“Setiap pembaharuan versi Android selalu menghadirkan fitur-fitur baru. Dibawah ini beberapa pertimbangan bagi anda yang mungkin perlu anda ketahui sebelum membeli perangkat teranyar dengan OS Android Lollipop”

– catatan editor –

Artikel asli dalam Bahasa Inggris oleh: David Nield 

Ditranslasikan ke dalam Bahasa Indonesia oleh: Edy Kesuma

Dicek dan ditinjau ulang oleh: Reopan Editor


Setelah penantian yang cukup panjang sejak preview Android L pertama kali ditampilkan, Google akhirnya merilis versi final Android 5.0 Lollipop bagi perangkat Nexus sebelumnya, dan juga perangkat terbaru mereka Nexus 6 dan Nexus 9. Kenali lebih dekat versi terbaik dari Android melalui beberapa pembahasan tips dan trik, semua fitur baru dari yang terkecil dan terbesar yang dibangun di dalam sistem operasi ini.

1. Tap and Go

tap go Lollipop

Tap and Go

Saat melakukan pengaturan pertama kali di perangkat Lollipop, anda akan dibawa ke pilihan menu “tap and go”. Melalui NFC, semua detail google account anda, konfigurasi setting, data dan aplikasi akan dipindahkan ke perangkat baru hanya dengan menempatkan ponsel/tablet anda pada posisi saling berlawanan. Widget dan wallpaper anda juga akan ikut berpindah secara otomatis.

2. Fitur Flashlight Lollipop

Aplikasi lampu senter atau flashlight telah menjadi salah satu aplikasi populer di Android, sehingga Google memutuskan untuk menyediakannya langsung di Lollipop sehingga anda tidak perlu repot untuk mendownload aplikasi pihak ketiga. Tarik turun drawer notifikasi, kemudian tekan menu bar atas untuk menampilkan flashlight, dan beberapa fitur lain seperti mode pesawat terbang. Aplikasi ini hanya akan tampil jika perangkat anda memiliki fitur LED flash yang disertakan bersama dengan kameranya.

3. Prioritaskan Aplikasi Anda

prioritas aplikasi Lollipop

Prioritas Aplikasi

Android Lollipop membebaskan anda untuk mengatur daftar aplikasi penting yang diijinkan untuk memberi alert/peringatan dimana hal itu sebelumnya tidak diperbolehkan. Silahkan masuk ke menu Setting – Sound & notification – App notifications dan kemudian anda dapat memblok masing-masing aplikasi atau menandai sebagai salah satu prioritas. Tap tampilan volume slider pada perangkat anda untuk mengaktifkan mode prioritas menjadi tidak terbatas atau hanya untuk satu jam saja (sebuah tanda bintang akan tampil di status bar).

4. Interaksi dengan notifikasi pada lock screen

Di Lollipop semua notifikasi aplikasi anda yang tampil pada lock screen sudah siap untuk dirasakan. Tidak hanya itu, anda juga dapat berinteraksi dengan semua aplikasi itu. Swipe untuk mengabaikan, tap untuk merespon dan lainnya, tergantung pada aplikasi itu sendiri. Tap ganda membawa anda ke aplikasi yang relevan. Jika ingin menyembunyikan peringatan/alert yg sensitif masuk ke menu Setting – Sound & notifications – When device is locked.

5. Pin aplikasi

pin aplikasi Lollipop

Pin Aplikasi

Jika anda ingin meminjamkan perangkat anda ke anak atau salah satu teman anda, anda dapat mem“pin”kan mereka dalam satu aplikasi. Pertama, aktifkan fitur dari Setting – Security – Screen pinning. Kemudian, ketika anda mengaktifkan layar multitasking melalui tombol kotak Overview, anda akan melihat sebuah icon pin yang tampil di sudut kanan bawah aplikasi (drag keatas jika anda tidak dapat melihatnya).

Tekan lama tombol Back dan Overview untuk menutup mode pin dan kembali ke aplikasi yang lain. Ketika anda mengaktifkan pin, anda akan ditanyakan apakah anda ingin menggunakan kode atau pattern untuk membuka kuncinya. Fungsi ini terjalin dengan proteksi yang sama yang diterapkan dalam perangkat anda, jadi jika tampilan lock screen anda tidak terproteksi dengan kode atau pattern, opsi atau pilihan tidak akan tampil saat anda mem-pin-kan aplikasi.

6. Jalan singkat ke pengaturan

Tampilan lock screen benar-benar mendapatkan perubahan besar pada update Android Lollipop, dan peningkatannya termasuk kemampuan untuk melompat langsung ke pengaturan aplikasi atau panel informasi tepat dari tampilan lock screen. Tekan lama pada setiap notifikasi (tergantung pada aplikasinya) dan anda akan melihat ikon bergambar roda gerigi (shorcut ke pengaturan aplikasi) dan ikon bergambar info (shorcut pengaturan notifikasi aplikasi).

7. Memprediksi waktu hidup baterai

baterai Lollipop

Masa Hidup Baterai Lollipop

Pembaharuan dari Android 5.0 Lollipop adalah kemampuan untuk melihat berapa waktu yang tersisa sebelum baterai habis, atau seberapa lama anda menunggu sampai baterai perangkat anda terisi penuh. Tap pada ikon baterai di drawer notifikasi untuk melihatnya (informasi time-until-charged juga akan tampil di layar lock screen beberapa menit setelah perangkat anda terhubung dengan sumber power).

