“Jaringan 4G, generasi jaringan mobile terbaru, memang sudah mulai dapat dinikmati di beberapa tempat, terutama di kota-kota besar. Namun apakah 4G memang lebih baik dari 3G? Atau mungkinkah lebih cepat dari WiFi? Jangan kaget jika anda menemukan bahwa ternyata 3G masih lebih nyaman digunakan dibandingkan 4G”

 – catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: Aj McDonald

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan editor


Sebuah pertanyaan sering diajukan kepada kami RepublicWireless, seperti ini: “Hei Republic, kecepatan data mana yang paling bagus untuk saya gunakan? Tentu 4G adalah yang tercepat bukan? Saya menginginkannya! ” Pendapat yang salah!! Yah, tapi mungkin tidak sepenuhnya salah… Untuk benar-benar menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu melihat lebih dekat di mana dan bagaimana anda menggunakan ponsel anda. Tidak ada yang salah untuk selalu terkoneksi dengan jaringan yang bagus!

 

3G, 4G atau WiFi

Perbandingan 3G, 4G dan WiFi

Tambahan huruf “G” di 3G dan 4G adalah singkatan dari kata “Generasi.” Sederhananya, berarti generasi teknologi jaringan yang sedang digunakan. Sebelum jaringan 3G muncul, telah ada jaringan 2G, dan bahkan ada jaringan 1G sebelumnya (lihat kembali ponsel analog berukuran besar jaman dulu). Seiring semakin banyaknya orang menggunakan jaringan ini, dan semakin banyak juga bandwidth yang diperlukan untuk melayani semua pengguna baru, maka diperlukan juga pembangunan jaringan baru dengan kapasitas layanan yang lebih luas. Banyak yang mengatakan hanya karena 4G adalah teknologi terbaru, tidak berarti teknologi ini akan menjadi yang terbaik bagi anda. Sebagai tambahan informasi, terdapat beberapa jenis jaringan 4G. Beberapa diantaranya saat ini hanya ditawarkan di daerah-daerah tertentu di Amerika Serikat. Dan, karena lebih banyak orang berpindah dari suatu jaringan ke jaringan lainnya – katakanlah 3G ke 4G – membuat jaringan 3G menjadi lebih terbebaskan berkali-kali lebih banyak. Anda akan melihat lonjakan kecepatan dan efisiensi di jaringan tersebut karena tiba-tiba hanya sedikit orang yang menggunakannya (ini yang terjadi pada jaringan 2G sebelumnya ketika 3G pertama kali mulai banyak digunakan pada tahun 2007). Ini seperti pembukaan jalur lalu lintas yang tiba-tiba menjadi jalan bebas hambatan dan ketika menggunakannya anda mampu pergi dengan lebih cepat dari sebelumnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, 4G datang dalam rasa yang berbeda. Terutama: 4G LTE (yang merupakan singkatan dari “Long Term Evolution“) dan 4G WiMAX (yang merupakan versi 4G yang lebih tua dimana dirancang untuk memberikan jaringan broadband nirkabel untuk rumah maupun bisnis tanpa pengadaan kabel jaringan yang mahal untuk setiap bangunan). WiMax adalah jaringan 4G pertama yang akan diluncurkan. Jaringan ini bahkan didukung oleh Intel. Namun sayangnya sedikit demi sedikit keberadaannya mulai menghilang, meskipun sejumlah operator masih menawarkan kemampuan 4G jenis ini. Ketika WiMax mendapatkan kembali momentumnya pada tahun 2006, seluruh industri ponsel telah mengalihkan fokusnya ke LTE, yang menjanjikan kompatibilitas yang lebih baik dengan peralatan ponsel yang ada. Standar LTE telah disetujui pada bulan Desember 2008, dimana jaringan LTE pertama di Amerika berasal dari MetroPCS pada bulan Oktober 2010. Operator Seluler Sprint mengumumkan akan mematikan jaringan 4G WiMax yang tersisa mulai dari November 2015 demi mendukung pergeseran dan perluasan ke jaringan 4G LTE.

Jadi label “4G” tidak berarti apa-apa ketika dikaitkan dengan kecepatan atau apapun tentang pembukaan jaringan terbaru di jalur bebas hambatan. Setiap orang ingin segera beralih ke 4G karena terlihat lebih cepat. Tetapi begitu semua orang menggunakannya, jalur 3G menjadi terangkat dan mulai lebih lega. Jadi, bagaimana anda bisa tahu jaringan atau “jalur” mana yang mestinya dipilih?

