“Isu netralitas internet sedang hangat dibahas di Amerika. Hal ini disebabkan karena kebebasan berinternet yang diperoleh saat ini akan dapat dibatasi oleh para ISP disana. Secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh juga dengan internet di Indonesia karena sebagain besar server internet ada di Amerika”

Artikel asli dalam Bahas Inggris oleh: John C. Dvorak

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Kehebohan mengenai isu munculnya “Net Neutrality” atau “Netralitas Internet” sangatlah tidak normal dan berubah menjadi histeria masal yang tidak ada seorangpun yang menginginkannya di dunia teknologi, tidak akan pernah!

Hal ini muncul dari kepercayaan bahwa jika tanpa adanya hukum atau peraturan pemerintah, iblis ISP (dalam hal ini Comcast) akan melakukan suatu cara yang dapat merugikan konsumen melalui berbagai praktik tidak sehat. Termasuk juga dengan membuat jaringan favorit untuk produknya sendiri (seperti program NBC) dan menyediakan prioritas lalu lintas data bagi siapapun yang mampu membayar uang extra untuk mendapatkan perlakuan yang lebih baik dalam jaringan backbone-nya.

Analogi dari hal ini mungkin muncul dari hari gelap ArtificiaI Intelegence yang dikenal dengan “Information Superhighway.” Kita mungkin memerlukan penahan benturan, jalur cepat, jalan toll dan mungkin hal lainnya yang kita tidak tahu. Namun demikian mengapa Comcast melakukannya? Ya karena mereka adalah perusahaan jahat. Dan mereka mampu.

blocked content

Contoh konten yang diblokir

Jadi, mengapa hal ini belum juga selesai sampai sekarang? Tidak ada seorang-pun yang dapat menjawabnya, kecuali mengatakan beberapa prinsip FCC yang disarankan tahun lalu tidak dapat diterapkan karena dapat menimbulkan praktek korupsi.

Apa yang sebenarnya terjadi sehingga memicu kemarahan saat ini adalah ketika Netflix membayar untuk mendapatkan layanan data yang lebih baik kepada Comcast, yang dapat meningkatkan kecepatan pemutaran film sesuai dengan tuntutan konsumen. Tampaknya Netflix lebih memilih menggunakan jaringan private backbone berkecepatan tinggi yang dimiliki oleh Comcast dan Verizon daripada menggunakan internet publik yang berjalan melalui titik persimpangan seperti Mae-East or Mae-West.

Netflix dan masyarakat umum rupanya berpikir rute spesial ini yang menghabiskan bandwith dengan rakus, khususnya perusahaan seperti Netflix, seharusnya dibebaskan karena mereka ada disana.

Ide dasarnya adalah Netflix, akan memberondong jaringan dengan data yang besar dan Comcast harus menariknya dan mengubah jaringan private mereka sesuai dengan tuntutan. Mengapa? Karena inilah yang disebut dengan Internet terbuka. Kesetaraan akses bagi semua pendatang. Semua paket adalah setara. Dan karena kita berpikir bahwa ISP akan pasti merusak prinsip ini jika mendapatkan kesempatan, pemerintah diharapkan ikut terlibat dan memberikan regulasi tentang internet untuk melindungi masyarakat.

Setelah lewat setahun dari ketakutan dimana pemerintah sempat akan mengambil alih kendali internet, saat ini terjadi hal sebaliknya, orang-orang memohon agar pemerintah dapat melaksanakannya. Dua komisioner liberal yang ada di FCC cukup banyak mengatakan bahwa permasalahan telah datang dan peraturan perlu ditempatkan pada tempatnya. Pemikiran tentang pra-kriminalitas ini akan menghasilkan regulasi yang dapat mengganngu semuanya.