8. Pengaturan pencarian dan jaringan

Menu bar Google Search dapat ditemukan di mana saja bahkan pada versi Android yang lama, dan di Lollipop fitur ini dibuat di dalam pengaturan aplikasi. Tap ikon gambar kaca pembesar untuk mengunakannya. Ini dapat menjadi jalan tercepat untuk menemukan suatu opsi yang sedang anda cari, khususnya jika anda tidak tahu menu apa atau hal tersembunyi apa yang dituju. Anda juga dapat menggunakan fitur yang sama untuk mengetahui daftar jaringan Wifi yang tersimpan.

9. Masuk ke dalam mode Guest

guest mode lollipop

Mode Guest Lollipop

Berbagi perangkat dengan orang lain seperti sahabat, rekan kerja, saudara atau anak, adalah hal yang tidak terlalu menyenangkan. Namun mode Guest di Lollipop membuat hal tersebut menjadi mudah. Anda dapat mengakses mode Guest dengan menarik drawer notifikasi ke bawah, tap avatar akun user, kemudian pilih Add guest dari menu (atau hanya Guest jika anda sudah melewati proses ini sebelumnya).

10. Kemudahan membaca text

Jika anda bertanya-tanya apakah menu aksesbilitas dalam pengaturan bisa diabaikan dalam upgrade Android 5.0, ada fitur experimental baru yang disebut High contast text. Pada dasarnya, fitur ini memberikan warna putih atau text yang sulit dibaca sebuah garis hitam ketika dilihat dengan latar belakang cahaya. Ini diterapkan pada “Ok Google” text pada bar pencarian home screen, sebagai salah satu contoh.

11. Chromecast lebih cepat

chromecast Lollipop

Chromecast

Ada sebuah aplikasi chromecast resmi dari Google yang memungkinkan anda
mengirim screencast dari perangkat mana saja yang berjalan dengan Android 4.4.2 atau diatasnya, tetapi fungsi tersebut dibangun langsung di Android 5.0, yang merupakan berita besar untuk siapa saja dengan salah satu dongle kompak streaming yang dapat dibawa kemana saja. Itu tepat berada pada drawer notifikasi, tap pada ikon cast screen untuk menentukan lokasi Chromecast anda dan cobalah untuk melakukan screencast.

12. Menambahkan perangkat terpercaya

Perangkat terpercaya ditambahkan dari Bluetooth atau NFC di gadget yang sudah dienable-kan, yang secara otomatis mematikan kode keamanan atau pattern di handphone atau tablet Android anda ketika berada dalam jangkauan. Ini artinya anda tidak perlu membuka kunci perangkat Lollipop ketika anda berada di rumah atau di mobil, sebagai contohnya. Untuk mengaktifkan fitur ini masuk ke menu Setting – Security – Smart Lock.

13. Menempatkan tanda “do not disturb”

interuption lollipop

Interupsi Lollipop

Fitur ini bekerja seperti notifikasi prioritas aplikasi yang sudah dibahas sebelumnya, tetapi bekerja berdasarkan waktu dan hari bukan berdasarkan aplikasi. Masuk ke menu Setting – Sound & notification – Interruptions untuk melakukan pengaturan. Fitur ini akan tepat digunakan saat malam hari ketika anda tidak ingin diganggu, namun ada pilihan agar beberapa orang dari daftar kontak yang ada dapat tetap menghubungi anda melalui pesan atau alarmm jika memang diperlukan.

14. Kembali ke aplikasi setelah di reboot

Jika anda me-reboot perangkat dengan versi Android dibawah 5.0, daftar semua aplikasi anda yang sering dibuka akan hilang. Di Lollipop, daftar aplikasi tersebut masih tetap ada di layar Overview, jadi anda dapat dengan cepat kembali ke percakapan atau website yang sebelumnya anda ingin buka kembali (tidak semua aplikasi dapat mengingat dengan tepat saat anda membuka aplikasi tersebut). Untuk menghilangkannya dari daftar, swipe saja ke arah kanan atau kiri.

15. Mainkan kloningan Google Flappy Bird

flappybird lollipop

Flappy Bird Lollipop

Seperti versi sebelumnya yang ada di Android, Lollipop memiliki sebuah kejutan telur Paskah yang siap dibuka. Pilih menu Setting – About phone, kemudian tap cepat sebanyak empat kali pada kolom versi Android. Setelah grafis Lollipop tampil, tap cepat beberapa kali kemudian akhiri dengan tap lama untuk menjalankan sebuah kloningan Flappy Bird dengan robot Android sebagai pengganti karakter burung. Sensasi frustasi memainkan game ini hampir sama dengan game aslinya.

16. Penghemat Baterai

Android 5.0 Lollipop telah memiliki mode penghemat baterai yang telah terinstal langsung yang dapat diaktifkan ketika status baterai 15 persen, 5 persen atau tidak sama sekali (anda dapat mengatur aktif atau nonaktif secara manual). Fitur ini akan mematikan beberapa sinkronisasi yang berjalan di belakang layar, fitur getar, dan membuat beberapa penyesuaian lainnya. Jika anda memilih Battery dari aplikasi Setting, anda akan menemukan fitur penghemat baterai di menu dibawah tiga titik vertikal.


 

* Bhinneka.com Ad *

    XIAOMI Redmi 2 - White
XIAOMI Redmi 2 – White