“Bekerja di startup ibaratnya seperti menjalankan ideologi. Penuh dengan gairah membara dan juga penuh dengan ketidakpastian. Namun demikian, tidak ada istilah sia-sia bagi yang bekerja dengan sungguh-sungguh dan berpegang teguh pada apa yang dia percayai”

– catatan editor-

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Stewart Masters

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


 

ekosistem startup

Lingkungan Kera Startup

Mundur ke beberapa minggu ke belakang, saya membawa sebuah pencerahan dari artikel saya sebelumnya tentang “kenyataan hidup saya di sebuah startup” yang beberapa orang mungkin katakan sebagai sisi negatif ketika bekerja dalam ekosistem startup.

Walaupun demikian, saya menganjurkan kepada orang-orang untuk mendapatkan pengalaman di suatu ekosistem startup, dimana akan bisa menjadi salah pekerjaan paling menantang dan bermanfaat bagi pribadi dan pengalaman profesional anda.

Oleh sebab itu, dibawah ini khususnya bagi orang-orang muda yang memiliki gairah begitu tinggi, anda akan menemukan alasan yang luar biasa memotivasi anda dalam arah yang positif tentang mengapa anda perlu melemparkan handuk anda untuk sebuah perusahaan korporat dan bergabung dengan sebuah startup. Di bawah ini sedikit gambaran tentang keuntungan bekerja di startup:

Budaya Perusahaan Startup Yang Funky

Meskipun tiap-tiap startup telah memiliki budaya pembuatan codingnya sendiri, dimana ada yang telah tertanam dalam aliran darahnya dan ada juga yang tergantung pada selera masing-masing orang, hal-hal seperti ini membantu terciptanya atmosfir dimana setiap orang memiliki tujuan dan kesadaran yang sama. Secara esensial, terdapat sebuah budaya kerja yang melingkupi semua hal termasuk relasi-relasi, nilai, pandangan, sikap dan kebiasaan.

Dari budaya-budaya startup yang keren terdapat beberapa keuntungan: saya bisa memakai apa yang saya inginkan untuk bekerja, saya dikelilingi oleh orang-orang yang bekerja dengan tujuan yang sama dan juga memiliki dorongan dan rangsangan yang sama, saya bermain ping pong dengan celana pendek dan dapat minum Mai Tai (sejenis koktail) ketika bertemu investor, saya bekerja lembur di malam hari dengan tim yang memiliki ikatan satu sama lain, saya bekerja di rumah ketika saya ingin dan memiliki aksesoris mainan di dekat meja saya. Bisakah saya meminta hal lain lagi?

Rasa Memiliki dan Rasa Tanggung Jawab

Menjadi bagian dari sesuatu yang brilian dengan pengaruh orang-orang dari berbagai belahan dunia adalah pengalaman yang sangat bermanfaat. Bekerja keras dan menjadi orang yang kreatif adalah sikap yang sejalan dengan kehidupan startup dan akan membantu anda mempersiapkan masa depan anda dimana belum pernah terjadi sebelumnya. Di masa-masa awal tim startup biasanya hanya terdiri dari sejumlah kecil anggota, memiliki peran integral dalam pembuatan sebuah produk dan memiliki perasaan bahwa anda membuat sesuatu yang jelas, sesuatu yang membantu meningkatkan kualitas hidup orang-orang di seluruh dunia (jika anda beruntung!), dan sesuatu yang benar-benar bisa anda pergunakan sendiri. Hal-hal ini membantu anda memahami pentingnya rasa kepemilikan dari suatu produk. Penciptaan terhadap sesuatu yang nantinya akan digunakan oleh ribuan atau jutaan orang memberikan anda kebanggaan pada pekerjaan anda dan sebuah rasa memiliki, sesuatu yang tidak mudah digantikan di ekosistem kerja lainnya.

