waterproof)? Yang mana yang dimiliki oleh iPhone 7?

iPhone 7 memiliki label tahan air (water resistant), jadi apa ini berarti iPhone 7 tidak masalah jika jatuh ke dalam kolam atau tidak sengaja terkena tumpahan kopi? Salah. Terdapat perbedaan besar antara label tahan air dengan anti air. Ponsel dengan label anti air, bisa berfungsi dengan normal di dalam air bahkan anda bisa mengambil gambar di dalam air. Namun ponsel dengan label tahan air, hanya bisa mampu mentoleransi percikan air bukan sepenuhnya berada di dalam air. Jadi ini adalah bagian penting yang perlu anda ketahui, karena Apple tidak memberikan jaminan garansi iPhone 7 jika mengalami kerusakan akibat terendam air.

IPhone 7 menggunakan teknik penutupan ruang untuk membuat perangkatnya tahan air. Apple menjelaskan bahwa iPhone 7 dan iPhone 7 Plus diuji dalam “laboratorium yang kondisinya diatur sedemikian rupa” dengan rating IP67 berdasarkan standar IEC 60529. (Namun demikian perusahaan tetap memperingatkan bahwa daya tahannya bisa menurun seiring penggunaan sehari-hari). Rating ketahanan air IP67 memiliki pengertian bahwa perangkat secara teknis mampu bekerja satu meter (atau 3,3 kaki) di bawah air selama 30 menit. Tapi seperti yang dilaporkan Antonio Villas-Boas dari Business Insider, “Akan lebih baik jika anda menjauhkannya dari air” jika anda sendiri tidak ingin berurusan dengan biaya perbaikan mahal akibat tidak tercakup dalam garansi.

Dengan kata lain, label tahan air cukup untuk melindungi iPhone anda dari ketidaksegajaan terkena tumpahan atau tetesan air. Tetapi anda tidak harus memperlakukan perangkat dengan label tahan air sebagai sebuah fitur, dimana anda menganggap fitur unggulan tersebut benar-benar memberikan jaminan terhadap segala kondisi air. Seperti yang Villas-Boas tuliskan, “Jika memang KEBAL terhadap air, ponsel harusnya mampu bertahan di tempat yang lebih dalam dan lebih tahan lebih lama ketika berada di bawah air. Tapi pada kenyataannya tidaklah seperti itu, jadi jangan sampai anda mencobanya untuk diving.” Jadi dapat diketahui bahwa jargon mengenai iPhone 7 anti air adalah salah tafsiran, dimana sebenarnya hanya tahan air (water resistant).

Bagaimana iPhone 7 Bisa Tahan Air?

Jadi setelah penjelasan sebelumnya, sudah jelas mana yang boleh dan mana yang tidak boleh anda lakukan ketika berhubungan dengan kemampuan tahan air di iPhone 7. Dibalik itu semua, mungkin anda cukup penasaran mengapa perangkat ponsel ini bisa berlabel tahan air atau water resistance, berbeda dengan generasi iPhone sebelumnya. Sean Hollister dari CNET mengatakan bahwa smartphone memiliki banyak celah untuk disusupi air (setiap port, setiap tombol, setiap saluran speaker dan setiap lubang mikrofon, ditambah celah antara tepi ponsel dengan layar). Layar kaca adalah masalah paling besar, dikarenakan pada saat pembuatan perangkat, layar kaca tidak bisa ditempelkan secara permanen pada kerangka ponsel.

Biasanya, produsen menggunakan zat seperti lem – dalam bentuk gasket, segel, kaset, dan perekat – untuk membuat segel yang kedap udara. Tetapi beberapa bagian dari ponsel tidak benar-benar disegel. Speaker dan mikrofon membutuhkan udara untuk masuk dan keluar dari perangkat. Biasanya, ponsel tahan air menggunakan jala-jala halus untuk mencegah air masuk ke speaker dan mikrofon. (Yang bekerja berkat kohesi dan tegangan permukaan air) Beberapa ponsel termasuk iPhone 7, juga menambahkan membran kain nafas tahan air untuk membiarkan udara melewatinya dan menyamakan tekanan di dalam dengan di luar perangkat.

Tapi seperti yang dilaporkan Hollister, tidak ada hal dimana terdapat perangkat ponsel yang benar-benar atau secara permanen tahan terhadap air. Dengan tekanan yang cukup, air bisa saja masuk menyusup kedalam. Namun air yang ditambahkan dengan bahan kimia seperti garam, dapat mempersulit terjadinya perembesan air ke dalam. Perangkat ponsel dengan penilaian IP tertentu diuji untuk melihat apakah mereka bisa bertahan terhadap tetesan air tawar, semprotan air segar, dan perendaman beberapa kaki di dalam air untuk jangka waktu lama. Peringkat IP tidak ada hubungannya dengan apakah anda bisa menggunakan perangkat di bawah air, menjatuhkannya ke dalam air bukan merendam, atau percikan dengan jenis cairan lain. Mereka juga tidak menjamin bahwa ponsel anda akan bisa bertahan hidup setelah mengalami beberapa pemakaian.

Apa Yang Boleh Dan Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada iPhone 7?

Jadi apa saja perlakuan yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan pada iPhone 7 ketika berhadapan dengan air? Apple telah memiliki daftar informasi mengenai apa saja yang perlu anda hindari ketika menggunakan produk terbaru mereka. Untuk menghindari kerusakan akibat cairan (dimana perusahaan mengingatkan bahwa mereka tidak memberikan jaminan garansi akibat kerusakan jenis ini), Apple menyarankan anda untuk tidak:

  • Berenang atau mandi dengan iPhone 7 atauh iPhone 7 Plus
  • Terang-terangan menggunakan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus pada kondisi air bertekanan tinggi seperti, mandi dengan shower, ber-ski air, berselancar, dan lain sebagainya.
  • Menggunakan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus di dalam ruangan sauna.
  • Secara sengaja merendam iPhone 7 atau iPhone 7 Plus di dalam air.
  • Mengoperasikan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus di luar suhu yang disarankan atau di kondisi dengan kelembaban yang sangat ekstrim.
  • Menjatuhkan iPhone 7 atau iPhone 7 Plus atau membenturkannya secara sengaja.
  • Membongkar iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, termasuk membuka baut-bautnya.

Apple juga menyarankan anda untuk menjauhkan ponsel anda dari paparan sabun, deterjen, asam-asam tertentu dan jenis cairan lainnya. Jika iPhone anda telah disusupi oleh air atau cairan lainnya, Apple menyarankan agar mengeringkannya secara menyeluruh, menempatkannya pada tempat kering yang memiliki cukup aliran udara dan membiarkannya sekurang-kurangnya lima jam sebelum diisi ulang (di-charger) atau menyambungkannya dengan aksesoris-aksesoris Lightning. Dan sekali lagi, garansi Apple tidak mencakup kerusakan akibat air. Jadi berdasarkan informasi yang telah mereka sampaikan, anda sudah mengetahui cara yang tepat ketika beraktifitas atau berpetualang dengan perangkan baru ini. 

Jadi saat ini anda tentu sudah bisa mengetahui apakah iPhone 7 anti air atau tahan air bukan?