Kinerja: 3G vs. WiMAX vs. LTE

Di atas kertas, 3G memiliki transfer data di waktu puncak hanya sekitar 200 Kbps. Ya, memang lambat. Benar-benar lambat. Standar ini didirikan pada tahun 2003 dan sebagian besar jaringan 3G menawarkan kecepatan 10-12 kali lebih cepat di saat itu. 4G WiMax memiliki kecepatan download sekitar 30-40Mbps, sementara LTE memberikan hingga sekitar 100Mbps. Namun kenyataannya, jaringan ini tidak mencapai kecepatan seperti kondisi tersebut. Ini dikarenakan kinerja jaringan jauh lebih tergantung pada bagaimana jaringan ini dibangun dibandingkan spesifikasi dari teknologi yang mendasarinya. Selain itu, jika anda berada di daerah di mana infrastruktur 4G masih belum merata, anda mungkin menemukan layanan jaringan 3G masih lebih baik dari jaringan 4G. Dan, anda dapat mengubah rencana penggunaan jaringan ponsel anda yang mampu memberikan pengalaman terbaik secara menyeluruh.

Dan Bagaimana Dengan Wifi

Oh ya, jangan lupa tentang WiFi. Terbaik dari yang terbaik. Jaringan terbesar, tercepat yang sudah anda gunakan. Di setiap harinya, semakin dan semakin banyak jaringan WiFi gratis bermunculan (pencarian sederhana dengan Google akan mengkonfirmasikannya). Penelitian kami menunjukkan bahwa rata-rata orang berada pada area jangkauan WiFi ketika bekerja atau di rumah adalah sekitar 64% dari hari mereka. Pada tahun 2018 – ada diperkirakan lebih dari 340 juta hotspot WiFi yang tersedia. Terdapat banyak potensi untuk memberikan lebih banyak cakupan, di lebih banyak tempat, dan biaya yang lebih sedikit! Kecepatan koneksi WiFi yang diberikan sangat tergantung pada sinyal yang disediakan, tetapi sebagian besarnya, memungkinkan anda mendapatkan kecepatan data tercepat maksimum sekitar 1.300 Mbps, secara teori jika menggunakan sinyal 802.11ac (lebih seperti 50Mbps di kehidupan nyata). Namun sama seperti jaringan 3G dan 4G, beberapa faktor mempengaruhi kecepatan keseluruhannya seperti jarak ke sumber nirkabel dan berapa banyak orang yang menggunakan sinyal yang sama / berbagi bandwidth yang sama (jalur lalu lintas jalan bebas hambatan).

Jadi Mana Yang Lebih Bagus? 3G, 4G Atau Wifi?

Jawabannya adalah, tergantung! Analoginya adalah bagaimana “menjaga trafik data agar berada di jalur bebas hambatan.” Pada jarak pendek jika menggunakan koneksi WiFi jenis 802.11a atau jaringan WiFi yang lebih baik lainnya, WiFi berada selangkah di depan. Di belakang WiFi, 4G LTE menawarkan koneksi terbaik, tapi masih cukup baru dan baru tersedia secara terbatas di beberapa tempat, dan begitu banyaknya orang yang antusias “bergabung ke jalur 4G LTE.” Jadi, 3G seperti menjadi kura-kura versus kelinci di sini – 3G dapat lebih lambat, tetapi lebih stabil dan dapat diandalkan karena semakin sedikit orang yang menggunakannya. Dan segera, seperti apa yang beberapa anggota redaksi kami telah lakukan, kami mungkin telah membandingkan pengukuran kecepatan tiap-tiap jaringan bersama-sama untuk memberi tahu setiap orang tentang apa jaringan tercepat yang bisa digunakan oleh mereka, namun terdapat kata-kata terbaik yang disampaikan oleh salah satu anggota di forum Republic, yaitu:

“KITA TIDAK HARUS MEMPERHATIKAN DETAIL TEKNIS KECEPATAN DARI JARINGAN LAMA ATAU JARINGAN BARU … SEMUA INI ADALAH TENTANG DATA YANG SAMA; MEMBAHAS KECEPATAN KONEKSI adalah hal yang sia-sia. KITA SEHARUSNYA MEMBAYAR BERDASARKAN JUMLAH DATA YANG KITA GUNAKAN, BUKANNYA KECEPATAN YANG KITA GUNAKAN. “

Terima kasih, dan beritahu kami jika anda memiliki pertanyaan atau tanggapan di komunitas kami.