Salah satu dari tiga prinsip yang ada pada daftar proposal dengar pendapat (yang diadopsi oleh FCC) adalah terdapat frasa kata “legal content.” Ini benar-benar mengejutkan ketika saya melihatnya. Siapa yang memutuskan apa yang legal dan apa yang tidak? Hal ini biasanya selalu diselesaikan oleh pengadilan administratif. Seseorang harus memutuskannya. Saya dapat menjamin bahwa masyarakat tidak akan pernah tahu tentang Edward Snowden jika aturan FCC sudah dijalankan. File yang telah dicuri akan dianggap ilegal. Para senator akan menanyakan mengapa materi tersebut ada di internet, dilindungi oleh prinsip netralitas internet atau tidak. File ini akan disensor untuk alasan keamanan nasional. Hampir sama dengan Wikileaks, web ini akan pasti dianggap ilegal dan tidak akan pernah diijinkan.

Seperti itulah bagaimana semuanya akan berakhir. Anda akan mendapatkan layanan Netflix dan benar-benar lancar saat akan menontonnya. Tapi anda tidak akan mendapatkan informasi apapun yang berhubungan dengan kritik terhadap pemerintah. Ini bukan tentang menjadi paranoid, ini tentang hal logis setelah melihat reaksi dari pembocoran informasi rahasia dari Snowden. Tidak ada pengampunan bagi orang-orang yang secara esensi melakukan penyadapan dan pemantauan terhadap masyarakat umum tanpa dokumen resmi. Tidak ada. Pada kenyataannya bahkan para pejabat menjadi angkuh. Yang jadi masalah, seberapa jauh mereka peduli, adalah Snowden dan kebocoran dirinya sendiri. Bagaimana hal ini dapat diantisipasi pada masa mendatang?

Berikan regulasi di internet, begitu caranya.

Ini juga menjelaskan kenapa Yahoo, Google dan Microsoft, dan diantaranya dalam ide yang sama. Mereka kehilangan bisnis karena pembeberan rahasia Snowden. Ini tidak bagus. Apa yang dapat dilakukan untuk mengahalangi hal ini? Dengan regulasi pemerintah, pemberian lisensi, melakukan sensor dan perlindungan informasi publik.

Ide tentang semua paket informasi adalah setara akan tersingkir ke sisi bagian lain jika FCC telah mengambil alih. Bagaimanapun juga ini adalah pengalihan perhatian. Semua paket informasi tidaklah pernah setara, atau memang tidak seharusnya. Paket suara dan video harus menjadi prioritas diatas paket tulisan/text untuk alasan jelas yaitu layanan yang berkualitas. Apakah ada yang percaya bahwa sebuah remote kontrol operasi bedah dikontrol dari internet ketika nyawa seseorang seharusnya berada pada prioritas yang sama dengan sebuah video kucing? Siapa yang dapat berpikir seperti itu?

Apakah sesuatu yang buruk jika perusahaan medis menggunakan teknologi ini dengan mengeluarkan biaya ekstra untuk konektivitas jarak dekat real-time? Atau haruskah kita semua menangis dengan keji?

Perdebatan net neutrality atau netralitas internet, internet terbuka, prinsip semua paket adalah setara, dapat menjadi membabi buta jika diinginkan. Saya secara personal tidak terlalu peduli bagaimana hal ini akan terselesaikan. Saya tidak melihat para ISP sebagai pihak yang jahat. Mengapa berbisnis dengan mereka jika memang mereka seperti itu? Pemerintah di sisi tangan yang lain, memiliki tangan yang lebih besar di dalam dompet saya dibandingkan dengan Comcast. Berdasarkan pembocoran rahasia Snowden, hal itu bukan untuk dipercayai. Mereka tidak melakukan apa-apa untuk mengumpulkan kepercayaan dengan taktik yang tidak pernah berhenti untuk menakut-nakuti publik dengan skenario terorisme sebagai penyalahgunaan kekuasaan. Sekarang kami ingin memberikan FCC lebih banyak kekuasaan hukum dari yang telah dimiliki sebelumnya. Satu bentuk telah muncul pada paruh waktu pertandingan dan mereka akan mengamuk saat itu. Anda tidak akan ingin orang-orang ini dekat dengan internet.

Masyarakat dapat menemukan banyak cara untuk menghukum sebuah badan hukum yang menyalahgunakan kewenangannya. Situasi ini seharusnya tidak diperluas ke titik dimana FCC tidak memiliki hubungan dengan hal tersebut.

Tunggu saja, anda akan segera melihatnya.

Print Friendly, PDF & Email