Tanpa Kerumitan Birokrasi

Startup tidak memiliki tingkat birokrasi rumit yang sering anda temukan dalam perusahaan korporat. Katakan selamat tinggal pada gulungan pita merah tanpa batas dan banyaknya tahapan-tahapan persetujuan yang bisa dengan sekejap menghilangkan semangat anda. Meskipun tidak semuanya seperti itu, anda diharapkan untuk bisa mengambil keputusan sendiri, tanggap dan mampu menjalani berbagai perubahan skenario yang terjadi. Meskipun startup memiliki struktur organisasinya sendiri, dalam sebuah tim kecil, tidaklah sulit untuk pergi ke meja dan bertemu langsung dengan CEO untuk mendapatkan perhatiannya, jika dibandingkan dengan perusahaan umum lainnya yang harus melewati mimpi buruk dengan bertemu sesorang yang bahkan bukan pembuat keputusan. Sedikit birokrasi berarti mencapai tujuan anda dan mengambil keputusan dengan lebih cepat dan lebih efisien.

Kepandaian Dalam Banyak Hal dan Berbagai Pengalaman

Bekerja di perusahaan korporat seringkali berarti bekerja pada pekerjaan yang monoton dari hari ke hari, hingga sampai di suatu waktu anda dipromosikan pada jabatan baru dan kemudian bisa menebus dosa anda sebelumnya. Sebuah startup cenderung tidak memiliki banyak dana untuk dipergunakan, khususnya ketika masih berada dalam tahap awal yang mana berarti orang-orang yang mendirikannya juga ikut menjalankannya, dan memegang banyak peranan dalam perusahaan termasuk anggota timnya. Suatu hari anda bisa saja diminta untuk menghadiri jumpa pers dan kemudian membantu pekerjaan bagian keuangan, memasarkan produk dan membantu tim desain dalam perancangan produk. Apapun tugasnya, anda akan mengerjakannya! Seorang CEO yang baik tahu bahwa dengan menemukan orang yang tepat yang bisa mengerjakannya dengan baik adalah kunci untuk menjadi sukses. Seorang CEO yang hebat tahu bahwa anda mungkin bisa melakukan sesuatu yang bahkan bukan kapabilitas anda ketika direkrut dan ingin agar anda membuka wawasan anda ketika menghadapi berbagai situasi yang berbeda di dunia usaha. Ini adalah salah satu hal yang saya sukai dari kehidupan startup, mendapatkan keanekaragaman keahlian dan kemampuan untuk selalu bisa belajar dengan kaki anda sendiri. Saya pernah mengambil peran sekretaris, bagian pemasaran, CEO, CTO, CMO, CFG dan bahkan baru-baru ini pernah berperan sebagai kepala keuangan. Mendapatkan pengetahuan dari berbagai persoalan adalah sesuatu yang tidak ternilai bagi masa depan anda.

Kebebasan Yang Bertemu Dengan Tanggung Jawab

Dari tim yang kecil terdapat tanggung jawab. Memegang banyak peranan adalah hal yang hebat namun dibaliknya terdapat banyak tanggung jawab.

Biasanya di dalam ekosistem startup, anda diberikan tujuan yang jelas dan bertanggung jawab pada bidang yang pasti dan juga kebebasan untuk bisa menyelesaikan tugas bagaimanapun cara yang akan anda gunakan. Anda akan mendapatkan lebih banyak tanggung jawab dibandingkan dengan yang bisa anda dapatkan pada perusahaan yang lebih besar.

Tanggung jawab berarti, di saat anda membuat kekacauan anda diharapkan untuk mengakuinya dan segera memperbaiki kesalahan anda. Bekerja dalam tim yang kecil berarti semakin sulit untuk membuat kekacauan yang mana menjaga anda tetap fokus pada tujuan anda.

Ketika anda merasa pekerjaan saat ini menghabiskan waktu yang panjang dan bahkan kadang harus bekerja di hari libur, kehidupan startup sangatlah fleksibel. Anda tidak bekerja dari jam 9 sampai jam 5 sore dan anda memiliki kesempatan untuk bisa bekerja dari mana saja, atur jam kerja anda sendiri, bawa kucing, anjing atau anak anda ketika bekerja. Atau hal lain yang bisa anda atur sendiri.

Kesenangan dan Kegembiraan Sampai Hari Dimana Perusahaan Bisa Terbang Tinggi

Kita tidak akan bekerja di startup jika mereka bukan perusahaan yang kita tahu bagus bukan? Bekerja di sebuah startup bisa sangat menyenangkan. Berkumpul dengan orang-orang cerdas dan inovatif, belajar tentang sesuatu yang anda sendiri tidak tahu bahwa hal itu ada sebelumnya dan tidak akan tahu apa yang akan terjadi di hari berikutnya membuatnya menjadi lingkungan yang menyenangkan. Jika budaya dalam perusahaan cukup solid, bekerjalah pada tempat yang anda inginkan dan berikanlah hari-hari terbaik anda di tempat anda bekerja.

Uang, Uang dan Uang

Jika anda bergabung dengan sebuah startup yang masih baru, memang belum pasti namun anda akan mendapat kesempatan jatah pembagian saham ketika suatu hari startup berhasil untuk “Go Public.” Anda akan menjadi salah satu orang yang mendapatkan pembagian uang sesuai nilai dari saham yang anda peroleh. Namun jika startup tidak mencapai kesuksesan, tidak perlu kecewa, anda akan mendapat kesempatan lainnya.

Di sisi lain, pengalaman anda dalam startup seharusnya akan bisa membantu anda menjadi orang yang cermat dimana bisa mengatur keuangan dengan baik. Tidak memiliki sumber pendanaan (atau pendanaan yang minim) berarti menjaga pengeluaran seminimum mungkin, yang juga akan menular kepada kebiasaan anda sehari-hari.

Kesempatan dan Pengakuan

Startup yang tidak memiliki banyak modal atau pendanaan, cenderung tidak memberikan gaji yang mencukupi. Jadi jika anda mencari pemasukan yang bagus, jaminan kesehatan yang baik, dan bonus yang biasanya didapatkan setiap tahun, mungkin tempat ini bukan tempat yang cocok untuk anda. Meskipun anda tidak memiliki gaya hidup yang sama dengan kawan-kawan anda yang bekerja di perusahaan besar, anda akan berada di tempat yang penuh dengan tugas, berbagai pengalaman dan kesempatan untuk berkembang menjadi pekerja yang dinamis.

Anda mungkin akan lebih bekerja keras di tempat lain dibandingkan ketika bekerja di sebuah startup, namun tidak akan ada yang menyadari. Di sebuah startup, tim anda akan mengakui waktu yang anda habiskan dan kerja keras yang telah anda lakukan tanpa ada seseorang yang yang mencuri kredit/penghargaannya (dalam sebuah tim kecil hal ini sulit untuk dilakukan). Semua penghargaan dan kebanggaan adalah milik anda sendiri!!

Belajar Dari Para Inovator

Para enterprenir atau pengusaha memiliki mentalitas yang berbeda dan selera resiko yang melebihi orang-orang waras pada umumnya. Tidak ada hal yang lebih memuaskan dibandingkan dengan membuat sesuatu yang akan bisa berguna bagi banyak orang dimana memberikan penyelesaian suatu masalah dan memperbaiki sesuatu yang sebelumnya belum penah ada yang membuatnya. Para pengusaha melihat masalah dari sudut pandang yang berbeda dan menciptakan sebuah solusi inovatif dan orang-orang seperti inilah yang akan akan mendorong semangat anda setiap harinya. Bekerja dengan orang-orang yang berjiwa seperti seorang inovator dari hari ke hari akan membantu anda menjadi salah satunya di kemudian hari.

Dan sebagai rangkuman dari semua hal diatas, bekerja dalam sebuah lingkungan startup mendorong anda membuka sampul pembatas dalam diri anda, untuk menjadi lebih kreatif dan mampu menggali keahlian-keahlian yang sebelumnya tidak pernah anda ketahui. Kemampuan untuk berpikir kritis dan kemampuan memahami lingkungan di sekitar akan semakin bertambah seiring bertambahnya bagaimana cara anda menemukan jalan keluar terhadap suatu masalah yang anda temukan. Bekerja dengan sumber daya terbatas membantu fokus ketajaman pada suatu tujuan tetap terjaga dan membiarkan prioritas yang kurang penting terlewati. Belajar untuk kapan dan bagaimana mengatakan “tidak” adalah kemampuan yang luar biasa penting, tidak peduli apapun pekerjaan anda. Apakah anda hanya ingin mencobanya sekali dalam jejak karir anda ataupun tetap menjadi seorang pengusaha, pengalaman dunia startup bisa anda pergunakan dimanapun anda berada nantinya!

 

Print Friendly, PDF & Email